Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Sering Mempertanyakan Kembali Pilihan Hidup

“Sudahkah aku berada di pilihan yang tepat?”

Setiap orang pasti pernah mengalami suatu fase di mana dirinya kerap mempertanyakan kembali pilihan yang akan diambil, atau pilihan yang sudah berupa keputusan, bahkan pilihan yang sudah dijalani dalam jangka waktu lama. Baik dalam menentukan pilihan tentang pendidikan, pekerjaan, jodoh, atau hanya sekadar untuk memilih hal sederhana dalam hidup.

Seolah dihadapi dengan keraguan yang menghantui; apakah ini pilihan yang tepat? membuat setiap orang ingin memutar waktu pada saat sebelum mengambil sebuah pilihan. Dengan harapan, mampu mengambil keputusan yang benar-benar meyakinkan. Namun terkadang, sematang apapun kamu berpikir sebelum mengambil keputusan, pasti akan ada fase untuk kamu kembali mempertanyakan pilihan tersebut di kemudian hari. Mengapa bisa demikian? Berikut beberapa alasannya.

1. Ada perasaan insecure di dalam dirimu  

5 Alasan Mengapa Kamu Sering Mempertanyakan Kembali Pilihan Hiduppixabay.com/DanaTentis

Tak ada yang tahu pasti mengenai penyebab insecure. Namun faktor dari lingkungan sekitar atau hubungan sosial juga dapat mempengaruhinya. Nah, perasaan insecure yang kamu rasakan, baik terhadap hal kecil maupun besar, tentu akan berimbas pada kesehatan mental. Salah satunya ditandai dengan sikap hilangnya kepercayaan atau keyakinan dengan diri sendiri.

Sikap yang demikian pasti akan membawa dampak yang kurang baik. Misalnya, kamu akan terus ragu dengan segala hal yang dimiliki oleh dirimu. Termasuk mengenai tujuan hidupmu sendiri.

2. Kecenderungan persepsimu untuk membenarkan apa kata orang

5 Alasan Mengapa Kamu Sering Mempertanyakan Kembali Pilihan Hiduppexels.com/José Luis Photographer

Terkadang ada hal-hal di dalam hidup ini yang tidak bisa kamu kontrol. Salah satunya mengenai pendapat orang lain akan dirimu. Namun kamu masih bisa memilihnya, kok, dengan cara membuang jauh omongan negatif dan mengambil sisi yang positif.

Sayangnya, terkadang masih banyak di antara kamu yang kerap mendengarkan apa kata orang. Sehingga, kamu memiliki kecenderungan untuk membenarkan apa yang kamu dengar dari orang lain. Akibatnya, tujuan hidup yang sudah kamu rancang akan kembali dipertanyakan lantaran kamu membandingkannya dengan orang lain.

Baca Juga: 5 Hal yang Patut Kamu Prioritaskan dalam Hidup selain 'Cinta-cintaan'

3. Adanya standar tertentu yang diciptakan oleh masyarakat

5 Alasan Mengapa Kamu Sering Mempertanyakan Kembali Pilihan Hidupunsplash.com/Park Street

Kehidupan saat ini hampir tak pernah lepas dengan adanya standar tertentu yang secara tidak langsung ditetapkan oleh masyarakat. Misalnya, orang cantik harus putih, kurus, dan tinggi. Atau mungkin tujuan hidup yang sempurna adalah menjadi orang sukses. Padahal setiap orang akan cantik dan sukses dengan versinya masing-masing.

Adanya sebuah validasi yang dibangun dalam masyarakat tentu berpengaruh terhadap keyakinanmu mengenai tujuan hidupmu. Bahkan ada beberapa orang yang goyah jika tak bijak dalam memilah mana yang perlu diambil dan mana yang perlu ditinggalkan.

4. Tidak menyadari sepenuhnya akan tujuan hidup yang hendak diraih

5 Alasan Mengapa Kamu Sering Mempertanyakan Kembali Pilihan Hidupunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Faktor lain yang menyebabkan kamu kerap mempertanyakan tujuan hidup yaitu berasal dari dirimu sendiri. Artinya, bisa saja kamu belum mengenal kehidupan seperti apa yang sebenarnya kamu inginkan. Bisa juga tujuan yang kamu rencanakan belum spesifik, sehingga mudah membuatmu terpengaruh untuk kembali meyakinkan diri akan tujuan hidup.

5. Tidak siap menerima risiko dari pilihan yang diambil 

5 Alasan Mengapa Kamu Sering Mempertanyakan Kembali Pilihan Hidupunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Bagi kamu yang kerap bertanya; apakah ini tujuan hidup yang sudah sesuai untukku? boleh jadi kamu tidak sepenuhnya yakin. Hal itu bisa dipengaruhi oleh ketidaksiapan di dalam dirimu untuk menerima risiko dari pilihan yang kamu jadikan sebagai tujuan. Pasalnya, kamu menganggap jika risiko itu sebagai hambatan bukan tantangan. Jadi kuncinya; hadapi saja.

Itulah lima penyebab mengapa kamu sering mempertanyakan pilihan hidup. Sebaiknya jadikan pilihan yang kamu ambil itu sebagai sebuah peluang, serta jadikan tantangan yang muncul dari pilihan itu sebagai batu loncatan untuk mencapai tujuan yang sebenarnya. Sebab hidup tak pernah lepas dari yang namanya pilihan. Kamu tak pernah bisa menghindar untuk memilih dengan dalih takut salah. Putuskan, terima dengan baik, dan rangkul pilihan itu menuju makna hidup yang sebenarnya. Semangat!

Baca Juga: 5 Pertimbangan saat Kamu Menentukan Tujuan Hidup

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya