Comscore Tracker

5 Tipe Orang yang Gak Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Catat!

Biar kamu gak terjebak di lingkungan yang toxic, mari cintai dirimu!

Pada dasarnya, setiap orang akan selalu hidup berdampingan antara satu sama lain. Hal tersebut mengacu pada hakikat manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan. Sehingga, kamu gak bisa hidup sendirian di dalam sebuah lingkungan tertentu.

Namun, perlu diingat pula, bahwa suatu lingkungan gak melulu membawa dampak baik untuk dirimu. Ada kalanya lingkungan pertemanan yang kamu miliki cenderung toxic, lantaran orang-orang di dalamnya kerap menjatuhkan mentalmu.

Berdasarkan hal tersebut, maka kamu perlu mengenali beberapa tipe orang yang gak baik untuk kesehatan mentalmu. Agar kamu gak terjebak dalam hubungan yang gak sehat, sehingga kamu bisa fokus pada orang-orang yang memang tulus dan selalu mendukungmu dalam setiap kondisi.

1. Mereka yang abai dengan pendapat maupun perspektif yang kamu suarakan

5 Tipe Orang yang Gak Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Catat!ilustrasi dua perempuan mengobrol (pexels.com/Mikhail Nilov)

Tipe orang pertama yang gak baik untuk kesehatan mentalmu adalah orang yang gak mau mendengarkan semua pendapat maupun perspektif yang kamu utarakan. Hal tersebut dikarenakan mereka cenderung menganggap bahwa pendapatnya yang paling benar. Atau bisa saja, dikarenakan mereka menyepelekanmu, sehingga segala pendapatmu gak akan dipertimbangkan olehnya.

Padahal, setiap orang boleh menyuarakan pandangannya, setiap orang juga butuh didengarkan. Jika kedua hal itu terabaikan, tentu akan meninggalkan luka bagimu. Sehingga ke depannya, kamu bisa saja takut untuk mengekspresikan apa yang ada di pikiran.

2. Mereka yang enggan mengakui segala emosi atau perasaanmu

5 Tipe Orang yang Gak Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Catat!ilustrasi perempuan menolak (pexels.com/Trung Nguyen)

Setiap emosi perlu validasi atau pengakuan. Baik itu marah, rasa sedih, atau perasaan lainnya yang cenderung tidak mengenakkan. It's okay untuk merasakan itu semua, tandanya kamu masih normal menjadi manusia.

Namun terkadang, lingkunganmu belum memahami hal tersebut. Sehingga mereka meremehkan segala perasaanmu, lantaran mereka menganggap bahwa kesedihan maupun emosi lainnya yang pernah mereka alami jauh lebih berat dari yang kamu rasakan.

3. Mereka kerap menghindar jika kamu minta tolong

5 Tipe Orang yang Gak Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Catat!ilustrasi dua orang yang tidak satu tujuan (pexels.com/Liza Summer)

Kamu telah berusaha untuk selalu ada bagi mereka yang membutuhkan. Namun, ketika kamu di posisi tersebut, alih-alih membantu, justru mereka menghindar. Bukankah itu tindakan yang gak wajar? Sehingga sah-sah saja apabila kamu merasa kesal terhadap mereka. Sebab, ini bukan soal pamrih, namun tentang bagaimana menjadi manusia yang memanusiakan sesama.

Sehingga, ketika kamu mendapati lingkungan dengan tanda-tanda seperti itu, maka jangan ragu untuk berjarak dari mereka. Sebab, jika diteruskan maka kamu akan merasa lelah sendiri.

Baca Juga: 5 Bahaya ketika Ambisimu Sudah Kelewatan, Malah Toxic!

4. Mereka senang menyalahkanmu terhadap hal yang di luar kendali

5 Tipe Orang yang Gak Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Catat!ilustrasi seorang perempuan disalahkan (pexels.com/nappy)

Orang dengan tipe seperti poin keempat ini tidak layak berada di sekelilingmu. Sebab, mereka gak bisa mendukungmu, justru memperburuk keadaan ketika kamu sedang mengalami suatu masalah.

Misalnya, saat kamu gagal meraih apa yang kamu inginkan. Bukannya memberi semangat, justru mereka cenderung menyalahkanmu atas kegagalan yang sebenarnya gak bisa kamu kontrol sepenuhnya, yang sebenarnya juga bukan salahmu secara keseluruhan.

5. Mereka yang gak suka melihat kamu bahagia

5 Tipe Orang yang Gak Baik untuk Kesehatan Mentalmu, Catat!ilustrasi dua perempuan (pexels.com/Trung Ngunyen)

Dalam hidup ini, akan selalu ada orang-orang yang tidak suka denganmu. Mereka yang ingin melihatmu jatuh, susah, bahkan tidak bahagia, atau berharap kamu tidak lebih berhasil darinya. Sehingga, mereka akan berusaha menghambat dirimu, misalnya dengan kata-kata yang membuatmu merasa down.

Maka, ada baiknya kamu mengenali tipe-tipe orang yang tidak menyukaimu, agar kamu bisa segera melakukan tindakan kepada mereka. Supaya kamu gak terpengaruh dengan sikapnya yang bisa membuat mentalmu berantakan.

Kesehatan mental sudah semestinya masuk ke dalam daftar prioritas di hidupmu. Sehingga dengan begitu, kamu mampu mengeliminasi orang-orang toxic yang gak bisa membuatmu berkembang, namun justru menjatuhkan. Sebab, kamu layak untuk bahagia dengan berada di lingkungan yang berisi orang-orang positif. Semangat!

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Seorang Toxic Perfectionism, Gak Toleran!

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya