Comscore Tracker

Hidup Gak Melulu Validasi, 5 Hal Positif yang Dirasakan ketika Sadar

#IDNTimesLife Validasi dari diri sendiri sudah cukup, kok

Dewasa ini banyak orang seolah menjadikan hidup sebagai ajang perlombaan dalam mendapatkan pengakuan orang lain. Tanpa kamu sadari, hal tersebut membuatmu lelah lantaran mencari kepuasan yang sebenarnya tak berujung. Karena pada dasarnya, pengakuan atau validasi dari diri sendiri sudah cukup, kok. 

Beruntung bagi kamu yang paham bahwa validasi dari orang lain memang tak bisa dikendalikan. Berbahagia pula untuk kamu yang sadar sekaligus tak lagi mengejar kebahagiaan melalui validasi orang lain. 

Ketika kamu sadar, beberapa hal positif mulai akan dirasakan, kok. Seperti di bawah ini, apakah kamu sudah mulai merasakannya?

1. Mampu mencintai diri sendiri

Hidup Gak Melulu Validasi, 5 Hal Positif yang Dirasakan ketika Sadarilustrasi orang senang (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Menyadari bahwa mengharapkan pengakuan dari orang lain adalah hal sia-sia, merupakan langkah awal bagi dirimu untuk menerapkan self love.

Secara tidak langsung, kesadaran itu membuatmu lepas dari hal semu dan mampu berpikir secara realistis. Kesadaran itu pula menjadi bukti bahwa kamu mampu menghargai diri sendiri secara utuh untuk mencapai kedamaian dalam hidup.

2. Lebih fokus pada hal yang menjadi tujuan hidup

Hidup Gak Melulu Validasi, 5 Hal Positif yang Dirasakan ketika Sadarilustrasi orang fokus (unsplash.com/George Gvasalia)

Ketika kamu menyadari bahwa hidup punya banyak persoalan masing-masing, tak melulu berpusat pada pengakuan semata, maka saat itu juga kamu bisa memandang hidup ini dengan perspektif yang lebih luas.

Kamu akan memahami jika ada banyak hal di dalam hidup yang butuh perhatian. Salah satunya mengenai tujuan hidup, yang mana hal itu terlihat lebih nyata dan menjanjikan.

3. Terhindar dari keinginan untuk menjadi yang terbaik dalam segala hal

Hidup Gak Melulu Validasi, 5 Hal Positif yang Dirasakan ketika Sadarilustrasi orang ikhlas (pexels.com/Anna Tarazevich)

Setiap manusia tentu punya kelebihan dan kekurangan. Namun, orang yang haus akan pengakuan tak mengindahkan hal tersebut lantaran selalu ingin menjadi yang terbaik. Mereka ingin diakui sesuai dengan apa yang ia mau. 

Maka, bersyukurlah bagi kamu yang menyadari betapa sia-sianya bersikap demikian, karena kamu terhindar dari rasa lelah akibat bertumpu pada sesuatu yang mustahil.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Butuh Support Orang Lain untuk Wujudkan Mimpi 

4. Memberikan kesempatan pada orang-orang yang tulus untuk masuk ke hidupmu

Hidup Gak Melulu Validasi, 5 Hal Positif yang Dirasakan ketika Sadarilustrasi orang bahagia (pexels.com/Lina Kivaka)

Mencari kepuasan dalam hal pengakuan layaknya sebuah perasaan adiktif yang tanpa kamu sadari akan terus menginginkannya. Sehingga kamu cenderung mau melakukan segala hal demi mencapainya.

Saking fokusnya dirimu dalam memikirkan hal tersebut, membuatmu lupa pada orang-orang tulus yang memiliki cara tersendiri untuk mengakui keunggulanmu,. Mereka tanpa kamu sadari selalu bisa melihat kehebatanmu, terlepas kamu berada di kondisi buruk sekali pun. 

5. Mendapatkan kedamaian hidup dengan rasa syukur

Hidup Gak Melulu Validasi, 5 Hal Positif yang Dirasakan ketika Sadarilustrasi orang bersyukur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Melakukan sesuatu hanya demi diakui adalah sebuah proses yang tak pernah ada habisnya. Akan ada rasa tidak puas yang terus menghantui. Dengan menyadari hal tersebut toxic, maka kamu akan mendapat rasa damai dalam hidup lantaran terlepas dari tekanan serta mampu memaknai arti bersyukur.

Mari renungkan kembali, ada berapa banyak waktu, tenaga, dan pikiran yang harus kamu buang dengan percuma hanya demi mendapatkan sebuah pengakuan.

Lebih baik, pertahankan kualitasmu secara utuh tanpa mengubahnya, tanpa harus mengharapkan apa pun yang ada di luar kendali. Karena bahagia yang sesungguhnya tercipta dari diri sendiri, bukan dari orang lain. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Seorang yang Bahagia Justru Gak Butuh Pengakuan Orang

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya