Comscore Tracker

Auto Bahagia, 5 Bukti Kamu Mampu Menjalani Hidup dengan Sebaik-baiknya

Selamat, ya!

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk bisa menjalani hidup ini dengan maksimal. Sebab, ada banyak faktor yang memengaruhinya. Salah satunya respons mereka dalam memahami hal-hal 'pahit' yang tak bisa dihindari di kehidupan ini.

Ada yang menjadikannya hal tersebut sebagai sebuah proses pendewasaan dan batu loncatan. Namun, tak jarang juga yang menganggapnya sebagai musibah menyakitkan.

Tak hanya itu saja, nyatanya ada beberapa tanda lain yang bisa menjadi bukti bahwa kamu sudah mampu menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya. Apa saja? Ini 5 tandanya!

1. Mampu mencintai hidup dengan sepenuhnya

Auto Bahagia, 5 Bukti Kamu Mampu Menjalani Hidup dengan Sebaik-baiknyailustrasi memeluk diri sendiri (pexels.com/Dhemer Gonçalves)

Kamu yang mampu mencintai hidup artinya sudah memahami, bahwa hakikat dari hidup ini adalah segala yang sudah terjadi dan tak bisa terulang kembali. Dengan kata lain, hidup ini hanyalah sekali.

Maka dari itu, sudah selayaknya dalam menjalani hidup harus dimaksimalkan dengan baik melalui cara mencintainya. Sehingga kamu mampu sepenuhnya menikmati hidup ini, tanpa memikirkan hal-hal yang berada di luar kendalimu.

2. Selalu memiliki pandangan positif terhadap setiap hal

Auto Bahagia, 5 Bukti Kamu Mampu Menjalani Hidup dengan Sebaik-baiknyailustrasi perempuan menatap ke luar ruangan (pexels.com/Dids)

Menjalani hidup dengan sebaik-baiknya berarti kamu tidak memberikan kesempatan pada mindset negatif untuk masuk ke dalam ruang pikirmu. Sebab, kamu paham bahwa sudut pandang negatif hanya akan memperburuk segalanya, juga tidak ada yang bisa didapat dari hal tersebut. Sehingga, sikap optimis akan selalu terpancar dari dalam dirimu.

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Merasa Malas dan Gak Termotivasi dalam Menjalani Hidup

3. Mampu mengatur waktu dengan baik

Auto Bahagia, 5 Bukti Kamu Mampu Menjalani Hidup dengan Sebaik-baiknyailustrasi mengerjakan sesuatu (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu yang mampu menjalani hidup ini dengan baik adalah dibuktikan dengan kemampuanmu dalam mengatur waktu. Kamu cenderung menghargai setiap momen yang dimiliki, sehingga mampu menyeimbangkan antara setiap urusan.

Dengan begitu, jarang ada penyesalan yang kamu alami lantaran merasa kurangnya waktu untuk melakukan suatu aktivitas dan lain sebagainya.

4. Tidak takut untuk mencoba hal baru

Auto Bahagia, 5 Bukti Kamu Mampu Menjalani Hidup dengan Sebaik-baiknyailustrasi hiking (pexels.com/RF._.studio)

Bukti lainnya jika kamu benar-benar memanfaatkan hidup ini dengan baik adalah dengan mengambil setiap kesempatan yang datang kepadamu.

Pasalnya, orang yang terus mencoba lebih memiliki peluang besar untuk menuju pada hal-hal yang mereka inginkan. Hal tersebut tentu berbeda dengan mereka yang gak mau mencoba dengan dalih takut gagal.

Setidaknya, akan ada banyak pengalaman yang bisa kamu dapat di tengah proses itu meskipun nanti hasilnya belum selaras dengan harapan. Justru proses itulah yang mampu mendewasakan dan memberikan afirmasi positif terhadap dirimu.

5. Terlibat dalam kegiatan yang positif dan bermanfaat

Auto Bahagia, 5 Bukti Kamu Mampu Menjalani Hidup dengan Sebaik-baiknyailustrasi menanam pohon (pexels.com/Mikhail Nilov)

Ketika kamu tahu bagaimana menjalani hidup dengan baik, maka kamu akan memilih untuk melibatkan diri pada hal-hal yang positif dan punya value tersendiri. Misalnya dengan terus menekuni hobi atau terjun ke dalam masyarakat untuk menjadi seorang volunteer.

Rasa bahagia ketika bisa bermanfaat bagi sekitar itulah yang gak bisa dinilai dengan materi semata. Setidaknya, kamu juga telah mencoba untuk keluar dari kebiasaan yang membuang waktu dan hanya berujung sia-sia.

Saat kamu mampu memiliki kelima hal tersebut dalam dirimu, maka dapat dipastikan bahwa hidupmu akan penuh suka cita.

Sebab, lima hal baik itu yang mampu memberikan warna baru dalam hidup, mendorong kamu untuk berkembang, serta memberikanmu kenyamanan dalam menjalani hidup yang penuh ketidakpastian ini.

Selamat, karena kamu sudah berada di jalur yang tepat. Pertahankan dan jaga terus semangatnya!

Baca Juga: 5 Langkah Atasi Emotional Numbness agar Tak Mati Rasa Menjalani Hidup

Izah Cahya Photo Verified Writer Izah Cahya

Menulis untuk menghidupkan -do the best- ig : @izahcahya_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya