Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Berbohong dalam Memuji Orang Lain

Jujur itu lebih baik, lho!

Melontarkan pujian adalah hal yang bisa membuat hati orang lain senang. Mungkin tujuanmu begitu, sehingga kamu akan terus mencecarnya dengan pujian. Hingga kamu tak sadar bahwa apa yang kamu ucapkan terkadang bukanlah pujian yang sebenarnya, bisa saja dilebih-lebihkan demi menjaga perasaan orang tersebut karena kamu merasa tak enak hati.

Ketahuilah, berbohong dalam memberikan pujian memiliki beberapa dampak buruk, baik untukmu maupun orang lain yang bersangkutan. Berikut beberapa alasan mengapa kamu tak perlu berbohong dalam memuji seseorang.

1. Kamu telah belajar berbohong

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Berbohong dalam Memuji Orang Lainpexels.com/Pixabay

Sejatinya memuji orang lain adalah hal yang mulia. Namun jika pujian itu kamu lontarkan semata-mata untuk membuatnya senang saja, itu artinya kamu telah berbohong, baik pada diri sendiri maupun kepadanya. Padahal berbicara jujur mengenai kekurangannya jauh lebih baik sebagai bentuk pembelajaran untuknya.

2. Kamu membuat dia tidak belajar dari kekurangan

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Berbohong dalam Memuji Orang Lainpexels.com/Tim Savage

Mungkin kamu adalah orang yang tidak enakan, sehingga kamu kerap melayangkan pujian kepada orang lain meskipun kamu tahu bahwa dia kurang layak mendapatkan pujian tersebut. Hal seperti itu tidak boleh kamu lakukan terus-menerus. Sebab itu hanya akan membuatnya terbuai dengan pujian.

Alih-alih membantu, justru kamu membuat dia tidak menyadari kekurangannya karena tertutup oleh pujian yang kamu berikan.

Baca Juga: 5 Tipe Unik Orang Saat Dapat Pujian, Ada yang Kalem Sampai Salting

3. Kamu menjebak dia pada kebahagiaan yang semu 

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Berbohong dalam Memuji Orang Lainpexels.com/Pixabay

Perhatikan, bagaimana reaksi orang lain saat diberi pujian? Tentu mereka akan tersenyum dan merasa senang, bukan? Tapi tunggu dulu, kebahagiaan yang dia dapat dari pujianmu yang tak tulus itu hanya akan menimbulkan bahagia yang semu. Dia merasa bahagia hanya saat itu saja. Selanjutnya, dia akan menjalani hari-hari dengan ketidaktahuan bahwa sebenarnya ada sesuatu dari dirinya yang perlu diperbaiki lagi.

4. Kamu telah mengecewakannya dengan pujian yang tak jujur

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Berbohong dalam Memuji Orang Lainpexels.com/Renzy Atibagos

Secara tidak langsung kamu telah mengecewakannya dengan melayangkan pujian terus-menerus tanpa diimbangi kritikan maupun masukan. Mungkin dia akan merasa bahagia saat diberikan pujian, namun jika suatu saat dia telah mengetahui kekurangan 'yang kamu puji' itu dengan sendirinya, bukankah itu hal yang menyedihkan dan mengecewakan baginya?

5. Kamu membuat dia tidak terbiasa menerima kritikan

5 Alasan Kenapa Kamu Gak Perlu Berbohong dalam Memuji Orang Lainpexels.com/Pixabay

Terbiasa menerima pujian akan membuat seseorang cukup sulit menerima kritikan. Sebab dia sudah terbiasa mendapatkan ucapan manis. Padahal kritik itu diperlukan untuk mendorong seseorang menjadi pribadi yang kuat dan lebih baik. Sehingga jangan sungkan untuk mengkritiknya jika memang dirasa perlu. Kritik gak melulu soal kecaman, kamu bisa melakukan kritik dengan bahasa yang lebih bersahabat agar bisa diterima dengan baik.

Itulah lima alasan megapa kamu gak perlu berbohong dalam memuji karena ingin membuat orang lain senang. Jika memang ada kekurangan pada orang tersebut, maka sampaikan saja, jangan tutupi itu dengan pujian yang justru membuatnya kesenangan hingga terlena. Sebenarnya kritikan itu diperlukan, untuk memperbaiki bukan menjatuhkan.

Baca Juga: Gak Nyangka, 5 Keuntungan Tak Terduga Sesekali Memuji Diri Sendiri

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya