Comscore Tracker

5 Bukti Kamu Memiliki Hati yang Kuat untuk Atasi Kesedihan dalam Diri

Kamu termasuk salah satu orang yang hebat

Sulit rasanya bagi setiap orang untuk menjalani hidupnya saat dihadapkan dengan kesedihan. Mudah bagi kita untuk merasa terpuruk ketika berada di fase tersebut. Seolah tidak ada lagi hal lain yang bisa diharapkan untuk membuat kita kembali bahagia.

Namun, tak semua orang bisa disamakan dalam mengatasi kesedihannya. Ada juga mereka yang mampu mengolah rasa sedih itu menjadi sebuah kekuatan. Berikut lima tanda-tanda dari orang yang memiliki hati kuat saat dihadapkan dengan kesedihan. 

1. Mampu menerima kesedihan itu dengan perasaan lapang

5 Bukti Kamu Memiliki Hati yang Kuat untuk Atasi Kesedihan dalam Diriilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Di dunia ini terdapat sebagian hal yang bisa kita kendalikan dan sebagian lain tidak. Sehingga terkadang memang ada beberapa hal yang semestinya bisa kita terima dengan lapang lantaran kita tak memiliki kontrol untuk mengubahnya.

Jika kesedihan itu muncul, maka terima saja dan nikmati hal itu. Sebab apabila kita bisa menerimanya dengan ikhlas, perasaan sedih itu pasti akan berkurang dengan sendirinya. Hal itulah yang menjadi salah satu kunci untuk menciptakan hati yang kuat terhadap cobaan dalam hidup.

2. Mampu mengambil sisi baik dari kesedihan yang dirasakan

5 Bukti Kamu Memiliki Hati yang Kuat untuk Atasi Kesedihan dalam Diriilustrasi tersenyum (pexels.com/Pixabay)

Seringnya orang memandang kesedihan hanya melalui satu kacamata saja. Hal itulah yang kerap membuat emosi tak terkontrol hingga berujung pada penderitaan dan rasa tertekan.

Padahal jika kita bisa melihatnya dari sisi lain, maka semuanya akan terlihat berimbang. Sehingga kita tak akan bersedih terlalu mendalam. Sebab, setiap peristiwa yang terjadi pasti selalu memiliki pesan baik di baliknya ketika kita mau berusaha untuk memaknainya dengan bijak.

Baca Juga: 5 Cara Jadikan Lingkungan Toxic Sebagai Motivasi, Harus Kuat Mental!

3. Mampu mengendalikan emosi dan kontrol pikiran dalam kondisi tersebut

5 Bukti Kamu Memiliki Hati yang Kuat untuk Atasi Kesedihan dalam Diriilustrasi meredam emosi (pexels.com/Alan Retratos)

Salah satu bukti kamu memiliki hati yang kuat untuk dapat mengatasi kesedihan adalah dengan tetap bersikap tenang saat kondisi tersebut. Bukan hal yang mudah bersikap demikian, bahkan tak banyak orang yang bisa melakukannya.

Namun, orang yang kuat pasti mampu melewati kesedihan itu dengan emosi dan pikiran yang terkontrol. Sebab mereka paham bahwa hanya dirinyalah yang mampu mengendalikan hal itu agar selanjutnya dapat memikirkan jalan keluar dengan pikiran jernih.

4. Mengetahui cara untuk bisa kembali tersenyum

5 Bukti Kamu Memiliki Hati yang Kuat untuk Atasi Kesedihan dalam Diriilustrasi merasa bahagia dan damai (pexels.com/Anastasia K)

Bukti lain bahwa kamu adalah orang dengan hati yang kuat adalah tidak berlarut-larut dalam kesedihan. Sebab kamu tahu cara untuk membuat dirimu kembali tersenyum. Artinya, kebahagianmu tak bergantung pada hal-hal di luar kendali.

Bahagiamu adalah tanggung jawab diri sendiri. Kamulah yang memiliki kendali untuk menciptakan bahagia dengan versi yang kamu inginkan. Jika ada satu kesedihan yang kamu rasakan saat ini, maka di kemudian hari akan kamu temukan beragam kebahagiaan baru. 

5. Lebih memilih untuk fokus pada solusi yang bisa diupayakan

5 Bukti Kamu Memiliki Hati yang Kuat untuk Atasi Kesedihan dalam Diriilustrasi fokus menatap (pexels.com/Cesar Vasquez)

Orang yang meratapi kesedihannya cenderung hanya berfokus pada masalah yang ada. Padahal itu tidak akan mengubah apapun. Justru yang harus dilakukan adalah fokus pada solusi yang bisa diupayakan oleh diri sendiri, supaya rasa sedih tidak berlama-lama singgah dalam hati. Itulah kunci orang yang kuat dalam mengatasi kesedihannya.

Sejatinya hati yang kuat tak mudah dimiliki setiap orang. Butuh kelapangan dan jiwa yang besar untuk mendapatkannya. Pengalaman dan proses panjang yang telah dilalui juga menjadi faktor penting dalam menjadikan seseorang memiliki ketegaran saat ditimpa kesedihan.

Semoga kesedihan apapun yang sedang kamu alami saat ini bisa segera berlalu, ya. Sebab, akan selalu ada kebaikan yang datang selama kamu mau menerima dan berdamai dengan ketidaknyamanan itu. Semangat!

Baca Juga: 5 Tips agar Orang Terkesan dengan Penampilanmu, Punya Pesona Kuat

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya