Comscore Tracker

Jangan ditahan, 5 Manfaat Menangis yang Harus Kamu Tahu

Jika kamu merasa ingin menangis, maka menangislah

Ada banyak alasan yang membuat seseorang menangis. Sedih, marah, terluka, kecewa bahkan rasa bahagia pun bisa membuat seseorang menangis. Gak ada yang salah dengan menangis, kamu gak perlu merasa lemah hanya karena meneteskan air mata. Justru ada banyak manfaat yang bisa kamu rasakan dengan menangis.

Nah, berikut adalah beberapa hal baik yang bisa kamu rasakan setelah menangis. Apa sajakah?

1. Menjadi lebih lega

Jangan ditahan, 5 Manfaat Menangis yang Harus Kamu Tahupixabay.com/loilamtan

Gak masalah kamu menghabiskan banyak waktu untuk menangis, sebab setelah tangisanmu reda kamu akan menjadi lebih lega dan tenang. Perasaan yang sebelumnya gak karuan menjadi lebih baik dan beban rasanya sedikit berkurang setelah menangis. 

2. Mengeluarkan emosi yang terpendam

Jangan ditahan, 5 Manfaat Menangis yang Harus Kamu Tahupixabay.com/PublicDomainPictures

Dengan menangis, kamu bisa mengeluarkan segala emosi yang terpendam di hatimu. Entah itu marah, kesal, kecewa, sedih dan rasa emosional lainnya bisa kamu salurkan melalui tangisan. Karena itu, jangan menahan air matamu, sebab itu hanya akan membuatmu sesak.

3. Mengurangi stres

Jangan ditahan, 5 Manfaat Menangis yang Harus Kamu Tahupixabay.com/rubberduck1951

Jika kamu merasa stres karena hal-hal sulit yang kamu hadapi dalam hidup, maka gak ada salahnya untuk menangis. Dengan menangis, kamu bisa mengeluarkan beban stres di kepala dan hatimu. Meski gak sepenuhnya sembuh, namun menangis dapat mengurangi stres dan membuatmu lebih rileks.

Baca Juga: Mudah Menangis, 7 Hal Ini Sering Dialami Oleh Kamu yang Berhati Lembut

4. Membuat orang lain peduli

Jangan ditahan, 5 Manfaat Menangis yang Harus Kamu Tahupixabay.com/StockSnap

Jika kamu memendam emosimu sendiri, orang lain gak akan tahu dan gak akan peduli. Gak ada salahnya menangis di depan orang lain agar mereka tahu bahwa kamu butuh dukungan dan butuh kepedulian mereka. Melihatmu menangis, mereka akan peduli dan berusaha membuatmu tenang. Tapi, menangislah di depan orang yang kamu percayai ya!

5. Membuat mood menjadi lebih baik

Jangan ditahan, 5 Manfaat Menangis yang Harus Kamu Tahupixabay.com/RobinHiggins

Kamu mungkin merasa moodmu hancur karena sesuatu. Kamu kesal, kecewa, marah dan sedih sampai moodmu buruk sepanjang hari. Cobalah untuk menangis, jangan menahan air matamu. Setelah menangis, kamu akan merasa moodmu menjadi lebih baik dan terkontrol.

Nah, itulah dia 5 manfaat menangis yang harus kamu tahu. Jadi, jangan merasa cengeng hanya karena menangis. Menangis justru bisa membuatmu merasa lebih baik setelahnya. Daripada dipendam dan membuat suasana hati buruk, lebih baik dikeluarkan bersama air mata.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Gak Ada Salahnya Bagi Pria untuk Menangis

Vhiena Lee Photo Verified Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya