Comscore Tracker

Jangan Takut Berzakat, karena Zakat Tak Buat Miskin

Yuk jangan takut berzakat

Di bulan Ramadan yang suci ini, umat Muslim berlomba melakukan kebaikan dan amal ibadah. Salah satu yang nggak boleh terlewat adalah menunaikan zakat. Zakat sendiri adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Namun ada beberapa orang yang masih belum paham benar tentang zakat. Makanya, agar tak salah kaprah, kamu perlu tahu beberapa hal tentang zakat ini. Yuk simak berikut ini!

1. Syarat menunaikan zakat

Jangan Takut Berzakat, karena Zakat Tak Buat MiskinIDN Times/Dompet Dhuafa

Zakat dari segi Bahasa bisa mengandung makna, At-Thohuru, yang artinya
membersihkan atau menyucikan, atau bisa disebut sebagai orang yang selalu
menunaikan zakat karena Allah akan membersihkan dan menyucikan baik hartanya
maupun jiwanya. Zakat bersifat fleksibel, alias tidak memaksa tetapi wajib dilaksanakan untuk orang yang mampu.

Jangan Takut Berzakat, karena Zakat Tak Buat MiskinIDN Times/Dompet Dhuafa

Ada beberapa syarat dalam menunaikan zakat yang wajib kamu ketahui, yakni:

  • Yang pasti harus beragama Islam
  • Telah memiliki harta yang (lebih) untuk diri sendiri dan keluarga
  • Yang wajib dibayarkan zakatnya adalah seluruh anggota keluargamu (yang belum bekerja atau menghasilkan uang)
  • Bayi yang lahir sebelum maghrib tanggal 1 syawal dan istri yang dinikahi sebelum maghrib tanggal 1 syawal yang wajib dibayarkan zakatnya

2. Kepada siapa zakat diberikan?

Jangan Takut Berzakat, karena Zakat Tak Buat MiskinIDN Times/Dompet Dhuafa

Lalu, kepada siapa zakat ini diberikan? Zakat akan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya yang dikenal dengan sebutan 8 ashnaf yakni : Fakir, Miskin, Amil, Muallaf, Gharim, Raqib, Fi Sabilillah dan Ibnu Sabil. Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang ketiga. Zakat diwajibkan atas setiap orang Islam yang telah memenuhi syarat.

3. Waktu yang tepat untuk menunaikan

Jangan Takut Berzakat, karena Zakat Tak Buat MiskinIDN Times/Dompet Dhuafa

Kapan waktu yang tepat untuk menunaikan zakat? Itu tergantung pada jenis zakat apa yang akan kamu amalkan, guys. Zakat Mal sendiri adalah zakat harta yang dikeluarkan setiap satu tahun sekali sesuai dengan nisab dan haulnya. Sementara Zakat Fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada saat bulan Ramadan yang dibatasi sebelum shalat Idul Fitri.

4. Cara memilih lembaga zakat yang kredibel

Jangan Takut Berzakat, karena Zakat Tak Buat MiskinIDN Times/Dompet Dhuafa

So guys, sudah merasa siap menunaikan zakat? Ada beberapa hal lain yang penting untuk kamu perhatikan. Yang utama adalah menentukan lembaga zakat yang kredibel dalam menyalurkan zakat yang kamu titipkan, Dompet Dhuafa menjadi salah satu lembaga penyalur zakat terpercaya di Indonesia. 

Jangan Takut Berzakat, karena Zakat Tak Buat Miskinzakat.or.id

Sejak awal Ramadan ini, Dompet Dhuafa telah menyiapkan program khusus untuk kaum dhuafa, yakni ‘Parsel Ramadan Untuk Indonesia’. Adapun program tersebut disiapkan untuk para donatur yang ingin berbagi kebaikan dengan sesama, melalui bingkisan parsel lebaran. Parsel ramadan yang akan disebar ini bukan hanya berisi makanan dan bahan pokok, tetapi juga berisi perlengkapan ibadah, perlengkapan sekolah, hingga obat-obatan. Selain memberikan mereka kebutuhan dasar, parsel ramadan juga membantu saudara sesama untuk sukacita di bulan suci ramadan ini lho guys.

Jangan Takut Berzakat, karena Zakat Tak Buat MiskinIDN Times/Dompet Dhuafa

Nah, jangan ragu ya guys untuk berzakat bersama Dompet Dhuafa melalui program Parsel Ramadan. Karena seberapapun donasi atau parsel yang kamu kirimkan, begitu merekahkan bahagia bagi sesama. Untuk info lebih lengkapnya, kamu bisa kunjungi website resmi Dompet Dhuafa di sini.

5. Seberapa besar zakat yang harus dibayarkan?

Jangan Takut Berzakat, karena Zakat Tak Buat MiskinIDN Times/Dompet Dhuafa

Jelang Lebaran ini, adalah waktu yang tepat untuk kamu menunaikan Zakat Fitrah, guys. Dalam menunaikan Zakat Fitrah, kamu bisa memberikan makanan pokok berupa beras, kurma, dan gandum. Besarnya zakat yang wajib diberikan adalah sebesar 2,5 kg atau setara dengan 3,1 liter dari masing-masing barang tersebut. Beda halnya dengan memberi zakat berupa harta, seperti contoh adalah emas, yang wajib dikeluarkan oleh seorang muslim adalah 2,5 persennya dari 85 gram emas yang dimiliki.

So guys, yuk jangan kelewatan untuk menunaikan zakat di bulan Ramadan 2019 ini. Berbagi juga tidak merugi, namun juga dapat memantik rezeki di lain hari. Tunggu apa lagi?

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Just For You