Comscore Tracker

Biar Akur Lagi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Bermasalah dengan Sahabat

Cepat diselesaikan, ya!

Sahabat merupakan orang yang berarti dalam kehidupanmu setelah keluarga. Tanpa sahabat, hidupmu tidak akan berwarna dan kamu tidak akan memiliki pengalaman indah saat bersama dengannya. Sahabat juga orang yang selalu ada untukmu saat sedih maupun senang serta dia pasti akan berada di barisan depan untuk membantumu saat kamu dalam masalah.

Meski begitu, terkadang pasti ada masalah-masalah yang menimpa hubungan persahabatanmu atau bahkan kalian pernah berantem saat menghadapi masalah yang cukup menyulitkan. Namun, pertengkaran tersebut wajar saja jika terjadi di dalam hubungan persahabatan karena hidup itu tidak akan pernah lepas dari yang namanya masalah.

Nah, saat dihadapkan dengan permasalahan, ada baiknya kamu lakukan 5 hal ini kepada sahabatmu untuk menyelesaikan masalah. Jangan ditunda, lebih cepat akur lebih baik pula untuk kelangsungan hubungan persahabatan kalian.

1. Pahami dengan baik masalah yang menimpa hubungan persahabatanmu kemudian komunikasikan masalah tersebut

Biar Akur Lagi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Bermasalah dengan Sahabatunsplash.com/Greg Raines

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memahami dengan baik dari permasalahan yang sedang kamu alami tersebut. Apa penyebabnya, bagaimana solusinya, dan langkah apa yang sebaiknya kamu lakukan dalam menyikapi masalah tersebut.

Setelah memahami hal, itu kamu bisa memulai komunikasi dengan sahabatmu lagi meski hanya beberapa kata saja asal jangan hanya diam.

2. Turunkan egomu dan jangan selalu ingin merasa benar

Biar Akur Lagi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Bermasalah dengan Sahabatunsplash.com/kevin laminto

Masalah yang kamu alami dengan sahabatmu akan menjadi lebih baik apabila kamu mampu menurunkan egomu. Jika kamu selalu ingin merasa benar, maka tak akan ada keinginan untuk memperbaiki hubungan tersebut.

Lebih baik hilangkan perasaan tersebut, mengalahlah sedikit untuk kelangsungan persahabatan yang sudah dibangun. Sebab mengalah tak ada salahnya, malah akan memberi banyak keuntungan bagimu.

Baca Juga: Temanmu Sering Menunjukkan 5 Sikap Ini? Berarti Dia Layak Jadi Sahabat

3. Perhalus kata-katamu saat berbicara dengannya

Biar Akur Lagi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Bermasalah dengan Sahabatunsplash.com/Elevate

Saat ingin memperbaiki hubungan persahabatan yang tengah rusak, tentu kamu harus menunjukkan sikap yang baik, terutama dalam bertutur kata. Ketika sedang emosi banyak, orang yang sulit mengontrol ucapannya. Jangan sampai kamu melakukan hal itu juga hanya karena emosi sesaat. Lebih baik perhalus kata-katamu saat berbicara dengannya agar tidak menyakiti perasaannya.

4. Ubahlah pemikiranmu tentang 'meminta maaf lebih dulu'

Biar Akur Lagi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Bermasalah dengan Sahabatunsplash.com/rawpixel

Banyak orang salah mengartikan tentang minta maaf. Mereka menganggap bahwa seharusnya yang salah itu meminta maaf lebih dulu. Padahal meminta maaf itu tidak memandang siapa yang salah. Semua orang berhak minta maaf meski tidak salah.

Terlepas dari siapa yang melakukan kesalahan, ada baiknya kamu meminta maaf lebih dulu kepada sahabatmu. Sebab, meminta maaf adalah hal yang mulia dan bisa memperbaiki semua kesalahan yang pernah terjadi.

5. Selalu ada untuknya meski hubungan persahabatanmu belum sepenuhnya membaik

Biar Akur Lagi, Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Bermasalah dengan Sahabatunsplash.com/Kristopher Roller

Kamu tidak boleh menyerah untuk berusaha memperbaiki hubungan persahabatan meski belum sepenuhnya membaik. Sebab semua hal dibutuhkan proses yang panjang. Tetaplah ada untuk sahabatmu dan jangan sungkan untuk membantunya. Karena lama-lama dia pasti akan luluh saat melihat ketulusanmu dalam bersahabat dengannya.

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan saat memiliki masalah dengan sahabatmu. Jangan diabaikan semua permasalahan yang terjadi meskipun hanya masalah sepele. Sebab, jika tidak cepat diselesaikan maka masalah bisa saja menjadi semakin besar. Semoga berhasil!

Baca Juga: Sahabat Punya Pacar? Lakukan 5 Hal Ini Agar Persahabatan Tetap Terjaga

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You