Comscore Tracker

Agar Tak Salah, 5 Sikap Ini Harus Kamu Biasakan Saat Memberikan Pujian

Jangan sampai pujianmu menyinggung perasaan orang lain!

Diberi pujian oleh orang lain tentu hal yang menyenangkan bagimu, bukan? Begitupula saat kamu memberi pujian pada orang lain, tentu mereka akan merasa senang. Dalam memuji seseorang diperlukan ketulusan. Jangan hanya asal memuji saja. Sebab jika kamu tidak tulus memberi pujian, bisa saja hal yang seharusnya menyenangkan malah jadi menyinggung perasaan.

Agar tak salah dalam memuji orang lain, kamu harus membiasakan 5 sikap berikut saat melontarkan pujian. Sebab memuji pun tak boleh seenaknya sendiri, diperlukan sikap dan cara yang tepat seperti berikut.

1. Selalu perhatikan keadaan sekitar saat kamu ingin memberi pujian

Agar Tak Salah, 5 Sikap Ini Harus Kamu Biasakan Saat Memberikan Pujianunsplash.com/Alexis Brown

Sebelum kamu melontarkan pujian untuk orang lain, ada baiknya kamu perhatikan keadaan di sekitarmu. Jika kamu sedang dalam keramaian, jangan berikan pujianmu untuk orang tersebut di hadapan banyak orang. Hal itu bisa membahayakan orang yang ingin kamu beri pujian. Sebab dia bisa saja menjadi sombong karena merasa dirinya terangkat di hadapan banyak orang.

2. Memberi pujiaan tanpa menggunakan 'tetapi'

Agar Tak Salah, 5 Sikap Ini Harus Kamu Biasakan Saat Memberikan Pujianunsplash.com/Priscilla Du Preez

Dalam memuji orang lain, pastikan ketulusan ada di dalam hatimu. Orang yang tidak tulus dalam memberikan pujian bisa dilihat dari kalimatnya. Dia sering menggunakan kata 'tetapi' di dalam pujiannya. Sehingga hal itu bisa memberikan kesan yang kurang baik hingga tidak menutup kemungkinan bisa menyakiti perasaan orang lain.

Baca Juga: 5 Sikap Tanda Haus Pujian yang Bikin Rugi, Kamu Bukan?

3. Jangan ada 'isyarat' yang menyinggung perasaan orang lain di dalam pujianmu

Agar Tak Salah, 5 Sikap Ini Harus Kamu Biasakan Saat Memberikan Pujianharianindo.com

Pastikan pujian yang kamu beri untuk orang lain tidak mengandung isyarat yang bisa membuatnya tersinggung. Misalnya, "Kamu cantik saat menggunakan baju itu". Hal itu seolah memberi sebuah isyarat bahwa normalnya dia kurang cantik. Biasanya hal seperti ini bisa menyinggung perasaan orang lain.

4. Jangan mengaitkan dirimu di dalam pujian yang akan kamu berikan untuk orang lain

Agar Tak Salah, 5 Sikap Ini Harus Kamu Biasakan Saat Memberikan Pujianunsplash.com/Eye for Ebony

Agar kamu tak salah dalam memuji orang lain maka kamu harus fokus dengan orang tersebut, entah fokus dengan kelebihannya maupun hal hebat lain yang dia miliki. Jangan pernah mengaitkan dirimu di dalam pujian itu. Karena hal tersebut bisa memberi kesan bahwa kamu ingin balik dipuji. Hingga akhirnya pujian yang kamu beri itu tidak mengena di hatinya.

5. Tidak berlebihan dalam memuji orang lain

Agar Tak Salah, 5 Sikap Ini Harus Kamu Biasakan Saat Memberikan Pujianunsplash.com/Ben White

Dalam memuji orang lain tentu ada batasannya. Sehingga jangan terlalu berlebihan. Sebab pujian yang berlebihan bisa membuat orang yang dipuji menjadi sombong. Jadi, sewajarnya saja dengan tetap memperhatikan kondisi dan kepribadian orang yang akan kamu beri pujian.

Itulah 5 sikap yang harus kamu biasakan saat memberikan pujian pada orang lain. Mulai sekarang terapkan kelima sikap tersebut saat memuji orang lain. Jangan asal memuji saja atau malah membuat orang lain tersinggung dengan pujian yang kamu beri. 

Baca Juga: 6 Kalimat Pujian yang Sebenarnya Cowok Mau dari Pacarnya

Izah Cahya Photo Community Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You