Comscore Tracker

Ingat 5 Nasihat Ini Saat Kamu Gak Bisa Memaafkan Kesalahan Diri

Semua berawal dari penerimaan

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, entah kesalahan kecil yang disengaja atau tidak, maupun kesalahan besar yang bahkan diri sendiri pun belum sanggup untuk memaafkannya. Namun ketahuilah, apabila kamu gak bisa memaafkan kesalahan tersebut, ia akan selalu menghantui hari-harimu dan membuat hidupmu gak damai.

Sehingga, apabila kamu terjebak pada kesalahan yang sulit untuk dilupakan, maka kamu perlu segera mengatasi hal tersebut. Yuk, maafkan diri sendiri dengan cara memahami dan merenungkan kelima nasihat berikut.

1. Ketahuilah, bahwa setiap orang pasti punya kesalahan masing-masing

Ingat 5 Nasihat Ini Saat Kamu Gak Bisa Memaafkan Kesalahan Diriilustrasi seorang wanita (pexels.com/Prateek Katyal)

Kamu gak sendiri ketika pernah melakukan kesalahan. Pasalnya, setiap orang pasti pernah berada di posisi tersebut. Karena sejatinya, manusia itu tempatnya salah. Jadi, kamu gak perlu merasa bahwa dirimulah sosok yang paling bersalah.

2. Cara terbaik untuk berdamai dengan kesalahan adalah dengan mengakuinya

Ingat 5 Nasihat Ini Saat Kamu Gak Bisa Memaafkan Kesalahan Diriilustrasi wanita (pexels.com/Vlada Karpovich)

Seringnya, orang lebih memilih untuk menyangkal sebuah kesalahan yang dilakukannya. Hal tersebut didorong oleh ketidaksiapan untuk menerima risiko atas kesalahan itu atau mungkin takut terjebak di dalamnya hingga gak bisa melupakan kesalahan tersebut.

Sebenarnya, solusi terbaik adalah dengan menerima dan berdamai terhadap kesalahan itu. Dengan kamu mengakuinya, maka setidaknya ada perasaan tentram yang menyelimuti hatimu. Sehingga kamu gak dihantui oleh rasa bersalah yang mengusik hari-harimu.

Baca Juga: 5 Sikap Bijak agar Bisa Memaafkan Orang yang Gak Minta Maaf

3. Setiap kesalahan yang kamu lakukan pasti tersimpan hal baik di baliknya

Ingat 5 Nasihat Ini Saat Kamu Gak Bisa Memaafkan Kesalahan Diriilustrasi wanita merenung (pexels.com/Min An)

Cobalah untuk tidak memandang sebuah kesalahan hanya dari satu sisi saja. Meski kesalahan itu datangnya dari kekeliruan atas sikap atau perbuatanmu, namun pasti selalu ada hikmah di balik peristiwa itu. Bahwa kesalahan itu seolah menjadi pengingat bagimu agar tidak terjerumus pada hal yang sama di kemudian hari.

4. Menerima kesalahan artinya kamu sedang memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk belajar

Ingat 5 Nasihat Ini Saat Kamu Gak Bisa Memaafkan Kesalahan Diriilustrasi wanita merenung (pexels.com/Pixabay)

Memandang kesalahan sebagai sesuatu yang buruk hanya akan membuatmu semakin terpuruk. Lebih baik ubah mindset kamu, bahwa kesalahan gak melulu mendatangkan hal-hal yang negatif semata.

Sebab, saat kamu mau menerimanya, artinya kamu sedang membuka kesempatan pada diri sendiri untuk belajar dari kesalahan itu. Sehingga, nantinya kamu bisa melihat hal-hal baik yang diajarkan dari kesalahan tersebut.

5. Pernah melakukan kesalahan bukan berarti kamu orang yang tidak baik

Ingat 5 Nasihat Ini Saat Kamu Gak Bisa Memaafkan Kesalahan Diriilustrasi wanita merasa bersalah (pexels.com/Thnh Phng)

Takaran mengenai baik atau buruknya seseorang gak bisa hanya dilihat dari faktor salah dan benarnya semata. Sehingga, saat kamu pernah melakukan kesalahan bukan berarti kamu orang jahat hingga merasa tidak pantas mendapat kata maaf dari orang lain, bahkan diri sendiri.

Salah itu wajar, yang keliru adalah mereka yang enggan menjadikan kesalahan itu sebagai pembelajaran. Jadi, kesalahan yang pernah kamu lakukan bukan berarti dapat menghapus segala kebaikanmu.

Terlepas dari besar kecilnya suatu kesalahan yang pernah kamu lakukan, menerima diri sendiri tetaplah menjadi suatu keharusan. Jangan sampai kesalahan-kesalahan itu menumpuk dan terbengkalai begitu saja karena nantinya bisa menjadi trauma. Mari belajar mencintai diri sendiri dengan menerima segala kesalahan dan kekurangan. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Kesalahan ala Kim Seon Ho di Hometown Cha-Cha-Cha

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya