Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Rasa Iri dan Kebencian dari Orang Lain

Jangan terpancing!

Gak semua orang akan suka kepadamu. Bahkan, beberapa orang bisa saja membencimu meski kamu gak pernah berbuat salah pada mereka. Kamu mungkin punya sesuatu yang membuat mereka cemburu atau iri hingga pada akhirnya membencimu.

Orang-orang terdekatmu seperti teman atau keluarga bahkan bisa saja memiliki rasa iri dan kebencian terhadapmu, sehingga mereka mencoba untuk menjatuhkanmu. Lalu, bagaimana cara menghadapi orang-orang seperti itu? Simak beberapa tips untuk menghadapi rasa iri dan kebencian dari orang lain seperti berikut ini.

1. Jangan lakukan apa yang mereka lakukan

5 Cara Menghadapi Rasa Iri dan Kebencian dari Orang Lainpixabay.com/StockSnap

Kadang-kadang, orang yang menerima kecemburuan dan kebencian dari orang lain berbalik melakukan hal yang sama. Kamu gak perlu melakukannya. Jangan jadi salah satu dari mereka yang iri dan benci sampai ingin menjatuhkan. Kamu hanya perlu melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan. 

2. Jangan membebani pikiran dengan kebencian mereka

5 Cara Menghadapi Rasa Iri dan Kebencian dari Orang Lainpixabay.com/Engin_Akyurt

Kamu gak perlu memikirkan kebencian yang kamu terima dari orang lain. Jangan pernah menjadikannya sebagai beban pikiran. Jika kamu terus menerus memikirkannya, kamu hanya akan menjadi semakin down dan pada akhirnya gak lagi melakukan apa yang seharusnya kamu lakukan. Tentu saja itu yang mereka inginkan, melihatmu jatuh. Maka, jangan pikirkan mereka!

3. Anggap mereka tidak waras

5 Cara Menghadapi Rasa Iri dan Kebencian dari Orang Lainpixabay.com/Free-Photos

Hanya orang-orang gak waras yang cemburu dan benci padamu sementara kamu gak pernah melakukan kesalahan. Mereka hanya iri hingga akhirnya menimbulkan kebencian. Mereka gak punya apa yang kamu punya dan ingin menjadi sepertimu, tapi gak punya kemampuan. Itulah mengapa mereka membenci dan ingin menjatuhkanmu. Mereka gak waras, jadi jangan terpancing.

Baca Juga: 5 Tipe Karyawan yang Paling Dibenci di Kantor, Kamu Salah Satunya?

4. Jauhi orang-orang yang membencimu

5 Cara Menghadapi Rasa Iri dan Kebencian dari Orang Lainpixabay.com/JESHOOTS-com

Putuskan hubungan dengan orang-orang yang iri dan benci, mereka beracun. Kamu gak perlu bertahan di sisi mereka bahkan jika mereka adalah teman atau keluargamu. Gak ada teman apalagi keluarga yang mau menjatuhkanmu, jadi jauhi mereka. 

5. Jalani hidupmu seperti biasa

5 Cara Menghadapi Rasa Iri dan Kebencian dari Orang Lainpixabay.com/pexels

Jangan biarkan kecemburuan dan kebencian dari orang lain merusak hidupmu. Kamu hanya perlu menjalani hari-harimu seperti biasa. Meski ada orang yang ingin menjatuhkan, percayalah pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa mengatasinya. Gak perlu takut hanya karena ada yang membencimu, tunjukkan pada mereka bahwa kamu gak peduli.

Nah, itulah dia 5 cara menghadapi kecemburuan dan kebencian orang lain. Ingatlah bahwa ketika ada orang yang iri dan benci padamu, itu artinya kamu istimewa dan mereka gak mampu menjadi sepertimu. Abaikan mereka dan teruslah menjalani hari dengan semangat!

Baca Juga: 5 Cara Bijak & Elegan Mengakhiri Toxic Friendship, Jangan Tunda Lagi

Vhiena Lee Photo Community Writer Vhiena Lee

Menulis adalah kebahagiaan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You