Comscore Tracker

5 Mindset yang Perlu Kamu Buang untuk Menghindari Kebiasaan Menunda

#IDNTimesLife Tim deadliner wajib baca, nih.

Kebiasaan menunda pekerjaan sudah menjadi hal yang lumrah terjadi. Pasalnya, kebiasaan tersebut telah dilakukan oleh banyak orang, bahkan terkadang sudah melekat hingga kerap membuat seseorang menjadi deadliner. Biasanya orang yang suka melakukannya cenderung memiliki rasa ragu atau kurang percaya diri terhadap hasil pekerjaannya nanti, sehingga mereka memilih untuk menundanya terlebih dahulu. Atau bisa juga karena rasa malas yang setiap saat menghampiri.

Namun, mengapa kebiasaan negatif ini cenderung sangat sulit dihindari, ya? Hal itu salah satunya disebabkan oleh pola pikir yang keliru. Sehingga kamu perlu membuang lima mindset yang salah seperti berikut untuk menghindari kebiasaan menunda. Simak, ya.

1. "Tenang saja, tenggat waktunya masih lama, kok"

5 Mindset yang Perlu Kamu Buang untuk Menghindari Kebiasaan Menundailustrasi orang berpikir (unsplash.com/Bermix Studio)

Orang yang suka menunda pekerjaan cenderung berfokus pada deadline-nya. Bukan fokus kepada kapan ia akan memulai pekerjaannya. Pola pikir seperti ini jelas perlu kamu hindari. Pasalnya, memikirkan tenggat waktu hanya akan membuatmu terlena untuk menundanya lantaran kamu terus berpikir "masih ada waktu" yang sebenarnya hal itu juga bukanlah suatu kepastian.

2. "Gak masalah, masih bisa dikebut nanti"

5 Mindset yang Perlu Kamu Buang untuk Menghindari Kebiasaan Menundailustrasi orang bekerja (unsplash.com/Mimi Thian)

Sistem Kebut Semalam (SKS) biasanya menjadi pilihan bagi orang yang suka menunda pekerjaan. Mereka selalu mengandalkan kegiatan tersebut untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaannya. Pola pikir demikian harus segera kamu buang jika kamu tak ingin terus-terusan terbelenggu dalam kebiasaan menunda pekerjaan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Gak Baik jika Sengaja Menunda-nunda Menepati Janji

3. "Nanti saja, ah, sekarang masih malas"

5 Mindset yang Perlu Kamu Buang untuk Menghindari Kebiasaan Menundailustrasi orang tiduran (unsplash.com/Lenin Estrada)

Kebiasaan menunda pekerjaan dapat dipicu oleh rasa malas yang ada di dalam dirimu. Imbasnya, kamu akan merasa enggan untuk memulai suatu pekerjaan dan memilih untuk bersantai yang kamu rasa lebih mengasyikkan. Jika kamu terus-terusan merasa malas, maka semua pekerjaanmu sedikit demi sedikit akan menumpuk. Sehingga, kamu perlu membuang jauh-jauh rasa malas tersebut, ya.

4. "Nunggu ada niat dulu, lah"

5 Mindset yang Perlu Kamu Buang untuk Menghindari Kebiasaan Menundailustrasi orang menerung (unsplash.com/bruce mars)

Pola pikir seperti poin keempat ini mengindikasikan bahwa kamu tipe orang yang senang menunggu "niat". Padahal niat itu seharusnya kamu jemput atau kamu gali. Pasalnya niat menjadi fondasi utama saat kamu akan melakukan sesuatu. Tanpa suatu niat, kamu akan kesulitan untuk mengubah diri sendiri. Sehingga, kamu hanya perlu memupuk niat di dalam diri secepat mungkin agar pekerjaanmu tidak tertunda lagi.

5. "Besok aku akan berubah untuk tidak menunda lagi"

5 Mindset yang Perlu Kamu Buang untuk Menghindari Kebiasaan Menundailustrasi orang melamun (unsplash.com/Magnet.me)

Memiliki keinginan untuk berubah merupakan hal yang mulia. Namun, jika bisa saat ini, mengapa harus ditunda hari esok? Nah, pola pikir seperti poin kelima ini tidak baik untuk dipelihara. Sebab, keinginan untuk berubah agar tidak menunda pekerjaan harus segera dilaksanakan. Karena tak ada yang bisa memastikan jika hari esok kamu memiliki tekad yang sama dengan hari ini.

Itulah lima mindset yang perlu kamu buang untuk menghindari kebiasaan menunda. Mulai sekarang berhenti berpikir bahwa setiap pekerjaan dapat dilakukan kapan saja. Sebab kita gak pernah tahu kejadian atau pun kondisi yang akan terjadi di kemudian hari. Sehingga, ada baiknya kamu kerjaan pekerjaanmu segera mungkin. Toh, itu juga demi kebaikan kamu sendiri. Karena jika suatu pekerjaan selesai, kamu dapat terbebas dari beban yang ada di dalamnya dan bisa fokus kepada pekerjaan lain yang masih menunggu. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Pertimbangan untuk Gak Menunda-nunda Rencanamu Bikin Usaha Sendiri

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya