Comscore Tracker

5 Risiko jika Kamu Tidak Serius dalam Mengejar Mimpi

Awas, akibatnya gak main-main, lho!

Semakin dewasa, kamu akan semakin paham bahwa hidup harus memiliki tujuan atau mimpi yang hendak dicapai. Salah satu manfaat dari hal tersebut yaitu untuk menjadikan hidupmu lebih terarah serta punya masa depan yang indah. Sehingga kamu perlu mengejar mimpi, jangan hanya berangan-angan semata.

Namun, untuk mewujudkan mimpi tersebut juga dibutuhkan tekad yang kuat agar kamu mampu melewati tantangan dan hambatan untuk menuju puncak impianmu. Dengan begitu, kamu harus serius dalam berusaha mencapainya. Jika tidak, maka kamu harus siap menanggung risiko yang akan terjadi saat kamu setengah-setengah dalam prosesnya, seperti berikut.

1. Kamu dapat kehilangan arah hidupmu

5 Risiko jika Kamu Tidak Serius dalam Mengejar Mimpiilustrasi orang bingung (unsplash.com/Nick Karvounis)

Risiko seperti pada poin pertama ini jelas akan kamu alami jika tidak sepenuhnya berjuang dalam mengejar mimpi. Keyakinan yang tidak sempurna dalam proses meraih cita-cita akan melahirkan perasaan yang tidak tulus di dalamnya Ada kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam proses tersebut, misalnya, kamu ingin berhenti di tengah jalan lantaran ada rasa bosan atau kamu tiba-tiba ingin menyerah lantaran merasa tak mampu. Jika sudah begitu, tentu kamu berpotensi kehilangan arah hidupmu.

2. Kamu rentan meraya goyah dalam proses meraih mimpi

5 Risiko jika Kamu Tidak Serius dalam Mengejar Mimpiilustrasi orang murung (unsplash.com/Stacey Gabrielle)

Saat kamu tidak serius dalam mengejar mimpi, maka apa yang kamu lakukan akan setengah-setengah. Jika begitu, kamu bisa rentan merasa goyah di tengah-tengah proses perjuanganmu. Sebab rasa yakin yang hadir di dalam dirimu akan mimpi itu tidak tercipta sepenuhnya.

Jadi, tidak menutup kemungkinan untuk kamu berganti haluan pada mimpi lain. Imbasnya, kamu perlu memulai semuanya dari awal lagi. Bukankah yang demikian cukup menguras waktu dan tenagamu?

3. Kamu memandang kegagalan sebagai hambatan, bukan kekuatan

5 Risiko jika Kamu Tidak Serius dalam Mengejar Mimpiilustrasi orang pasrah (unsplash.com/Abbie Bernet)

Orang yang bersungguh-sungguh dalam memperjuangkan mimpinya cenderung merasa senang dengan tantangan. Bahkan, ia akan memandang bagian kegagalan sebagai tantangan yang harus diselesaikan yang nantinya akan menjelma menjadi kekuatan tersendiri. Lain halnya bagi kamu yang tidak mau berusaha keras mengejar impian. Bisa dipastikan kamu merasa terganggu dengan kegagalan yang kamu alami. Sehingga kamu cenderung menghindarinya atau bahkan bisa saja memilih untuk menyerah.

Baca Juga: Anti Kena Mental! 5 Quotes Ini Bikin Hidupmu Lebih Semangat 

4. Kamu cenderung kehilangan rasa semangat

5 Risiko jika Kamu Tidak Serius dalam Mengejar Mimpiilustrasi orang murung (unsplash.com/Stacey Gabrielle)

Mengejar mimpi tanpa keseriusan yang utuh tentu akan berdampak pada motivasi. Maka dapat dipastikan bahwa akibat dari hal tersebut yaitu berkurangnya semangat di dalam dirimu. Jika sudah begitu, risiko-risiko lain yang lebih besar dapat mengancammu. Misalnya kamu kerap dihampiri oleh rasa malas untuk melakukan aktivitas atau usaha yang mengarah pada impianmu.

5. Kamu berpotensi kehilangan mimpi yang dibangun olehmu

5 Risiko jika Kamu Tidak Serius dalam Mengejar Mimpiilustrasi orang sedih (unsplash.com/Gabrielle Henderson)

Puncak dari risiko yang akan terjadi apabila kamu tidak serius dalam mengejar mimpi yaitu kehilangan mimpi itu sendiri. Hal itu bisa disebabkab oleh beberapa faktor. Seperti rasa malas, kecenderungan ingin menyerah, rasa tidak yakin, tak ada keinginan untuk memulai, bahkan kamu tak bisa membaca kesempatan yang ada di dekatmu lantaran usaha yang kamu lakukan tidak begitu cukup. Akibat dari itu semua, kecil kemungkinan mimpi itu untuk tercapai, bahkan bisa saja hilang.

Mulai sekarang kamu harus mantapkan niat dan mulai bersungguh-sungguh untuk mencapai cita-citamu. Jangan menunggu masa tua datang, lantas kamu menyesal lantaran tak berusaha keras sejak dulu. Lebih baik bersakit-sakit saat ini, kemudian menikmati hasil kerja keras di kemudian hari. Ingat selalu, bahwa hasil tak akan menghianati usaha. Semangat, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Semangat Hidup Tiba-Tiba Hilang

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Do the best

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya