Comscore Tracker

Sederhana, 5 Cara Mendukung Seseorang yang Mengalami Masa Sulit

Jadilah pendengar dan penyemangat yang baik

Masa sulit tidak bisa dihindari. Pada suatu waktu, semua orang akan mengalami masa sulit. Entah itu berhubungan dengan cinta, kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya. Pada masa itu, semua orang saling membutuhkan.

Tidak ada yang bisa melewati masa sulitnya sendirian. Kehadiran orang lain di sekitar sangat dibutuhkan. Lalu, bagaimana cara memberikan dukungan untuk mereka yang mengalami masa sulit? Jika kamu punya teman yang sedang dalam masa sulitnya, lakukan 5 cara berikut untuk mendukungnya.

1. Jangan menunggunya meminta bantuanmu

Sederhana, 5 Cara Mendukung Seseorang yang Mengalami Masa Sulitpixabay.com/StockSnap

Ketika kamu tahu dia sedang dalam masa sulit, jangan menunggu sampai dia sendiri meminta bantuan kepadamu. Sebab, sebagian orang sungkan untuk meminta bantuan walaupun pada temannya sendiri. 

Untuk itu, kamu harus bergerak cepat. Tawarkan bantuan apa pun yang dapat kamu lakukan untuknya. Tidak selalu soal materi, kamu bisa menawarkan apa pun yang sekiranya mampu kamu berikan untuk mengurangi kesulitannya.

2. Jadilah pendengar yang baik

Sederhana, 5 Cara Mendukung Seseorang yang Mengalami Masa Sulitpixabay.com/marusya21111999

Jika kamu tidak bisa memberikan bantuan berupa materi, cukup jadilah pendengar yang baik. Biarkan dia mengatakan semua masalahnya tanpa sedikit pun kamu mencela. Dengarkan keluh kesahnya dengan penuh rasa simpati.

Merangkulnya sambil mendengarkan akan membuatnya merasa sedikit terbantu. Lebih dari itu, kamu bisa mengatakan kalimat-kalimat penyemangat untuknya supaya dia benar-benar merasa bahwa kamu peduli.

3. Jangan sembarangan menyimpulkan

Sederhana, 5 Cara Mendukung Seseorang yang Mengalami Masa Sulitpixabay.com/skeeze

Ketika kamu menjadi pendengar dan mendengarkan semua masalahnya, jangan sekali-kali kamu mengambil kesimpulan sembarangan. Misalnya, kamu menilai masalahnya tidak begitu berat atau kamu mengatakan padanya bahwa ia terlalu berlebihan.

Meskipun menurutmu permasalahan yang ia hadapi tidaklah berat, kamu tetap tidak boleh sembarang menyimpulkan. Sebab, dia yang merasakan pasti lebih tahu bagaimana rasanya daripada kamu yang hanya jadi pendengar.

Baca Juga: Lakukan 8 Hal Ini untuk Mendukung Temanmu yang Sedang 'Stuck' Skripsi

4. Jangan memberikan nasihat yang tidak diminta

Sederhana, 5 Cara Mendukung Seseorang yang Mengalami Masa Sulitpixabay.com/Foundry

Sekalipun kamu sudah pernah merasakan apa yang dia rasakan, jangan merasa pantas untuk memberikan nasihat yang tidak diminta. Kamu bisa mendukung dan menyemangati, tapi jangan bersikap seolah-olah kamu tahu segalanya.

Cukup dengarkan keluh kesahnya dan berikan semangat. Jika dia meminta saran atau nasihat, katakanlah dengan kalimat-kalimat yang menyemangati. Jangan sampai kamu terlihat seperti meremehkan masalahnya hanya karena kamu sudah pernah berada dalam situasi yang sama.

5. Jangan membandingkan masalahnya dengan orang lain

Sederhana, 5 Cara Mendukung Seseorang yang Mengalami Masa Sulitpixabay.com/geralt

Ketika kamu mendengarkan ceritanya, jangan pernah membandingkan masalah yang ia hadapi dengan orang lain. Mungkin banyak di luar sana yang menghadapi masalah yang jauh lebih sulit, tapi kamu tidak perlu membuat perbandingan.

Jangan berpikir bahwa ia akan merasa lebih baik setelah tahu ada yang lebih kesulitan dari dirinya. Sebaliknya, perbandingan justru akan menambah tekanan dalam hatinya.

Itulah dia 5 cara sederhana mendukung seseorang di masa-masa sulitnya. Intinya, dukunglah ia dengan memberikan semangat dan motivasi tanpa bersikap seolah kamu tahu bagaimana rasanya. Biarkan dia bercerita dan jadilah pendengar serta penyemangat yang baik.

Baca Juga: 7 Cara Mendukung Orang Tersayang yang Sedang Depresi, Ketahui Bersama

Vhiena Lee Photo Community Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You