Comscore Tracker

5 Alasan Kejadian Masa Lalu Harus Kamu Apresiasi, Gak Melulu Ditangisi

#IDNTimesLife Hayo, siapa yang belum move on dari masa lalu?

Masa lalu merupakan bagian yang tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Ia akan terus ada, sepanjang masa, mengiringi setiap jiwa yang punya suka-duka bersamanya. Sehingga jika ada yang ingin pergi dari masa lalu, maka tak akan bisa. Karena ia sudah terjadi. Tak ada pilihan lain, selain berdamai dengannya, menerimanya, dan hidup berdampingan dengannya.

Meski terkadang pengalaman masa lalu cukup pahit untuk dikenang, bukan berarti kamu harus bersedih setiap saat. Ketahuilah, bahwa masa lalu tak selamanya suram. Ia punya sisi baik yang bisa dijadikan sebagai pelajaran. Sehingga, sudah selayaknya kamu mengapresiasinya lantaran beberapa alasan seperti berikut.

1. Masa lalu adalah pelajaran sepanjang hidup

5 Alasan Kejadian Masa Lalu Harus Kamu Apresiasi, Gak Melulu Ditangisiilustrasi orang merenung (unsplash.com/Åaker)

Sebenarnya masa lalu membawa begitu banyak pesan bagimu untuk menjalani kehidupan. Dalam prosesnya, ia seolah mengingatkanmu untuk tak melakukan kesalahan yang sama, menjagamu dari lubang masalah yang serupa, hingga membantumu untuk menjadi seseorang yang tangguh agar mampu bangkit lagi ketika mendapati persoalan.

Ia akan menjadi pelajaran sepanjang hidupmu, yang akan sangat berguna bagi kehidupan mendatang.

2. Masa lalu mampu membuatmu bertindak lebih

5 Alasan Kejadian Masa Lalu Harus Kamu Apresiasi, Gak Melulu Ditangisiilustrasi orang bersyukur (unsplash.com/Radu Florin)

Dulu, mungkin kamu termasuk orang yang tak cukup berani, orang yang penakut, orang yang tak percaya diri, atau kerap diremehkan. Namun, kini semua itu seolah lenyap. Kamu mampu menjelma menjadi seseorang yang lebih tangguh dan kuat. Perubahan tersebut salah satunya disebabkan karena adanya masa lalu.

Kepedihan yang kamu alami di masa lalu cenderung mendorongmu untuk bertindak lebih agar mampu berubah menjadi lebih baik lagi dan keluar dari belenggunya. Ketahuilah, keadaan yang tidak menyenangkan terkadang mampu mengubahmu menjadi sesuatu yang sebelumnya tak pernah terpikirkan.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Menunjukkan Kamu Kurang Bersyukur

3. Masa lalu mampu menjadi kekuatan bagimu

5 Alasan Kejadian Masa Lalu Harus Kamu Apresiasi, Gak Melulu Ditangisiilustrasi orang tangguh (unsplash.com/George Gvasalia)

Masa lalu itu mampu menguatkan. Percayalah, hal itu benar adanya. Pasalnya, ketika dulu kamu ditempa untuk melewati kondisi yang menyedihkan tentu banyak perjuangan yang kamu kerahkan. Entah itu air mata, rasa sakit hati, pengorbanan, atau bahkan kehilangan.

Pengalaman-pengalaman itulah yang seolah menjadi bekalmu dalam menghadapi tantangan ke depan yang tentunya lebih sulit. Namun, berkat masa lalu, kali ini kamu menjadi lebih siap melaluinya.

4. Masa lalu menjadi batu loncatan bagimu

5 Alasan Kejadian Masa Lalu Harus Kamu Apresiasi, Gak Melulu Ditangisiilustrasi orang bahagia (unsplash.com/Timur Romanov)

Masa lalu dapat dijadikan batu lontacan bagimu dalam hal perubahan. Dengan melewati masa lalu yang begitu banyak memberikan kesan, maka kamu mampu belajar. Mampu memahami hal yang selama ini tak kamu pahami, mampu mengerti kondisi, mampu membuka perspektif baru terhadap suatu hal, hingga perubahan-perubahan yang lainnya.

Sehingga, masa lalu mampu menjadi sarana bagimu untuk memperoleh pengalaman baik yang tak pernah kamu dapatkan sebelumnya.

5. Masa lalu adalah bagian dari masa kini dan masa depan

5 Alasan Kejadian Masa Lalu Harus Kamu Apresiasi, Gak Melulu Ditangisiilustrasi orang fokus (unsplash.com/George Gvasalia)

Sejatinya, kamu tak perlu menghakimi keberadaan masa lalu. Sebab, kedatangannya bisa menjadi alasan terciptanya masa kini dan masa depanmu. Ya, kamu bisa berada sampai detik ini dengan kondisi seperti ini pun tak lepas dari pengaruh masa lalu yang memberikan pelajaran berharga untukmu. Ingatlah, akan selalu ada hari kemarin untuk menciptakan hari esok.

Kehadiran masa lalu sejatinya memang perlu diapresiasi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk ucapan terima kasih-mu untuknya. Sebab tanpa kehadirannya, tak akan tercipta dirimu yang saat ini mampu berdiri tangguh dalam melewati setiap persoalan. Jadi, kamu gak perlu lagi berlarut dalam kesedihan masa lalu agar mampu menemukan hal baik darinya yang selama ini tertutupi oleh pola pikirmu yang keliru. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Menginginkan Kehidupan yang Enak

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya