Comscore Tracker

5 Hal yang Kerap Menghambat Seseorang untuk Berubah Jadi Lebih Baik

Apakah kamu merasakan salah satunya?

Terkadang kita berada dalam fase seolah hidup terasa stagnan, tidak ada perubahan yang terjadi. Atas dasar hal tersebut, kita pasti tentu memiliki keinginan untuk segera berbenah guna membuat perubahan ke arah yang lebih baik dari saat ini.

Namun, tak jarang kita merasa begitu berat untuk melakukannya. Dengan beragam alasan yang ada mampu menghambat niatan dalam diri kita untuk segera melangkah ke arah yang lebih baik, seperti halnya lima sikap berikut.

1. Belum memiliki alasan yang kuat untuk melakukan perubahan

5 Hal yang Kerap Menghambat Seseorang untuk Berubah Jadi Lebih Baikilustrasi merenung (pexels.com/Mikhail Nilov)

Untuk melakukan suatu perubahan, baik perubahan dalam skala besar maupun kecil, tentu diperlukan dorongan di baliknya. Ketika kamu belum terdorong untuk melakukan hal tersebut, maka selama itu pula kamu akan kesulitan untuk mulai berubah.

Karena berbicara 'aku akan berubah' itu sangat mudah, namun bagaimana dengan tindakannya? Maka dibutuhkan alasan yang kuat supaya kamu segera tergerak, bukan hanya dari perkataan namun juga dengan perbuatan.

2. Masih terjebak dengan zona nyaman

5 Hal yang Kerap Menghambat Seseorang untuk Berubah Jadi Lebih Baikilustrasi wanita merenung (pexels.com/Thành Đỗ)

Rutinitas yang kamu lakukan saat ini terasa biasa saja, seolah tidak ada tantangan di dalamnya. Namun kamu merasa betah dengan kondisi demikian. Maka berhati-hatilah, pasalnya hal tersebut dapat membuatmu terjebak dengan zona nyaman.

Imbasnya, kamu enggan melakukan perubahan di kemudian hari. Sebab kamu merasa aman dengan situasi tersebut tanpa memberikan tantangan baru untuk masuk yang padahal itu dapat membantumu berposes menjadi sosok yang lebih baik lagi.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Pahami agar Jadi Pribadi yang Berani Berubah

3. Mudah putus asa ketika dihadapkan dengan tantangan

5 Hal yang Kerap Menghambat Seseorang untuk Berubah Jadi Lebih Baikilustrasi merasa ingin menyerah (pexels.com/Pixabay)

Sebuah perubahan tentu diperlukan perjuangan. Tidak ada perubahan yang mudah, karena hasilnya adalah membentuk diri menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sehingga, sebuah hal yang wajar apabila kamu menemukan tantangan dalam prosesnya. Namun, niat dalam diri seseorang untuk berubah jadi lebih baik bisa saja terhambat karena perasaan mudah putus asa. Seolah ingin menyerah saat kerikil itu terasa menyulitkan langkah.

4. Tidak memiliki sosok yang bisa jadi panutan dalam proses perubahan

5 Hal yang Kerap Menghambat Seseorang untuk Berubah Jadi Lebih Baikilustrasi merasa sedih (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kendala lainnya yang kamu alami saat ingin berubah jadi lebih baik adalah ketidakhadiran sosok yang bisa menjadi panutan. Seringnya, sosok tersebut dapat dijadikan motivasi atau dorongan untuk mencapai apa yang kamu lakukan. Maka jika tidak ada, hal itu cenderung membuatmu kebingungan dalam menentukan arah perubahan.

Maka yang harus kamu lakukan adalah berusaha menemukan sosok inspiratif tersebut. Setidaknya ia bisa menjadi acuan agar kamu tidak salah langkah untuk ke depannya.

5. Tidak sabar dalam menjalani proses yang setiap orang tentu berbeda-beda

5 Hal yang Kerap Menghambat Seseorang untuk Berubah Jadi Lebih Baikilustrasi wanita murung (pexels.com/Nguyen Lam)

Perubahan untuk menjadi lebih baik memang bukan hal yang mudah. Karena jika mudah, setiap orang pasti akan berhasil tanpa ditempa oleh tantangan dan rintangan. Sehingga, semuanya butuh proses yang setiap orang tentu berbeda-beda dalam menjalaninya.

Namun terkadang, hal demikian dapat memicu perasaan tidak sabar dalam berproses. Hal tersebut akan membawa pada sikap membanding-bandingkan. Dari situlah yang seringnya menghambat keinginan untuk berubah dari diri seseorang.

Meski perubahan itu tidak mudah, jangan sekalipun untuk menyerah. Sebab, berubah secara bertahap jauh lebih baik daripada tidak sama sekali. Tetap hargailah proses, karena hasil yang akan kamu dapat sepadan dengan perjuangan yang tak kenal lelah itu.

Baca Juga: 5 Alasan Tipe MBTI Kamu Berubah-ubah, Kok Bisa?

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya