Comscore Tracker

Malas Bisa Membahayakan Jika Kamu Pelihara, Atasi dengan 5 Tips Ini

Masa muda gunakan untuk menemukan versi terbaikmu

Tidak ada orang yang bisa menghindari rasa malas, walaupun sekali dalam hidup. Rasa malas biasanya hadir setelah kelelahan terasa begitu berat.

Saat perjalanan terasa hanya jalan di tempat, kamu terkadang bersembunyi di balik kata istirahat padahal sesungguhnya kamu hanya malas.

Selama kamu melangkah, kamu jelas punya harapan untuk sampai di garis finish. Namun saat rasa malas kamu pelihara dan akhirnya menjadi kebiasaan, harapan masa depan semakin samar untukmu.

Berikut lima tips untukmu mengatasi rasa malas yang menghambatmu bertumbuh.

 

1. Bulatkan tekad dan tentukan tujuan yang jelas

Malas Bisa Membahayakan Jika Kamu Pelihara, Atasi dengan 5 Tips IniIlustrasu pria sedang berdoa (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Saat kamu melangkah memulai sebuah perjalanan, sejak awal kamu sudah memiliki tujuan dan arah langkah kamu menuju. Tujuan ini yang akan menguatkanmu menghadapi segala rintangan yang akan selalu hadir. Dalam perjalanan menuju tujuan, banyak kejutan-kejutan yang bisa membuatmu menyerah.

Dengan tekad yang bulat, semangatmu akan selalu maksimal, dan menganggap kegagalan sebagai hiasan perjalanan. Setiap kerikil tajam akan kamu singkirkan dan tidak menghambat perjalananmu. Rasa malas akan segan mendatangimu saat semangatmu terus membara.

 

2. Lakukan segalanya seolah-olah ini kesempatan terakhirmu

Malas Bisa Membahayakan Jika Kamu Pelihara, Atasi dengan 5 Tips IniIlustrasi pria sementara bekerja (pexels.com/Ron Lach)

Waktu yang berlalu tidak akan pernah bisa kembali. Kesempatan yang sudah kamu lewatkan tidak akan datang kembali dengan value yang sama. Setiap kesempatan yang kamu abaikan, menjadi kerugian besar yang kadang kamu anggap biasa.

Untuk menghindari rasa malas, kamu harus sadar bahwa kesempatan ini adalah kesempatan terakhirmu untuk mencapai hasil yang terbaik. Kamu harus menegaskan pada dirimu, kamu tidak akan punya waktu yang lain jika kamu melewatkan kesempatan ini. Jika waktu ini berlalu, kamu akan kehilangan segalanya.

 

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menekan Rasa Malas, Hilangkan Kebiasaan Menunda-nunda!

3. Ingat masa depan cerah gak didapat dari rebahan aja

Malas Bisa Membahayakan Jika Kamu Pelihara, Atasi dengan 5 Tips IniIlustrasi wanita sedang berbaring. (pexels.com/Ivan Samkov)

Kamu harus sadar bahwa semua orang sukses melalui perjuangan yang tidak mudah. Banyak yang kehilangan waktu santai, banyak yang jatuh terluka kemudian bangkit demi menggapai semua impian mereka. Tidak ada waktu yang mereka biarkan berlalu tanpa menghasilkan apa-apa.

Masa depan cerah gak ada dalam kamus mereka yang hanya tahu rebahan. Hanya penyesalan yang akan mereka dapatkan. Masa depan cerah hanya akan kamu temui dengan perjuangan tanpa lelah dan mengorbankan banyak kebebasan.

 

4. Ingat, semua orang akan berjuang untuk kebahagiaannya masing-masing

Malas Bisa Membahayakan Jika Kamu Pelihara, Atasi dengan 5 Tips IniIlustrasi suasana kerja. (pexels.com/cottonbro)

Bagaimanapun kamu memulai langkah bersama rekan-rekan yang akrab denganmu, akhirnya kamu akan sendiri. Sedekat apa pun kamu dengan mereka, tujuan akhir menjadi pembatas atas kebersamaan kalian. Saat kamu malas, mereka terus berlari dan akhirnya meninggalkanmu.

Jika kamu tetap memelihara rasa malas saat ini, kamu jelas akan semakin terpuruk sendiri. Rekan-rekanmu telah menikmati hasil dari perjuangan mereka. Sedangkan kamu masih saja terseok-seok dalam penyesalan telah mengabaikan banyak kesempatan.

 

5. Masa tua adalah kepastian

Malas Bisa Membahayakan Jika Kamu Pelihara, Atasi dengan 5 Tips IniIlustrasi bersama orangtua. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu mungkin merasa masih muda sehingga kamu sering memelihara rasa malas. Tapi kamu lupa, usiamu tidak pernah lebih muda. Setiap waktu yang terlewatkan, pertanda usiamu semakin merangkak dan waktu produktifmu semakin sempit. Jadi faktor usia seharusnya bisa membuatmu melawan rasa malas.

Masa tua selayaknya digunakan untuk menikmati hasil perjuangan masa muda. Saatnya benar-benar istirahat, tanpa ada lagi utang penyesalan masa lalu.. Waktu di mana kamu bisa tersenyum pada masa lalu yang sudah kamu lewati dengan baik.

Rasa malas selalu menjadi penghalang sebuah kesuksesan. Rasa malas menjadi musuh bagi semua kesempatan yang hadir padamu. Memelihara rasa malas, jelas membuatmu merencanakan penyesalan.

Tidak ada masa depan yang indah dari rasa malas. Sebelum terlambat, atasi sikap buruk ini dan gunakan kesempatanmu menjadi pribadi yang pantas, untuk masa depan cemerlang.

 

 

Baca Juga: 5 Hal ini Harus Kamu Jaga Konsistensinya, Jangan Malas! 

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya