Comscore Tracker

5 Alasan Kedewasaan Membuatmu Semakin Banyak Mendengarkan

Bahagia dalam diam adalah kebahagiaan yang sempurna

Kedewasaan selalu menjadi bukti adanya proses peningkatan kualitas diri. Dengan kedewasaan kamu memiliki cara pandang yang lebih luas. Bukan hanya tentang dirimu dan orang-orang dalam jangkauanmu.

Semakin dewasa, banyak hal yang akan berubah dari dalam dirimu. Salah satunya adalah kamu akan lebih banyak mendengarkan. Berikut 5 alasan kedewasaan membuatmu lebih banyak mendengarkan dibandingkan banyak berbicara.

1. Kamu bahagia dengan apa adanya dirimu

5 Alasan Kedewasaan Membuatmu Semakin Banyak Mendengarkanilustrasi perempuan sedang berdiskusi (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Kedewasaan membuatmu menemukan kunci kebahagiaan.  Bahagia hanya bisa kamu ciptakan dari dalam dirimu sendiri, bukan dari komentar atau pujian orang lain.

Saat kamu mampu menciptakan kebahagiaan sendiri, kamu tidak lagi menghabiskan waktu untuk menunggu validasi orang lain. Dewasa membuatmu tidak banyak mengeluh namun sebaliknya. Menjadi pendengar bagi mereka yang masih sulit menemukan kebahagiaan.

2. Kamu merasa lebih beruntung daripada orang lain

5 Alasan Kedewasaan Membuatmu Semakin Banyak Mendengarkanilustrasi suasana diskusi (pexels.com/SHVETS production)

Kedewasaan membuatmu mendapati kehidupanmu jauh lebih baik dibandingkan banyak orang di luar sana. Kedewasaan ini membuatmu hadir menjadi pendengar atas segala persoalan hidup mereka.

Kedewasaan membuatmu banyak memberi dengan segala yang terbaik yang kamu miliki. Dengan hadir banyak mendengarkan, kamu merasa sudah sedikit mengurangi beban hidup mereka.

Baca Juga: 5 Sikap yang Membuktikan Kamu Belum Dewasa, Masih Manja?

3. Kamu paham bahwa banyak persoalan hidup hanya perlu dihadapi dengan kesabaran

5 Alasan Kedewasaan Membuatmu Semakin Banyak Mendengarkanilustrasi dua perempuan sedang ngobrol (pexels.com/John Diez)

Semakin dewasa kamu semakin menyadari, bahwa banyak persoalan hidup tidak perlu dikomentari dan diceritakan pada orang lain. Terkadang persoalan hanya butuh dihadapi dalam diam.

Sebab alasan ini, kamu memilih memberikan batasan, hal-hal yang bisa diketahui orang lain. Sikap ini membuatmu lebih nyaman dan bebas menjalani hidup.

4. Kamu merasa tidak penting menceritakan kehidupanmu

5 Alasan Kedewasaan Membuatmu Semakin Banyak Mendengarkanilustrasi suasana diskusi (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Kedewasaan juga membuatmu sudah cukup dengan dirimu sendiri. Kamu mampu menciptakan bahagia dengan dirimu sendiri. Kamu mampu mengatasi kesedihan bersama dirimu sendiri.

Kedewasaan membuatmu merasa lebih penting hadir untuk orang lain. Masalahmu, sudah cukup dengan dirimu sendiri, tak perlu lagi menunggu bantuan orang lain.

5. Kamu menyadari bahwa hidup dalam keheningan lebih membuat nyaman

5 Alasan Kedewasaan Membuatmu Semakin Banyak Mendengarkanilustrasi perempuan sedang berpikir (pexels.com/Vlada Karpovich)

Banyak orang berpikir, bahwa keheningan selalu dekat dengan kesedihan. Akhirnya mereka memberikan standar bahagia, harus bersama orang lain. Padahal pada kenyataannya, semakin terbuka hidupmu pada orang lain, maka semakin tidak nyaman. Sebab, banyak orang yang terlibat di dalamnya.

Namun, kamu yang dewasa justru punya sudut pandang yang berbeda. Kebebasan dalam keheningan justru yang bisa menciptakan kenyamanan.

Banyak mendengarkan membuatmu bisa belajar banyak hal dari kehidupan orang lain. Bertumbuh dalam diam, jauh lebih mengagumkan daripada terpuruk dalam keramaian.

Baca Juga: 6 Ciri Sindrom Peter Pan, Orang Dewasa dengan Kelakuan Anak Kecil

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya