Comscore Tracker

5 Hal yang Sebenarnya Kamu Butuhkan Saat Terpuruk, Gak Selalu Dukungan

Karena kunci kebangkitan ada pada diri sendiri

Sebagai manusia, kamu tidak pernah bisa menghindari titik terpuruk dalam hidup. Masing-masing dari kamu pasti akan mengalaminya secara bergantian. Karena begitulah hidup, tak akan berwarna apabila hanya dihiasi kebahagiaan semata.

Saat berada di posisi tersebut, terkadang dukungan dari orang lain bisa saja terasa tidak berpengaruh. Kalimat motivasi, semangat, dan sebagainya tidak cukup membantu apabila kamu benar-benar berada di titik paling lelah dalam menghadapi kenyataan.

Pasalnya, memang bukan hanya dukungan saja yang kamu butuhkan dalam menjalani kondisi yang tidak baik-baik saja, melainkan lebih dari itu, seperti beberapa hal berikut yang selama ini mungkin gak kamu sadari.

1. Memahami bahwa semua orang pasti pernah berada di posisi yang sama denganmu

5 Hal yang Sebenarnya Kamu Butuhkan Saat Terpuruk, Gak Selalu Dukunganilustrasi merenung (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meski tidak mudah, namun sikap memahami bahwa setiap orang pasti pernah mengalami fase terpuruknya adalah tindakan yang sejatinya kamu butuhkan dalam kondisi tersebut. Hal demikian dapat membantu mengurangi kadar kesedihan maupun kekecewaan yang kamu alami.

Sebab, hal ini akan membuatmu tidak merasa sendirian. Bahkan bisa saja kamu termotivasi untuk bangkit dan berbenah apabila melihat mereka yang pernah terpuruk namun bisa membuktikan pada dunia akan kuliatas dirinya yang sebenarnya.

2. Menyadari bahwa kesedihan dan kekecewaan bukan sesuatu yang kekal

5 Hal yang Sebenarnya Kamu Butuhkan Saat Terpuruk, Gak Selalu Dukunganilustrasi orang tenang (pexels.com/Engin Akyurt)

Tidak ada yang bisa mengetahui kapan berakhirnya masa terpuruk dalam hidup. Tidak ada yang tahu pula rasa sedih dan kecewa itu akan bertahan sampai kapan. Namun yang perlu kamu yakinkan pada diri sendiri bahwa keduanya adalah sesuatu yang punya masa; punya batas waktunya.

Menyadari hal demikian sangat dibutuhkan supaya kamu gak tenggelam dalam keterpurukan sehingga kamu merasa memiliki harapan baru. Sebab semuanya pasti akan berganti dengan bahagia, asal kamu mau bersabar dan tidak menyerah pada keadaan.

Baca Juga: 5 Nasihat Ajaib Buat Kamu yang Kehilangan Semangat Hidup

3. Berusaha menentang pikiran negatif yang kerap bermunculan

5 Hal yang Sebenarnya Kamu Butuhkan Saat Terpuruk, Gak Selalu Dukunganilustrasi menghalau pikiran negatif (pexels.com/Stephan Seeber)

Berpikir positif dalam kondisi yang sedang rumit tentu bukan perkara mudah. Namun, tak dibolehkan pula pola pikir negatif mendominasi di kepalamu. Sebab hal demikian akan memperkeruh suasana sehingga kamu merasa semakin terpuruk atas masalah yang tengah menimpamu.

Jadi, berusahalah sedikit demi sedikit untuk menentang pikiran negatif yang kerap bermunculan. Sebab jika tidak diatasi maka hal itu akan menjadi akar dari munculnya sikap pesimis. Jika sudah demikian, tentu akan sulit bagimu keluar dari masalah, bukan?

4. Memaafkan diri sendiri kemudian menerima kenyataan saat ini

5 Hal yang Sebenarnya Kamu Butuhkan Saat Terpuruk, Gak Selalu Dukunganilustrasi memeluk diri sendiri (pexels.com/Dhemer Gonçalves)

Sejatinya, kamu butuh untuk memaafkan diri dan menerima kenyataan saat berada di titik terpuruk hidup ini. Sebab keduanya akan mencegahmu untuk menyalahkan keadaan serta mampu membuat kamu ikhlas dengan apa yang sudah terjadi.

Dengan begitu, kamu lebih damai dalam menjalani kenyataan yang mungkin menurutmu tidak berpihak. Namun percayalah, akan selalu ada balasan besar bagi orang-orang yang sabar dan ikhlas dalam menjalani ketentuan dariNya.

5. Melakukan afirmasi positif yang ditujukan pada diri sendiri

5 Hal yang Sebenarnya Kamu Butuhkan Saat Terpuruk, Gak Selalu Dukunganilustrasi wanita merenung (pexels.com/George Shervashidze)

Saat kamu sedang berada pada titik terpuruk, maka yang mampu menyelamatkanmu adalah dirimu sendiri. Meski orang lain berkali-kali memberimu dukungan atau semangat, namun jika dirimu gak punya dorongan untuk berubah, berbenah, atau berusaha, tentu kamu gak akan bisa bangkit, bukan?

Untuk itu, lebih baik kamu perbanyak mengucapkan kalimat berupa dukungan, motivasi, dan sebagainya yang ditujukan untuk dirimu sendiri. Sebab hal tersebut mampu jadi afirmasi positif yang sangat ampuh bagimu untuk melalui proses hidup yang tidak mudah.

Terkadang dukungan atau semangat dari orang lain tidak bisa diharapkan sepenuhnya. Ada yang memang terasa membantu, ada pula yang justru bisa membuat keadaan semakin memburuk apabila mereka tidak memahami dan mengerti kondisimu. Sehingga baiknya kamu menyadari bahwa sejatinya kelima hal tersebut adalah memang yang kamu butuhkan saat berada di kondisi terpuruk. 

Baca Juga: 5 Channel YouTube Bangkitkan Semangat Hidup, Termovitasi!

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya