Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Pahami tentang Pencapaian dalam Hidup

Supaya kamu dapat memaknainya dengan tepat

Setiap orang pasti punya keinginan dan tujuan dalam hidupnya. Hal tersebut membuatmu terdorong untuk terus melakukan sesuatu sebagai bentuk dari usaha menggapainya. Namun, seiring dengan proses itu, kita kerap lupa tentang makna dari pencapaian hidup yang sebenarnya.

Bahwa ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, yakni sesuatu yang berada di bawah kendali maupun di luarnya. Hal itulah yang dapat mempengaruhi proses maupun hasil dari pencapaian. Maka, paham baik-baik kelima hal berikut supaya kamu bisa memaknainya dengan lebih bijak.

1. Jangan terlalu memaksakan diri dalam mencapai sesuatu

5 Hal yang Harus Kamu Pahami tentang Pencapaian dalam Hidupilustrasi berpikir mendalam (pexels.com/Karolina Grabowska)

Semua hal yang dipaksakan tentu tidak akan membawa kebaikan. Boleh jadi target yang kamu tetapkan dalam hidup tak disesuaikan dengan kapasitas yang dimiliki. Sehingga, kamu mengharuskannya untuk tercapai meskipun kemampuan diri tidak memenuhi.

Terkadang kamu perlu memperhatikan hal tersebut. Karena jika terlalu memaksakan, alih-alih keberhasilan yang diraih, justru kehancuran secara perlahan. Jadi pastikan tujuanmu sudah selaras dengan kemampuan dan kapasitas diri dalam mencapainya.

2. Memiliki ekspektasi yang sejawarnya terhadap hal yang ingin dicapai

5 Hal yang Harus Kamu Pahami tentang Pencapaian dalam Hidupilustrasi merenung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Mimpi boleh saja tinggi. Namun, kamu harus tetap kontrol ekspektasi terhadap mimpi itu supaya tidak berlebihan. Artinya, jangan mengharapkan sesuatu dengan begitu dalam lalu menggantungkan bahagia pada hal tersebut.

Sebab ekspektasi yang berlebih hanya akan membuatmu kecewa. Lebih baik, ciptakan pencapaian itu secara step by step dengan mengesampingkan ekspektasi. Karena di dunia ini masih ada hal-hal yang berada di luar kendali.

Baca Juga: Arrival Fallacy, Saat Pencapaian Hidup Tak Membuatmu Bahagia

3. Selalu ada waktu yang tepat untuk suatu pencapaian

5 Hal yang Harus Kamu Pahami tentang Pencapaian dalam Hidupilustrasi seorang wanita (pexels.com/Jonas Svidras)

Setiap pencapaian pasti memiliki cerita perjalanannya masing-masing. Artinya setiap orang punya waktu yang berbeda-beda untuk sampai pada titik itu. Jadi jangan merasa terburu-buru atau tertinggal dari yang lain.

Nikmati saja proses itu dan lakukan semua upaya terbaik. Sebab perjuangan yang kamu kerahkan tentu sepadan dengan hasil yang akan kamu dapatkan. Percayalah, selalu ada waktu yang 'tepat' bagi setiap orang dalam mencapai sesuatu.

4. Apapun yang telah kamu capai sejauh ini, jangan lupa untuk disyukuri

5 Hal yang Harus Kamu Pahami tentang Pencapaian dalam Hidupilustrasi bersyukur (pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Daripada terlalu mengkhawatirkan hal-hal yang akan terjadi ke depan, lebih baik untuk saat ini tingkatkan rasa syukur terhadap apapun yang telah kamu capai. Bahkan untuk hal sederhana sekalipun.

Dengan rasa syukur itu, akan bertambah nikmat yang kamu dapat nantinya. Sebab, pencapaian yang kamu dapat hingga detik ini tak lepas dari campur tangan Tuhan. Maka, apresiasi hal itu dengan memupuk rasa syukur dalam diri. Hal itu juga pasti akan berpengaruh pada pencapaian atau target kamu selanjutnya.

5. Target yang belum tercapai bukan berarti kamu gagal

5 Hal yang Harus Kamu Pahami tentang Pencapaian dalam Hidupilustrasi wanita (pexels.com/Min An)

Kamu tidak gagal apabila saat ini belum mencapai hal yang diinginkan. Ketika kamu bersedia untuk tetap berusaha, maka itu bukan gagal, hanya saja Tuhan memiliki rencana lain yang lebih indah. Maka, pastikan kamu tidak berputus asa. Sebab memilih untuk tetap melanjutkan perjuangan juga bagian dari pencapaian diri yang tidak banyak orang memilikinya.

Ketika kamu mampu memahami kelima hal tersebut, maka dalam menjalani hidup ini kamu akan merasa damai dan tenang. Sebab tak ada yang perlu dikhawatirkan bahkan ditakutkan.

Memiliki keinginan tentu hal yang wajar, namun sudah semestinya kamu dapat mengolahnya dengan baik. Karena setiap hal dalam hidup punya porsinya masing-masing. Tugas kamu adalah menjalaninya dengan terus menunjukkan upaya terbaik dalam diri. Semangat meraih mimpi, ya!

Baca Juga: 6 Hal Sederhana yang Bikin Orang Iri padamu, Bukan Pencapaian Hidup

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya