Comscore Tracker

5 Alasan Kuat Kenapa Menyapa Orang Lain Harus Kamu Lakukan

Banyak manfaatnya!

Menyapa orang lain termasuk kebiasaan yang perlu kamu miliki. Namun sebagian besar orang masih mengabaikan hal ini sehingga sering didapati orang yang tak saling kenal hanya diam saat bertemu tanpa mau bertegur sapa. Padahal menyapa orang tak dikenal tidak ada salahnya, malah hal tersebut menunjukkan tingkat sopan santun seseorang. Tak perlu berjabat tangan atau berpelukan untuk menyapa orang, cukup dengan senyuman pun bisa diartikan sebagai sapaan.

Tetapi masih banyak orang yang enggan bertegur sapa. Jangankan dengan orang yang tak dikenal, terkadang teman atau kerabat pun ada beberapa orang yang masih enggan menyapa. Ada yang merasa malu, ada yang ingin disapa terlebih dulu, atau memang karena orang tersebut sangat cuek. Terlepas dari hal itu, sebaiknya kamu belajar untuk mulai menyapa orang, baik yang dikenal maupun tidak. Berikut 5 alasan kuat kenapa menyapa orang lain sangat penting kamu lakukan.

1. Mendapat relasi baru dan menambah kehangatan di dalam hubungan yang sudah dibina dengan orang terdekat

5 Alasan Kuat Kenapa Menyapa Orang Lain Harus Kamu Lakukanunsplash.com/Alexis Brown

Bertegur sapa bisa juga membuatmu mendapat relasi baru. Misal kamu berani menyapa terlebih dahulu orang yang tidak kamu kenal sebelumnya. Kemudian dari sapaan tersebut akan berlanjut dengan obrolan-obrolan lainnya yang tidak menutup kemungkinan kamu bisa menjadi akrab dengannya.

Tak hanya dengan orang yang tidak kamu kenal saja, bertegur sapa dengan orang yang sudah kamu kenal pun perlu dilakukan. Sebab hal itu bisa menambah kehangatan di dalam hubungan yang sudah kamu bina.

2. Disegani oleh orang sehingga jarang ada yang membenci

5 Alasan Kuat Kenapa Menyapa Orang Lain Harus Kamu Lakukanpexels.com/Buro Millennial

Sapaan bisa berbentuk senyuman. Selalu menebar senyuman kepada orang lain akan membuatmu disegani banyak orang. Orang lain akan merasa dihargai olehmu karena kamu mau menyapanya terlebih dahulu sehingga mereka akan menghormatimu. Dengan begitu, jarang ada orang yang menaruh rasa benci terhadapmu.

3. Menciptakan suasana yang menyenangkan

5 Alasan Kuat Kenapa Menyapa Orang Lain Harus Kamu Lakukanpixabay.com/StockSnap

Jangan pernah enggan menyapa orang terlebih dahulu. Jika perlu katakan sesuatu seperti 'halo', 'apa kabar?' atau sapaan lainnya untuk membuka percakapan. Sebab hal tersebut bisa digunakan untuk membangun suasana yang menyenangkan.

Baca Juga: Lihat Cowok Ganteng tapi Takut Menyapa? Ini Trik Bikin Dia Terkesan

4. Dianggap sebagai pribadi yang ramah oleh lingkungan sekitar

5 Alasan Kuat Kenapa Menyapa Orang Lain Harus Kamu Lakukanunsplash.com/Elevate

Karena teebiasa menyapa orang lain maka kamu akan dianggap sebagai pribadi yang ramah. Menyapa tak hanya berbentuk senyuman saja, bisa dengan salam atau menanyakan kabar dan menanyakan hal lain yang sesuai dengan kondisi pada saat itu. Sebab orang akan dianggap ramah saat mau menyapa dan mau bertanya dengan orang lain.

5. Mengasah tingkat kepekaanmu

5 Alasan Kuat Kenapa Menyapa Orang Lain Harus Kamu Lakukanpexels.com/Christina Morillo

Kamu yang sudah berani menyapa orang lain secara konsisten memiliki rasa peka terhadap orang lain dan lingkungan sekitar. Sebab orang yang cuek pasti akan masa bodoh jika bertemu orang lain. Hal itu membuatnya menjadi sosok yang kurang peduli kepada lingkungan sekitar.

Itulah 5 alasan kuat kenapa menyapa orang lain sangat penting dilakukan. Sebab menyapa orang bisa mendatangkan banyak manfaat untukmu. Biasakan dirimu untuk tidak terlalu cuek dengan orang lain agar kamu bisa merasakan kelima manfaat tersebut.

Baca Juga: 10 Negara Paling Ramah Turis Penyandang Disabilitas, Ada Indonesia?

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya