Comscore Tracker

5 Tips Membersihkan Alat Pemanggang Roti, Cepat dan Gampang Banget

cara membersihkan pemanggang roti yang cepat dan mudah

Toaster atau pemanggang roti menjadi salah satu alat yang wajib kamu miliki, khususnya kamu yang tinggal di perkotaan. Sebab, alat ini akan memudahkan kamu membuat roti panggang praktis untuk sarapan di pagi hari.

Namun, masih banyak orang yang tidak memperhatikan kebersihan pemangganganya. Jika terus-menerus tidak dibersihkan, pemanggang roti akan cepat rusak. Agar pemanggang roti lebih awet, sebaiknya kamu mulai membersihkannya. Dikutip dari thespruce, berikut tips membersihkan pemanggang roti yang bisa kamu coba.

1. Cabut kabel dan dinginkan pemanggang roti

5 Tips Membersihkan Alat Pemanggang Roti, Cepat dan Gampang Bangetunplug (unsplash.com/Kelly Sikkema)

Sebelum kamu membersihkan pemanggang roti, pastikan untuk mencabut kabelnya. Hal ini wajib diperhatikan agar saat membersihkan nanti tidak ada sengatan listrik.

Setelah kabel pemanggang dicabut, tunggu hingga pemanggang benar-benar dingin. Setelah itu, pemanggang roti siap untuk dibersihkan. 

2. Keluarkan sisa remahan roti

5 Tips Membersihkan Alat Pemanggang Roti, Cepat dan Gampang Bangetmembersihkan Pemanggang (dok. Anna Cadena via thespruce.com)

Pindahkan pemanggang roti ke tempat yang dekat dengan tong sampah atau wastafel. Jika alat pemanggang memiliki baki bagian bawah yang bisa dilepas atau bagian bawah yang terbuka, buka bagian tersebut dan keluarkan remahan roti dengan kuas kue.

Buang semua sisa remahan roti ke dalam tong sampah atau wastafel. Balik alat pemanggang dan keluarkan sisa remahan yang masih ada lalu masukkan ke tong sampah.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Alat Makeup dengan Bahan Dapur, Gampang Kok!

3. Buatlah larutan pembersih

5 Tips Membersihkan Alat Pemanggang Roti, Cepat dan Gampang Bangetilustrasi sabun cuci piring (pexels.com/Ron Lach)

Tak harus membeli larutan khusus untuk membersihkan alat pemanggang. Kamu hanya perlu menyiapkan air hangat yang dicampur dengan sabun pencuci piring.

Jika pemanggang memiliki baki yang bisa dilepas, rendam baki di dalam larutan pembersih dan gosok dengan spons atau serbet. Kemudian, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap atau tissu dapur.

4. Bersihkan remahan roti bagian dalam

5 Tips Membersihkan Alat Pemanggang Roti, Cepat dan Gampang Bangetmembersihkan Pemanggang (dok. Anna Cadena via thespruce.com)

Setelah baki bagian bawah alat pemanggang dilepas dan dibersihkan, selanjutnya bersihkan bagian dalam pemanggang. Bersihkan remahan roti dengan kuas kue hingga bersih.

Jika masih ada remahan roti yang sulit dibersihkan kamu bisa menggunakan sikat untuk membersihkannya, siakt pelan-palan agar tidak ada bagian alat pemanggang yang rusak. Terakhir keluarkan semau sisa remahan roti dan buang ke tong sampah.

5. Bersihkan bagian luar pemanggang

5 Tips Membersihkan Alat Pemanggang Roti, Cepat dan Gampang Bangetilustrasi membersihkan (dok. Getty via realhomes.com)

Celupkan spons ke dalam larutan pembersih, lalu peras, usapkan ke bagian luar pemanggang. Kemudian, celupkan spons ke dalam air bersih lalu usapkan kembali pada bagian luar pemanggang untuk menghilangkan sisa sabun. 

Selain menggunakan larutan air dan sabun cuci piring, kamu bisa menggunakan larutan soda kue dan sabun cuci piring untuk membersihkan bagian luar alat pemanggang. Hasilnya akan mengkilap seperti baru, terakhir pasang kembali baki bagian bawah pemanggang.

Cukup mudah bukan membersihkan alat pemangggang roti? Yuk, segera bersihkan alat pemanggang di rumahmu. Jangan lupa untuk membersihkannya seminggu sekali supaya tetap awet dan bersih.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membersihkan Alat Pemanggang, Seperti Apa?

Izam Lisa Photo Verified Writer Izam Lisa

Time to shine

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya