Comscore Tracker

5 Rahasia Orang Bermental Tangguh Mengatasi Kesedihan, Cepat Bangkit!

Kamu salah satunya?

Setiap orang tentu pernah berada dalam fase terpuruknya masing-masing, sekalipun orang yang memiliki mental tangguh. Sehingga kamu jangan beranggapan jika karakter seperti itu gak pernah merasakan sedih, karena ia pun sama seperti orang pada umumnya.

Namun yang menjadi pembeda adalah ia bisa mengemas rasa sedih itu dengan baik, menjadikan luka itu sebagai pembelajaran supaya bisa bangkit dan kembali merasa bahagia.

Lantas apa saja ya kira-kira rahasia dari orang bermental tangguh dalam mengatasi kesedihannya? Yuk, simak beberapa hal berikut supaya kamu juga bisa belajar dari mereka. 

1. Memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk mencerna emosi

5 Rahasia Orang Bermental Tangguh Mengatasi Kesedihan, Cepat Bangkit!ilustrasi meredam emosi (pexels.com/Alan Retratos)

Orang yang memiliki mental tangguh cenderung memilih untuk menerima segala emosi yang hadir pada kondisi bersedih. Ia akan menikmati segala emosi yang mengikuti kesedihan dengan tanpa menyangkalnya.

Baginya, berdamai dengan ketidaknyamanan itu akan membuat ia cepat pulih dari rasa sedih. Sebab kondisi demikian akan memungkinkan cepatnya proses identifikasi masalah sehinga dapat segera mengambil tindakan untuk penyelesaian.

2. Tidak menyalahkan kondisi

5 Rahasia Orang Bermental Tangguh Mengatasi Kesedihan, Cepat Bangkit!ilustrasi seorang wanita (pexels.com/Brett Sayles)

Salah satu cara yang dilakukan orang bermental kuat dalam mengatasi rasa sedihnya yaitu dengan tidak menyalahkan keadaan, takdir, ataupun orang lain.

Ia tahu betul bahwa apa yang dialaminya saat ini juga memungkinkan ada campur tangan dari kekeliruan yang dilakukan olehnya. Sehingga ia akan lebih memilih untuk fokus pada apa yang bisa dikendalikan. Kemudian menganggap bahwa kesedihan ini juga bagian dari proses hidup yang mampu mendewasakan.

Begitulah cara ia untuk bisa bangkit agar tidak merasa terpuruk dalam waktu yang lama.

Baca Juga: 5 Sikap ini Hanya Dimiliki oleh Perempuan Tangguh, Kamu Termasuk?

3. Berusaha untuk selalu mengontrol diri

5 Rahasia Orang Bermental Tangguh Mengatasi Kesedihan, Cepat Bangkit!ilustrasi memeluk diri sendiri (pexels.com/Dhemer Gonçalves)

Ada banyak respons yang bisa dihasilkan oleh setiap orang dalam menangapi kesedihan dalam hidup. Bagi orang bermental tangguh, ia cenderung mampu mengatur pikirannya. Dalam hal ini, adalah mengontrol diri supaya tidak melakukan sesuatu yang ada di luar kendali ketika sedang ditimpa kesedihan.

Sehingga, sikap yang demikian mampu mencegah terjadinya hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Dengan begitu, masalah juga tak akan berkepanjangan sehingga proses move on pun cenderung berlangsung cepat.

4. Tidak mendramatisasi keadaan

5 Rahasia Orang Bermental Tangguh Mengatasi Kesedihan, Cepat Bangkit!ilustrasi wanita bermental tangguh (pexels.com/Philip Justin Mamelic)

Orang yang bermental kuat gak akan pernah mendramatisasi keadaan saat ia sedang dalam kondisi penuh duka. Meski kesedihan ia alami, tak berarti ia harus menangis setiap saat tanpa henti. Justru ia berusaha untuk mengekspresikan emosi itu sesuai dengan prosinya agar kesedihannya tidak berlarut-larut.

Sebab, melebih-lebihkan kondisi yang terjadi hanya akan membuat kamu mengasihani diri sendiri. Hal itu memungkinkan bagi kamu kehilangan rasa keyakinan bahwa kamu bisa melewati kesedihan itu.

5. Berusaha untuk memandang sisi positif dari apa yang telah terjadi

5 Rahasia Orang Bermental Tangguh Mengatasi Kesedihan, Cepat Bangkit!ilustrasi wanita berpikir positif (pexels.com/Brendan Rühli)

Setiap kejadian yang ada di hidup ini hadir bukan tanpa alasan. Selalu ada hikmah indah di balik suatu peristiwa. Sekalipun terhadap hal-hal yang menyedihkan, pasti terselip pesan di baliknya yang bisa dijadikan pelajaran berharga untuk terus berproses ke depannya.

Begitulah cara pandang dari orang bermental kuat dalam menghadapi kesedihannya. Ia cenderung mampu mengontrol pikirannya agar selalu terpusat pada hal yang positif.

Beberapa cara mengatasi kesedihan seperti di atas memang bukan hal yang mudah. Namun, orang bermental tangguh pasti mampu melakukannya. Sebab, ia punya keinginan kuat dari dalam dirinya agar bisa bangkit untuk kembali menata diri.

So, apakah kamu termasuk tipe orang yang demikian dalam mengatasi rasa sedih?

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Mengunggah Kesedihan di Media Sosial, Cari Simpati?

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya