Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Memberi Penghargaan pada Pencapaian Diri

Berikan yang terbaik untuk dirimu sebelum pada orang lain

Kamu selalu fokus pada orang lain, akhirnya kamu lupa akan kebutuhan dirimu sendiri. Seperti orang lain, dirimu pun butuh apresiasi lebih atas apa yang telah kamu dapatkan.

Apresiasi pada diri sendiri, tidak hanya membuatmu semakin bertumbuh namun akan memberikan banyak hal positif bagi lingkunganmu. Berikut lima alasan, mengapresiasi diri sendiri juga sangat penting kamu lakukan.

1. Jika bukan dari kamu, siapa lagi yang akan peduli?

5 Alasan Kamu Harus Memberi Penghargaan pada Pencapaian DiriIlustrasi wanita bekerja. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu tidak peduli pada dirimu sendiri, adakah orang lain yang benar-benar akan peduli? Jika tidak dimulai dengan mencintai diri sendiri, akankah kamu bisa mencintai orang lain?

Memberikan apresiasi pada dirimu sendiri sangat penting, juga menjadi prioritasmu. Segala hal baik, wajib bermula dari caramu memberikan tempat istimewa bagi kerja kerasmu sendiri. Jika kamu berhasil dengan diri sendiri, kamu baru bisa berhasil dengan hubungan di luar dirimu.

2. Memberimu kepercayaan diri

5 Alasan Kamu Harus Memberi Penghargaan pada Pencapaian Diriilustrasi sedang bekerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Memberikan apresiasi pada perjuanganmu sendiri, secara langsung mempengaruhi kepercayaan dirimu. Semakin kamu tahu kemampuanmu, kamu semakin yakin menempatkan diri.

Kepercayaan diri hanya bisa tumbuh dari keyakinan pada kualitas diri, dan ini hanya bisa hadir saat kamu mengenali dirimu secara utuh. Mengapresiasi diri bukan hanya membuatmu lebih bahagia, namun untuk lebih mengenali dirimu jauh lebih dalam.

3. Lebih termotivasi terus belajar

5 Alasan Kamu Harus Memberi Penghargaan pada Pencapaian Diriilustrasi suasana diskusi (pexels.com/Canva Studio)

Penghargaan pada dirimu sendiri sangat penting. Semakin menghargai pencapaian dirimu, kamu akan semakin termotivasi untuk terus belajar. Kamu semakin bergairah untuk melakukan banyak hal baru.

Apresiasi pencapaian diri bisa menjadi awal, kamu menemukan keistimewaan dirimu sendiri. Kamu semakin mampu menempatkan dirimu di lingkungan yang positif dan mendukungmu bertumbuh semakin baik.

Baca Juga: 5 Kiat Menceritakan Pencapaian Diri Tanpa Terkesan Pamer

4. Kamu lebih mengapresiasi orang lain

5 Alasan Kamu Harus Memberi Penghargaan pada Pencapaian Diriilustrasi suasana diskusi (pexels.com/Artem Podrez)

Mampu menghargai pencapaian diri sendiri, membuatmu lebih mudah melakukan hal yang sama pada orang lain. Sebagaimana kamu menghargai kebutuhan dirimu, begitu juga caramu menempatkan diri dalam hidup orang lain.

Segala hal baik maupun hal buruk berawal dari caramu memperlakukan dirimu sendiri. Jika kamu bersikap baik pada dirimu sendiri, begitu juga yang akan kamu lakukan pada orang lain. Lebih menghargai kerja keras diri, membuatmu lebih menghargai orang lain.

5. Lebih memahami kekurangan diri sendiri

5 Alasan Kamu Harus Memberi Penghargaan pada Pencapaian Diriilustrasi sedang bekerja (pexels.com/Christina Morillo)

Mampu mengapresiasi diri sendiri, kamu akan menemukan kepercayaan diri. Kamu yakin batasan kemampuanmu sehingga mampu menempatkan diri.

Bukan hanya tentang hal-hal yang istimewa pada dirimu, namun kamu tahu betul kekurangan dirimu sendiri. Hal ini akan sangat membantumu dalam memberikan kompromi pada hal-hal yang memang di luar kendalimu.

Demikian lima alasan kamu wajib memberikan apresiasi pada pencapaian dirimu. Bukan hanya untuk dirimu, namun akan mempengaruhi caramu menempatkan diri di lingkungan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Atasi Rasa Tertinggal saat Melihat Pencapaian Orang Lain

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya