Comscore Tracker

5 Hal Ini Buktikan Bahwa Kamu Belum Mampu Keluar dari Rasa Gak Enakan

#IDNTimesLife Orang lain bisa makin seenaknya ke kamu, lho!

Memiliki kebiasaan merasa tidak enakan dengan orang lain bisa menjadi hal yang positif, lantaran hal tersebut menunjukkan kebaikan yang ada di dalam dirimu. Namun, kebiasaan demikian juga dapat menyerangmu secara tidak langsung ketika kamu terus-terusan melakukannya tanpa melihat konteks kondisi dan situasi yang ada. Jika hal itu terjadi, justru orang lain bisa berlaku seenaknya terhadapmu.

Sejatinya kebiasan merasa gak enakan dengan orang lain harus segera dikurangi. Lantaran akan mendatangkan risiko untuk ke depannya. Namun, menguranginya juga bukan persoalan yang mudah. Sebab kebanyakan orang cenderung sudah melekat dengan kebiasaan tersebut. Berikut lima hal yang membuktikan jika kamu juga belum mampu keluarga dari perasaan tidak enakan.

1. Kamu tidak mampu berkata "tidak" kepada orang lain

5 Hal Ini Buktikan Bahwa Kamu Belum Mampu Keluar dari Rasa Gak Enakanilustrasi orang ngobrol (unsplash.com/Eliott Reyna)

Rasa gak enakan yang selama ini kamu alami cenderung membuatmu enggan dalam menolak kemauan orang lain. Kamu tak tega melihat kekecewaan orang lain akibat penolakanmu itu.

Sehingga kamu sering berusaha untuk memuaskan permintaan mereka meski sebenarnya kamu juga tak yakin apakah kamu bisa melakukannya. Karena tak ada pilihan lagi, maka terkadang kamu rela melakukan hal di luar yang kamu inginkan dengan dalih "tidak enak". 

2. Kamu lebih sering menyetujui pendapat orang lain meskipun bertentangan dengan hati

5 Hal Ini Buktikan Bahwa Kamu Belum Mampu Keluar dari Rasa Gak Enakanilustrasi orang mengobrol (unsplash.com/kevin laminto)

Saking gak enaknya kamu dengan orang lain, kamu sering menyetujui pendapat orang lain yang terkadang tidak sefrekuensi denganmu. Kamu melakukannya dengan menggunakan alasan untuk menghargai argumennya. Padahal tingkah demikian hanya akan membuatmu tidak nyaman lantaran kamu secara tidak langsung sudah berdusta pada diri sendiri.  

Baca Juga: 6 Kebiasaan Unik Orang Indonesia yang Sering Bikin Orang Asing Heran

3. Kamu cenderung banyak mengalah demi orang lain

5 Hal Ini Buktikan Bahwa Kamu Belum Mampu Keluar dari Rasa Gak Enakanilustrasi orang mengobrol (unsplash.com/Trung Thanh)

Merasa gak enak dengan orang lain kerap membuatmu harus mengalah dengan mereka. Meski pada saat itu kamu bertindak dan berkata benar sekali pun. Sebab kamu memiliki kecenderungan untuk menghindari konflik yang muncul apabila tak ada yang mau membendungnya dengan mengalah. Namun perlu kamu tahu, bahwa sikap demikian terkadang dapat membuatmu diperlakukan seenaknya oleh orang lain.

4. Kamu cenderung kurang tegas pada diri sendiri

5 Hal Ini Buktikan Bahwa Kamu Belum Mampu Keluar dari Rasa Gak Enakanilustrasi orang mengobrol (unsplash.com/Andrea Tummons)

Tak bisa dipungkiri jika rasa gak enakan kepada orang lain kerap membuatmu terlihat kurang dominan di hadapan orang mereka. Hal itu salah satunya disebabkan lantaran kamu selalu merasa terbebani dengan risiko yang akan terjadi tetika kamu bilang 'tidak' pada mereka. Sehingga kamu cenderung berperan sebagai pengikut orang lain saja, tanpa berani bersuara. Hal demikian dapat terjadi lantaran bermula dari ketidaktegasan terhadap dirimu sendiri.

5. Kamu cenderung mau melunakkan batasan yang sudah dibuat oleh diri sendiri

5 Hal Ini Buktikan Bahwa Kamu Belum Mampu Keluar dari Rasa Gak Enakanilustrasi pertemanan (unsplash.com/Kendyle Nelsen)

Setiap orang pasti punya batasan masing-masing yang telah diciptakan untuk diri sendiri. Dengan kata lain, layaknya aturan tak tertulis yang sudah sepantasnya ada guna mendukung kehidupan bermasyarakatnya. Namun, batasan tersebut bisa saja kamu terjang saat sudah merasa tidak enak hati dengan orang lain. Sehingga kamu cenderung bersedia melakukan apa pun agar mereka senang tanpa memedulikan prinsip dan batasan itu.

Bagaimana? Kelima hal tersebut sangat berkaitan denganmu, bukan? Jika kamu merasa begitu, maka kamu perlu mengurangi kebiasaan tersebut dari sekarang. Sebab, merasa gak enakan dengan orang lain hanya dapat memicu berbagai kerugian untuk dirimu sendiri. Padahal semestinya, diri kamu butuh untuk dibahagiakan, bukan hanya orang lain saja yang kamu diutamakan. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Membiarkan Diri Menderita karena Ucapan Orang Lain

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya