Comscore Tracker

Catat! 5 Tanda yang Hanya Dimiliki Orang Bermental Kuat dan Tangguh

#IDNTimesLife Mungkinkah kamu salah satunya?

Banyak orang yang kerap memiliki argumen masing-masing mengenai sosok yang bermental kuat dan tangguh. Ada yang berpikir jika mental kuat ditandai dengan tidak pernah menangis. Ada pula yang beranggapan bahwa mereka yang tidak berlarut-larut saat menghadapi persoalan hidup. Nyatanya, kedua hal tersebut tak bisa dikatakan sebagai ciri-ciri yang selalu ada di dalam diri orang yang bermental kuat.

Lantas bagaimana tanda yang sebenarnya? Ternyata ada beberapa karakter lain yang mendominasi yang hanya dimiliki oleh orang bermental kuat dan tangguh. Berikut akan diulas ke dalam tanda-tandanya.

1. Memiliki kecerdasan emosi yang tinggi

Catat! 5 Tanda yang Hanya Dimiliki  Orang Bermental Kuat dan Tangguhilustrasi orang fokus (unsplash.com/Alora Griffiths)

Orang yang memiliki mental kuat cenderung mempunyai kemampuan dalam memahami emosi-emosi negatif yang dirasakan. Ia juga tidak akan cepat marah terhadap hal-hal yang ada di luar kendalinya. Ia sepenuhnya sadar, bahwa lebih baik fokus pada respons atau sikapnya terhadap suatu hal, lantaran hal itulah yang mampu untuk dikendalikan.

2. Memiliki keberanian untuk berkata “tidak”

Catat! 5 Tanda yang Hanya Dimiliki  Orang Bermental Kuat dan Tangguhilustrasi orang berani (unsplash.com/Aral Tasher)

Selama ini masih banyak orang tidak tegas terhadap diri sendiri. Pasalnya, sebagian besar orang masih enggan menolak permintaan orang lain dengan dalih takut menyakiti perasaan. Sejatinya, ia hanya memikirkan perasaan orang lain tanpa memedulikan perasaannya sendiri yang berseberangan dengan sikapnya.

Namun, hal tersebut tak akan berlaku bagi orang yang bermental kuat. Ia tahu bagaimana caranya mengontrol diri dengan berkata “tidak” pada orang lain maupun pada dirinya sendiri.

Baca Juga: [QUIZ] Apa Kamu Termasuk Orang yang Memiliki Mental Kuat?

3. Mampu berdamai dengan masa lalu

Catat! 5 Tanda yang Hanya Dimiliki  Orang Bermental Kuat dan Tangguhilustrasi orang berpikir (unsplash.com/Abdiel Ibarra)

Di balik kekuatan mental yang dimiliki oleh seseorang, tentu ada cerita yang melatarbelakanginya. Bisa saja, ia telah melewati proses demi proses kehidupan yang tidak mudah, hingga akhirnya mampu berdiri sendiri seperti saat ini. Cerita-cerita dari masa lalulah yang membuatnya tangguh. Kuncinya; mengakui, menerima, dan mau belajar dari masa lalu.

4. Berani berubah dan mengambil risiko

Catat! 5 Tanda yang Hanya Dimiliki  Orang Bermental Kuat dan Tangguhilustrasi orang tegas (unsplash.com/Taylor Harding)

Berada di zona nyaman menjadi tantangan tersendiri bagi orang yang memiliki mental kuat. Tentu ia tak mau berlama-lama berada di dalamnya. Justru ia akan menyambut perubahan dengan aura positif, bahkan jika perlu, ia yang akan menciptakan perubaan tersebut, lantaran enggan dibuai dengan kenyamanan terus-menerus. Ia mengerti bahwa hidup selalu dikelilingi dengan perubahan, dan ia juga tak takut dengan risiko di balik pilihannya untuk berubah.

5. Mampu memahami bahwa hidup butuh perjuangan

Catat! 5 Tanda yang Hanya Dimiliki  Orang Bermental Kuat dan Tangguhilustrasi orang tangguh (unsplash.com/A#esh U#esh)

Di dalam hidup ini tidak ada hasil yang instan. Semua hal pasti memerlukan kerja keras. Begitulah cara pandang dari orang bermental kuat. Sehingga ia juga tak akan memiliki waktu untuk iri dengan pencapaian orang lain. Sebab ia tahu bahwa setiap orang memiliki proses dan hasil masing-masing, asalkan mau berjuang.

Itulah lima tanda nyata yang hanya dimiliki oleh orang bermental kuat dan tangguh. Yuk, segera biasakan kelima hal tersebut agar kamu mendapatkan kualitas mental yang baik. Mungkin akan terasa sukar di awalnya. Namun, jika kamu tidak menyerah dan mau mengubah cara pandang, maka akan membuahkan hasil yang positif. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Bikin Mental Kamu Sekuat Baja, Biasakan Yuk!

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya