Comscore Tracker

5 Tips agar Sepi Gak Bikik Kamu Lemah dan Terpuruk

Ada bahagia dalam penerimaanmu terhadap kesedihan

Perasaan sepi tidak hanya hadir saat kamu sedang sendiri. Namun, terkadang perasaan alami manusia ini juga hadir di saat kamu berada di tengah keramaian.

Saat hal ini terjadi, kesepian yang kamu rasakan bukan tentang faktor dari luar dirimu, namun, lebih banyak disebabkan oleh beragam penyebab yang timbulnya dari dalam dirimu sendiri. Sebagai manusia biasa, tak bisa dipungkiri jika dalam beberapa momen tertentu jiwa kita bisa terasa kosong.

Berikut ini lima tips mengatasi perasaan sepi agar ia tidak berkembang menjadi perasaan yang lebih buruk. Langsung simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Kondisi yang sepi bisa kamu gunakan untuk beristirahat

5 Tips agar Sepi Gak Bikik Kamu Lemah dan Terpurukilustrasi wanita sedang berbaring (pexels.com/Ivan Samkov)

Jika perasaan sepi hadir saat kamu benar-benar sendiri, ini adalah saat terbaik untuk tubuhmu beristirahat. Sudah saatnya kamu melepaskan diri dari aktivitas dan rutinitas yang melelahkan dan fokus kepada dirimu sendiri untuk beberapa saat.

Menikmati waktu tidur yang cukup dan berkuaitas tentu akan sedikit membantu mengobati jiwa kamu yang sedang kelelahan.

2. Kesepian sebagai waktu introspeksi diri

5 Tips agar Sepi Gak Bikik Kamu Lemah dan Terpurukilustrasi pria sedang berpikir (pexels.com/cottonbro)

Keheningan terkadang membuatmu merasa sangat kesepian. Daripada berlarut-larut, momen hening yang kamu rasakan adalah waktu terbaik untuk melakukan refleksi atas diri sendiri.

Kesepian di kondisi ini bisa kamu gunakan untuk mengevaluasi seluruh sikap dan respon yang kamu berikan pada lingkungannmu. Keheningan ini juga merupakan saat terbaik untuk mengoreksi segala kesalahan sekaligus menemukan sisi terbaik dari dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Tanda Mantan Takut Kesepian, Dekat Tapi Gak Niat Balikan

3. Menonton film favorit

5 Tips agar Sepi Gak Bikik Kamu Lemah dan Terpurukilustrasi sedang menonton (pexels.com/Ron Lach)

Jika kesepian tiba-tiba hadir menyapa, salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah menonton tayangan favoritmu. Jika di waktu normal kamu tidak punya waktu untuk itu, kini saatnya untuk menikmatinya.

Berikan waktu sejenak untuk jiwamu bersantai dan menikmati waktu sendiri. Sebisa mungkin jangan biarkan kesepian dan kesendirian menjadi alasan untuk kamu tidak bisa berbahagia dengan dirimu sendiri.

4. Berlibur

5 Tips agar Sepi Gak Bikik Kamu Lemah dan Terpurukilustrasi wanita liburan (pexels.com/Te lensFix)

Kesepian terkadang hadir saat kamu terlalu membatasi pandanganmu hanya di sekitar lingkungan sempit yang ada di hadapanmu. Jika sudah seperti itu, berarti ini waktu yang pas untuk kamu menikmati perjalanan ke tempat baru, bisa sekedar liburan singkat atau solo traveling ke tempat baru.

Mengeksplorasi keindahan alam atau tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya akan membantumu melepaskan segala sekat yang membuat jiwamu terpenjara. Jangan takut melangkah, karena kebahagiaan itu pasti ada untukmu.

5. Menjadi relawan kegiatan sosial

5 Tips agar Sepi Gak Bikik Kamu Lemah dan Terpurukilustrasi kegiatan sosial (pexels.com/RODNAE Productions)

Perasaan sepi tidak berarti kamu hanya bisa meratapi dan membuat jiwamu terpuruk. Jika perasaan ini benar-benar tidak bisa kamu kendalikan, berarti ini saatnya membuka diri.

Bukalah mata dan manfaatkan keistimewaanmu untuk hal-hal yang jauh lebih bermanfaat. Menjadi relawan pada kegiatan-kegiatan sosial bisa jadi cara istimewa untuk membagikan sepercik energi positif dari dalam dirimu.

Demikian lima tips untuk mengatasi kesepian. Tips ini tidak sepenuhnya bisa membantumu apabila kamu sendiri tidak berani melawan sepi itu sendiri. Jangan hanya terfokus pada apa yang kamu bisa lihat, banyak hal yang lebih indah sedang menantimu jauh di luar sana, kok! Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Membuatmu Merasa Kesepian Meski Hubunganmu Terbilang Baru

Januar Lestari Photo Verified Writer Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya