Comscore Tracker

5 Kebiasaan Ini Tanpa Kamu Sadari Bisa Bikin Pola Pikir Jadi Negatif

Sering banget dilakukan banyak orang, lho!

Tindakan yang kita lakukan datangnya dari sebuah pikiran. Jadi apabila pikiran kita cenderung negatif, maka perilaku kita pun akan demikian. Sehingga, penting banget, nih, untuk selalu menjaga pikiran agar tetap positif supaya bisa menebar hal-hal baik bagi lingkungan terdekat kita.

Namun seringnya kita terjebak dalam pikiran yang negatif. Pasalnya memang gak mudah untuk membuat pikiran kita fokus pada hal-hal yang baik. Meskipun demikian, masih ada cara supaya pikiran kita tetap terjaga, yaitu dengan meninggalkan beberapa kebiasaan berikut yang bisa membuat pola pikirmu diselimuti pikiran-pikiran negatif.

1. Kamu tidak berhenti memikirkan hal buruk

5 Kebiasaan Ini Tanpa Kamu Sadari Bisa Bikin Pola Pikir Jadi Negatifilustrasi wanita merenung (pexels.com/Dids)

Akar dari kecenderunganmu untuk berpikir negatif adalah pikiran negatif itu sendiri. Ketika kamu gak berhenti memikirkan hal-hal yang buruk, maka selamanya kamu akan terjebak dalam pola pikir yang gak berkembang.

Sehingga, kamu harus mau untuk mengalihkan fokus ke hal lain setiap kali pikiran negatif itu muncul. Hal demikian dilakukan untuk menimalisir kebiasaan yang bisa membuat pola pikirmu tidak maju.

2. Kamu sering memikirkan ketakutan akan masa depan

5 Kebiasaan Ini Tanpa Kamu Sadari Bisa Bikin Pola Pikir Jadi Negatifilustrasi wanita berpikir (pexels.com/Marcelo Chagas)

Kebanyakan orang cenderung merasa takut pada hal-hal yang belum terjadi. Sehingga, atas dasar ketidaktahuan itu membuat mereka berpikir akan kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi.

Nah, kebiasaan demikian dapat memicu pola pikirmu menjadi negatif. Sebab kamu terpengaruh pada ketakutan-ketakutan yang sebenarnya mungkin saja gak akan terjadi.

Baca Juga: 5 Pola Pikir Positif yang Sebaiknya Gak Kamu Jadikan Pedoman Hidup

3. Kamu mudah khawatir dengan apa yang terjadi saat ini

5 Kebiasaan Ini Tanpa Kamu Sadari Bisa Bikin Pola Pikir Jadi Negatifilustrasi merasa khawatir (pexels.com/Khoa Võ)

Pola pikir negatif tak hanya disebabkan perkara ketakukan akan masa depan. Namun, kamu yang punya kebiasaan kerap khawatir dengan masa sekarang pun sangat memungkinkan untuk mendatangkan pola pikir negatif.

Misalnya, saat kamu berada pada sebuah lingkungan, dalam waktu tersebut kamu kerap khawatir akan pendapat orang lain tentangmu. Hal itulah yang membuatmu rentan mengalami pikiran toksik lantaran kekhawatiran yang belum tentu benar adanya.

4. Kamu terus terjebak dalam pikiran akan masa lalu

5 Kebiasaan Ini Tanpa Kamu Sadari Bisa Bikin Pola Pikir Jadi Negatifilustrasi wanita berpikir (pexels.com/Khoa Võ)

Bayang-bayang akan masa lalu yang belum tuntas cenderung berpengaruh pada pola pikirmu. Kebiasaan untuk terus mengingat masa lalu yang tidak menyenangkan akan membuatmu gak bisa melihat hal-hal baik dari setiap peristiwa karena luka di masa lalu belum sepenuhnya sembuh.

Sehingga, ada baiknya kamu berdamai dengan kenyataan. Ketahuilah, bahwa masa lalu adalah milik sosok dirimu pada masa itu yang gak bisa disamakan dengan saat ini.

5. Kamu mudah membenarkan hal-hal buruk yang ada di dalam pikiran

5 Kebiasaan Ini Tanpa Kamu Sadari Bisa Bikin Pola Pikir Jadi Negatifilustrasi wanita melamun (pexels.com/Los Muertos Crew)

Gak bisa dipungkiri bahwa pikiran negatif akan selalu datang. Namun, kamu bisa menangkal pikiran buruk itu dengan cara tidak langsung membenarkannya saat itu juga. Jadi, ketika pikiran buruk mulai menghampirimu, maka pastikan kamu renungkan dengan baik apakah kamu harus setuju dengannya atau tidak.

Sebab, hal-hal yang kamu benarkan dari pikiranmu akan menjadi sebuah keyakinan yang melekat. Hal tersebut nantinya cenderung sulit untuk diubah.

Bagaimana? Masih seringkah kamu melakukan kebiasaan-kebiasaan tersebut? Yuk, segera tinggalkan dan mulai kebiasaan baru yang lebih baik agar kehidupanmu gak terganggu akibat banyak hal negatif yang mengusik pikiranmu. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan Pola Pikir yang Membuatmu Semakin Takut Gagal 

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya