Comscore Tracker

5 Kunci agar Kamu Bisa Menikmati Momen yang Terjadi Saat Ini

Hadirkan diri seutuhnya dalam setiap waktu

Setiap orang pasti pernah melakukan kegiatan sehari-hari, namun tanpa menghadirkan diri sendiri secara utuh. Bukankah hal demikian membuat hidup ini terlalu lelah untuk dijalani?

Seringnya kamu terbiasa memikirkan beragam hal dalam satu waktu. Entah mengenai kenangan yang sudah berlalu atau masa depan yang sibuk dikhawatirkan. Lalu kamu menjadi tidak fokus, pikiran tidak hadir sepenuhnya, bahkan lupa untuk menikmati waktu yang ada. Imbasnya, semua terasa melelahkan dan pikiran terasa penuh seolah tiada habisnya.

Untuk mengatasi hal demikian, maka kamu perlu menerapkan konsep mindfulness untuk dapat menikmati momen yang terjadi saat ini. Berikut hal yang harus kamu terapkan sebagai kunci keberhasilan dari mindfulness.

1. Berusaha berdamai dengan perasaan tidak nyaman dalam diri

5 Kunci agar Kamu Bisa Menikmati Momen yang Terjadi Saat Iniilustrasi memeluk diri (pexels.com/Yana Moroz)

Lepaskan semua yang mengganggu hati dan pikiran. Berikan kesempatan pada diri sendiri untuk berdamai terhadap apa yang telah terjadi. Karena dengan hal itu kamu bisa menjalani hidup tanpa beban, tanpa memikirkan hal yang seharusnya tidak diperlukan.

Berdamai dengan ketidaknyamanan sebagai upaya menata kembali pikiran agar tidak penuh dan berantakan. Sebab kamu berhak mendapat ketenangan untuk bisa menikmati apa yang kamu lakukan saat ini.

2. Sudahi penyesalan di masa sebelumnya yang masih terbawa sampai saat ini

5 Kunci agar Kamu Bisa Menikmati Momen yang Terjadi Saat Iniilustrasi seorang wanita (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apa yang telah terjadi adalah bagian dari ketetapan dalam hidup. Sudahi penyesalan dalam diri. Karena sekuat apapun kamu ingin mengubahnya, yang sudah berlalu tak bisa dikembalikan.

Maka untuk membuat pikiran kembali fokus, lepaskan beban penyesalan itu. Lebih baik maksimalkan momen dan waktu saat ini supaya kamu bisa melakukan upaya terbaik agar penyesalan itu tidak terulang di kemudian hari.

Baca Juga: 5 Kiat Sederhana agar Kamu Tak Mudah Kecewa, Hidup Lebih Mindfulness!

3. Jangan terlalu khawatir dengan hari esok karena hal itu bukan kendalimu

5 Kunci agar Kamu Bisa Menikmati Momen yang Terjadi Saat Iniilustrasi berpikir (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Sejatinya masa depan adalah sebuah misteri. Tidak ada orang yang bisa memprediksinya dengan tepat. Karena hal tersebut bukan kuasa dirimu untuk melakukannya, maka jangan terlalu mengkhawatirkan hal tersebut.

Jika saat ini kamu melakukan usaha terbaik, maka hari esok pun akan mengikutinya. Kuncinya adalah bisa memanfaatkan momen saat ini. Apabila kamu saja tidak fokus, bagaimana bisa mengharapkan masa depan yang baik sesuai dengan harapan?

4. Tanamkan dalam diri bahwa apa yang terjadi saat ini belum tentu terulang lagi di kemudian hari

5 Kunci agar Kamu Bisa Menikmati Momen yang Terjadi Saat Iniilustrasi wanita melamun (pexels.com/cottonbro)

Pastikan kamu menikmati momen saat ini tanpa terganggu dengan pikiran-pikiran yang lain. Karena boleh jadi masa sekarang tak akan terulang dua kali. Meskipun di kemudian hari kamu mengalami hal serupa, pasti momennya akan berbeda.

Sehingga, belajarlah untuk fokus pada apa yang kamu lakukan sekarang supaya kedamaian dalam hidup dapat kamu rasakan tanpa beban pikiran yang mengganggu.

5. Tingkatkan rasa syukur dalam diri

5 Kunci agar Kamu Bisa Menikmati Momen yang Terjadi Saat Iniilustrasi bersyukur (unsplash.com/Amadeo Valar)

Bersyukurlah untuk semua hal yang telah terjadi dalam hidupmu. Meski pada sesuatu yang pahit sekalipun. Dengan begitu emosi dan pikiran terasa lebih tenang.

Tidak ada hal yang dikhawatirkan secara berlebihan karena kamu merasa cukup dengan apa yang dimiliki, dilalui, dan dijalani saat ini. 

Menikmati momen yang tengah terjadi dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Kamu hanya perlu sejenak meninggalkan semua hal yang mengganjal di pikiran kemudian fokus pada apa yang tengah kamu lakukan saat ini.

Rasakan kedamaian yang mengalir dalam jiwa karena yang sudah berlalu tak akan bisa kembali, begitu pun yang akan terjadi tak bisa sepenuhnya diprediksi. Lebih baik nikmati momen saat ini sebelum ia berganti dengan yang lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Mindful Listening, Mendengarkan itu Ada Seninya

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya