Comscore Tracker

5 Alasan Menjadi Pribadi yang Suka Menyendiri Tidak Melulu Buruk

Banyak keuntungan yang didapat!

Karakter setiap orang tentu tidaklah sama. Masing-masing orang memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan orang lain. Hidup bermasyarakat menuntutmu untuk melakukan interaksi sosial karena manusia saling membutuhkan satu sama lain. Dengan begitu, ada tipe orang yang bisa membawa diri sehingga memiliki relasi yang luas atau tipe orang yang lebih nyaman sendiri.

Lantas bagaimana jika karaktermu termasuk tipe yang suka menyendiri? Tentu hal itu bukan masalah meski kerap orang yang senang menyendiri dicap negatif karena terkesan individualis dan menutup diri dari lingkungan sekitar. Namun jika kamu termasuk orang yang suka menyendiri jangan khawatir, sebab 5 alasan berikut mengungkapkan bahwa menjadi pribadi yang suka menyendiri itu tidak selamanya negatif.

1. Mengurangi konflik dengan orang lain karena masa bodoh tentang kehidupan orang

5 Alasan Menjadi Pribadi yang Suka Menyendiri Tidak Melulu Burukpexels.com/Hannah Nelson

Orang yang suka menyendiri cenderung tipe yang pendiam. Biasanya karakter seperti ini tidak sudah membicarakan banyak hal. Sehingga kamu yang memiliki karakter ini akan bersikap masa bodoh dengan kehidupan orang lain. Kamu tidak memiliki keinginan untuk ikut campur urusan orang sehingga kamu tidak akan terjerumus ke hal yang berkaitan dengan gosip. Sebab orang dengan watak seperti ini sangat menghargai privasi.

2. Bisa menikmati hidup karena berani menjadi diri sendiri

5 Alasan Menjadi Pribadi yang Suka Menyendiri Tidak Melulu Burukunsplash.com/A L L E F . V I N I C I U S Δ

Menjadi orang lain bisa membuat hidupmu tidak menyenangkan. Kamu tidak bisa membahagiakan orang lain dengan cara mengikuti ucapannya agar mau berubah seperti yang mereka inginkan. Mereka menganggap sifat individualismu buruk karena mereka tidak berpikir panjang dan hanya memandangmu dari satu sisi.

Biasanya orang yang suka menyendiri cenderung cuek dengan penilaian orang lain. Hal itulah yang membuatmu berani untuk tetap menjadi diri sendiri. Sehingga kamu akan merasa bahagia karena tidak berpura-pura menjadi orang lain.

3. Mencegah ketergantungan dengan orang lain

5 Alasan Menjadi Pribadi yang Suka Menyendiri Tidak Melulu Burukunsplash.com/Vinicius Wiesehofer

Kebiasaan suka menyendiri membuatmu tidak memiliki teman yang begitu banyak. Kamu cukup selektif dalam memilih teman bergaul. Bukan karena sombong namun karena kamu tidak bisa cocok dengan semua orang karena karaktermu yang suka menyendiri. Hal itu membuatmu menjadi tidak bergantung dengan orang lain dalam merampungkan semua masalahmu.

Baca Juga: Suka Tiba-tiba Galau Sendiri? Lakukan 5 Hal Ini Agar Hati Jadi Tenang

4. Terhindar dari pergaulan yang merugikan

5 Alasan Menjadi Pribadi yang Suka Menyendiri Tidak Melulu Burukpexels.com/ELEVATE

Kamu yang suka menyendiri lebih senang menghabiskan waktumu di dalam rumah atau tempat yang jauh dari keramaian. Bagimu, menyendiri adalah sebuah kebahagiaan tersendiri karena pada saat itu kamu bisa bebas melakukan hal yang kamu suka. Sehingga kamu tidak akan terbawa oleh pergaulan yang merugikan. Sebab waktu sendiri sudah cukup membuatmu bahagia karena kamu tidak mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang membuatmu tidak nyaman.

5. Tidak membuang waktu untuk memikirkan komentar buruk orang lain

5 Alasan Menjadi Pribadi yang Suka Menyendiri Tidak Melulu BurukPexels.com/mellamed

Tipe orang individualis cenderung cuek dengan komentar buruk orang lain tentangnya. Kamu yang memiliki karakter ini pasti akan merasa tenang menjalani kehidupan. Karena terkadang komentar buruk orang lain bisa memengaruhi keadaan psikis seseorang yang membuatnya selalu kepikiran dan tidak menutup kemungkinan bisa mengalami depresi.

Itulah 5 alasan mengapa jadi pribadi yang suka menyendiri tidak memulu negatif. Kamu tidak bisa menjadi seperti yang orang lain inginkan. Biarlah mereka berkata negatif tentang sikapmu yang suka menyendiri tersebut. Sebab cara bahagia untuk menikmati hidup bagi setiap orang tidak sama. Jadi tetaplah menjadi diri sendiri agar kamu merasa nyaman, karena bersikap menyendiri pun bisa mendatangkan manfaat.

Baca Juga: Agar Bahagia, 7 Kalimat Ini Pantang Kamu Katakan Pada Diri Sendiri

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You