Comscore Tracker

5 Hal Buruk yang Terjadi jika Kamu Terus Mengalah pada Orang Lain

Yuk, coba untuk tegas dan buat batasan diri!

Bagi kebanyakan orang, mengalah mungkin kerap dianggap sebagai solusi ampuh ketika terjadi selisih paham atau konflik di dalam hubungan dengan orang lain. Sebab dengan mengalah, artinya seseorang sedang menurunkan egonya guna mencegah terjadinya perselisihan yang berkepanjangan.

Hal ini memang diperlukan, karena jika masing-masing dari kalian egois, maka masalah tak kunjung usai. Namun, perlu diingat bahwa porsi mengalah antara kedua belah pihak harus seimbang. Jadi ada kalanya kamu yang mengalah, pun sebaliknya bergantian dengan pasanganmu atau sahabatmu.

Jika kamu terus-menerus mengalah dengan orang lain, maka akan ada beberapa hal buruk yang bisa kamu alami. Salah satunya, kamu bisa diremehkan, lho! 

1. Kamu mudah diremehkan oleh orang lain

5 Hal Buruk yang Terjadi jika Kamu Terus Mengalah pada Orang Lainilustrasi orang merenung (pexels.com/cottonbro)

Kebiasaan mengalah yang berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi dirimu, salah satunya kamu jadi mudah diremehkan oleh orang lain. Mereka akan menganggapmu sebagai sosok yang lemah. Atas dasar itu, orang lain cenderung akan memanfaatkan kondisi tersebut untuk mulai mendominasi dalam setiap keadaan.

2. Kamu menjadi sosok yang gak berprinsip

5 Hal Buruk yang Terjadi jika Kamu Terus Mengalah pada Orang Lainilustrasi wanita (pexels.com/Tung Vu)

Setiap orang pasti memiliki prinsip yang dipegang dengan baik guna menjadikan hal tersebut batasan agar orang lain gak mudah bersikap seenaknya. Namun, ketika kamu lebih memilih mengalah terus pada orang lain, maka prinsip yang kamu miliki itu lambat laun akan pudar. Sebab, kamu terbawa dengan aturan-aturan yang secara gak langsung ditetapkan orang lain untuk dirimu. Imbas dari hal tersebut, kamu bisa saja kehilangan nilai terhadap dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Kamu Cegah kalau Mau Mengalah dalam Debat

3. Kamu cenderung kehilangan jati diri yang sebenarnya

5 Hal Buruk yang Terjadi jika Kamu Terus Mengalah pada Orang Lainilustrasi seorang wanita (pexels.com/Prateek Katyal)

Proses pencarian jati diri seseorang memang bukan perkara mudah, karena dibutuhkan perjalanan panjang. Apabila kamu telah menemukan jati dirimu yang sesungguhnya, maka pertahankan dan jaga hal tersebut.

Jati diri bisa saja pudar lantaran berbagai faktor, salah satunya ketika kamu terbiasa untuk mengalah pada orang lain. Dengan kebiasaan tersebut, kamu cenderung akan mengikuti arus yang dibawa oleh orang lain.

4. Kamu jadi tidak memiliki batasan diri

5 Hal Buruk yang Terjadi jika Kamu Terus Mengalah pada Orang Lainilustrasi wanita mengalah (pexels.com/Tran Trung)

Selalu mengutamakan kebutuhan atau perasaan orang lain bisa menjadi salah satu penyebab kamu kerap mengalah darinya. Padahal sesekali untuk lebih perhatian pada diri sendiri gak ada salahnya, lho. Hal demikian gak berarti kamu egois jika kedua hal tersebut dapat kamu seimbangkan.

Nah, terlalu sering mengalah dengan orang lain sejatinya mengindikasikan bahwa batasan-batasan pribadi terhadap diri sendiri yang kamu bangun sudah mulai rapuh. Jangan mengira bahwa menetapkan batasan dapat merusak hubungan, justru batasan tersebut dapat dijadikan pembelajaran untuk saling menghargai dan saling menghormati sehingga tidak ada salah satu pihak yang mendominasi.

5. Kamu cenderung merasa tertekan

5 Hal Buruk yang Terjadi jika Kamu Terus Mengalah pada Orang Lainilustrasi orang tertekan (pexels.com/Min An)

Mengalah pada orang lain secara terus-menerus hanya akan membuat dirimu lelah lantaran harus mengikuti apa yang mereka mau. Bahkan kamu juga bisa lelah secara mental lantaran merasa tertekan karena gak bisa mengekspresikan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Rasa tertekan itu juga muncul karena secara gak langsung kamu berada di bawah kendali orang lain.

Sejatinya, mengalah menjadi sesuatu yang positif apabila dilakukan sesuai dengan kadarnya. Sebab, sesuatu yang dilakukan dengan berlebihan tentu akan mendatangkan kerugian, bukan?

Jadi, ada kalanya kamu boleh mengalah pada orang lain, tapi tetap ingat batasan. Sebab kebiasaan mengalah yang melebihi porsinya bisa membuat hubunganmu dengan orang lain menjadi gak berkembang bahkan toxic.

Baca Juga: Tegas Itu Harus, tapi Ini 5 Konsukuensi kalau Kamu Gak Mau Mengalah 

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya