Comscore Tracker

Belum Tahu Tujuan Hidup Kamu? 5 Tips Menemukan Passion

Temukan dan berikan yang terbaik

Semakin bertambahnya usia, kamu seharusnya sudah punya tujuan dari perjalananmu saat ini. Ke mana arah masa depan yang ingin kamu tuju. Namun, banyak mereka di usia kamu, ternyata mengalami persoalan yang sama. Belum tahu keinginan mereka sendiri.

Banyak yang telah kamu lewati, banyak aktivitas yang sudah kamu lakukan. Kamu sudah belajar banyak hal. Namun, lagi-lagi itu semua bukan tentangmu, tapi tentang kebahagiaan orang lain. Di usia ini, saatnya kamu menemukan jalan terbaik untuk masa depanmu. Kenali passion terbaikmu melalui lima tips berikut ini.

1. Aktivitas yang paling kamu sukai

Belum Tahu Tujuan Hidup Kamu? 5 Tips Menemukan PassionIlustrasi pria sementara bekerja. (pexels.com/Ron Lach)

Walaupun kamu termasuk pribadi yang tertutup, hanya fokus pada pekerjaan, fokus pada kebutuhan keluarga, kamu pasti punya banyak hal yang pengen banget kamu lakukan. Ya, hidup tidak melulu hanya untuk orang lain. Kamu pun diciptakan untuk membahagiakan apa yang sudah Tuhan berikan untukmu.

Coba pikirkan, aktivitas apa yang paling kamu sukai. Aktivitas di luar rutinitias harian, lho, ya. Aktivitas bukan terkait pekerjaan, bukan terkait tanggung jawab. Aktivitas yang membuatmu merasa bebas menjadi diri sendiri.

2. Konten yang paling sering muncul di beranda media sosial kamu

Belum Tahu Tujuan Hidup Kamu? 5 Tips Menemukan PassionIlustrasi membuka media sosial. (pexels.com/Kaboompics .com)

Siapa sih yang gak main media sosial saat ini? Pasti kamu pun menjadi bagian darinya. Salah satu cara mendeteksi passion kamu, coba perhatikan beranda media sosial kamu. Konten apa yang sering kamu baca dan muncul setiap saat.

Konten ini menjadi pertanda, hal itu adalah kegemaranmu. Informasi-informasi itu yang menjadi kesukaanmu. Ya, bisa jadi, hal-hal terkait itu yang sesungguhnya menjadi passion kamu.

Baca Juga: 5 Bedanya Hobi dan Passion, Jangan Salah Pemahaman, ya!

3. Apa yang ingin kamu lakukan tanpa terpengaruh validasi orang lain

Belum Tahu Tujuan Hidup Kamu? 5 Tips Menemukan PassionIlustrasi pria menyiapkan minuman. (pexels.com/Valeria Boltneva)

Dalam keseharian, kamu selalu disibukkan dengan banyak aktivitas yang melibatkan banyak orang. Kamu tidak bisa menghindari komentar dan validasi dari mereka. Karena seluruh aktivitasmu terkait pada penerimaan mereka.

Saatnya kamu renungkan, kegiatan apa yang kamu lakukan dengan penuh percaya diri. Kamu tidak pernah mendengarkan komentar orang lain. Kamu tidak membutuhkan penerimaan dari mereka untuk tetap bertahan pada hal itu. Jika kamu menemukannya, bisa jadi kegiatan ini menjadi bagian dari passion yang tepat untuk kamu fokuskan di masa depan.

4. Kegiatan apa yang membuatmu lupa pada waktu

Belum Tahu Tujuan Hidup Kamu? 5 Tips Menemukan PassionIlustrasi wanita sedang menggambar. (pexels.com/Yan Krukov)

Ketika kamu bertemu dengan sesuatu yang sangat kamu sukai, kamu akan melakukan apa pun untuk tetap memilikinya. Sesuatu yang bisa kamu katakan telah menjadi bagian dirimu, saat segalanya menjadi mudah saat kamu melakukannya.

Waktu menjadi terasa sangat singkat ketika kamu menghabiskan waktu mengerjakannya. Kamu bisa kehilangan kesadaran atas kehadiran orang lain jika kamu telah terbenam dalam kegiatanmu. Ya, bisa jadi, ini kegiatan yang cocok dengan kamu.

5. Kesibukan apa yang menjadi obsesimu di masa depan

Belum Tahu Tujuan Hidup Kamu? 5 Tips Menemukan PassionIlustrasi sedang bekerja. (pexels.com/Verschoren Maurits)

Saat kamu menyaksikan kesuksesan rekan atau seseorang yang kamu kenal dekat, terkadang hadir impian yang sama dalam benakmu. Semoga suatu saat nanti, aku bisa sukses seperti dia. Kalimat yang mungkin akan sering terbesit di pikiranmu.

Passion bisa jadi kamu temukan dari kata hatimu. Hati yang merindukan suasana yang membuatnya bahagia, nyaman dan bebas. Kamu jelas tidak perlu meragu, kata hati seharusnya bisa menjadi petunjuk jelas bagimu.

Banyak hal harus dipertimbangkan dengan logika. Namun kata hati tidak lantas kamu boleh abaikan. Saat kamu tidak bisa menemukan jawaban pada apa yang kamu lihat, temukan jawabannya pada hatimu sendiri. Karena semua kebahagiaan dan kenyamananmu bersumber dari sana. Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga: 5 Hal yang Buat Kamu Lama Menemukan Passion dalam Hidup, Perhatikan!

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya