Comscore Tracker

Awas! Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Saat Kamu Pergi Mudik

Semoga selamat sampai tujuan

Tidak terasa kita sudah semakin mendekati akhir dari bulan Ramadan. Tandanya sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri. Di Indonesia sendiri menjelang Idul Fitri, sebagian besar masyarakat yang punya kampung halaman berbondong-bondong untuk pergi mudik.

Namun mengingat begitu banyaknya orang yang pergi mudik, tentunya hal-hal yang tidak diinginkan kerap terjadi setiap tahunnya. Nah, apa saja sih hal-hal tersebut? Yuk, diperhatikan baik-baik ya guys agar mudik kamu lancar dan selamat sampai tujuan!

1. Kecelakaan akibat supir mengantuk

Awas! Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Saat Kamu Pergi MudikShutterstock/pathdoc

Para pemudik tentunya ingin sampai kampung halamannya sesegera mungkin. Namun meski begitu, jangan sampai melupakan keselamatan ya guys! Gak sedikit lho kecelakaan terjadi akibat supir mengantuk saat membawa mobil.

Jadi sebaiknya jika sudah mulai lelah dan mengantuk, melipir terlebih dahulu dan istirahat lah sejenak ya. Jika badan sudah mulai kembali segar, kamu bisa kembali melanjutkan perjalanan. Lebih baik telat sampai tapi selamat, ‘kan?

2. Macet total

Awas! Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Saat Kamu Pergi MudikShutterstock/ardiwebs

Kalau ini mungkin sudah gak bisa dihindari lagi. Kemacetan pasti terjadi di beberapa ruas jalan menuju kampung halaman, seperti di Pantura misalnya. Nah, kamu juga harus hati-hati lho saat menghadapi kemacetan.

Pasalnya, dua tahun lalu pun ada korban meninggal akibat kelelahan saat menghadapi macet yang tak kunjung berhenti di daerah Brebes. Hati-hati juga bila ada di antara kamu yang sedang sakit saat mudik. Banyak juga yang dari kondisi awalnya sudah sakit, saat menghadapi macet malah tambah parah. Jadi, jaga kondisi tubuh kamu ya sebelum mudik!

3. Salah ambil jalan

Awas! Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Saat Kamu Pergi MudikPixabay/Skitterphoto

Kalau kondisi jalan sepi mungkin ketika kamu tersesat akibat salah ambil jalan dapat dengan mudah berbalik arah. Tapi kalau terjadi saat mudik, mungkin jadi lebih repot. Tentunya lagi-lagi karena macet yang gak ada habis-habisnya. Nah untuk menghindari hal ini, pastikan sebelum berangkat kamu sudah mengetahui rute mana saja yang akan kamu lewati ya! Jangan ragu juga untuk mengandalkan aplikasi penunjuk arah seperti Google Maps agar tidak salah jalan.

4. Jalan rusak

Awas! Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Saat Kamu Pergi MudikShutterstock/sakoat contributor

Selain menyebalkan apabila mobil atau motor kita terkena imbasnya, jalan rusak juga jadi salah satu penyebab kecelakaan lho. Untuk itu, selalu berhati-hati saat berkendara ya. Jangan ngebut dan nyalakan lampu di malam hari agar kamu lebih waspada dengan jalanan yang ada di depanmu.

5. Mobil mogok

Awas! Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Saat Kamu Pergi MudikShutterstock/Vena Petrunina

Mobil mogok juga jadi salah satu horor yang kerap mengintai para pemudik lho. Gak hanya kamu tidak bisa mengetahui di mana bengkel terdekat, kamu juga bisa mengganggu pemudik yang lain sehingga jalanan jadi lebih macet. Tentunya kamu gak mau ‘kan kalau mobilmu tiba-tiba mogok saat mudik?

Nah sebelum berangkat mudik, pastikan kamu sudah mengecek kondisi kendaraanmu ya. Segera servis dan ganti spare part apabila memang ada yang harus diganti dari mobilmu. Jangan lupa juga bagian yang paling penting, yakni ganti oli.

Hal ini menjadi penting karena berkendara di kondisi jalan yang padat seperti saat mudik bisa membuat mesin mobil cepat panas karena bekerja ekstra keras. Hal ini bisa berujung pada mobil mogok. Untuk itulah dibutuhkan pelumas yang dirancang khusus untuk kondisi jalanan yang padat seperti oli Castrol MAGNATEC STOP START.

Castrol MAGNATEC sendiri merupakan pelumas mobil yang memiliki molekul pintar dengan self healing layer yang menempel dan membentuk lapisan pelindung pada mesin mobil kamu. Nah, lapisan pelindung ini akan memberikan perlindungan ekstra 20 persen lebih baik saat kamu berkendara di kondisi jalanan yang padat. Kalau sudah begini, mudik jadi lebih tenang karena mesin mobil sudah terlindungi.

Itulah tadi lima hal fatal yang bisa terjadi saat kamu mudik. Jadi buat kamu yang hendak siap-siap mudik, jangan lupa agar tetap berhati-hati ya supaya selamat sampai kampung halaman. Selamat mudik!

Topic:

  • Anastasia Desire

Just For You