Comscore Tracker

5 Alasan Berbohong Gak Bikin Kamu Terlihat Baik, Berubah Yuk!

Bohong adalah kezaliman nyata pada dirimu #IDNTimesLife

Menyembunyikan kebenaran dengan alasan tidak ingin mengecewakan orang terdekatmu kadang dianggap benar. Akhirnya membuat kamu menjadi biasa melakukannya. Namun, apa pun tujuannya kebohongan tetaplah kebohongan.

Kamu mungkin melihatnya terlihat baik saat ini, tapi kenyataannya kamu sedang menanti sebuah masalah besar. Besar kecilnya akibat yang akan kamu timbulkan dari kebohongan itu, pasti akan mendatangkan hal yang buruk untuk dirimu. Sebelum melakukannya, kamu harus mempertimbangkan lima hal ini.

1. Berbohong untuk menyenangkan sahabatmu justru buruk untuknya

5 Alasan Berbohong Gak Bikin Kamu Terlihat Baik, Berubah Yuk!Ilustrasi pertemuan bisnis. (pixabay.com/Joseph Mucira)

Memang benar, kamu akan memberikan kebahagiaan untuknya jika kamu menutupi sesuatu yang tidak dia sukai. Dia akan semakin menyukaimu saat kamu melindunginya dari kenyataan yang tidak sesuai harapannya. Dia akan semakin merasa baik bersamamu karena dia menemukan semua kenyamanan pada dirimu.

Tapi kamu harus tahu, ilusi yang kamu berikan padanya, semakin membuatnya tidak berkembang, dan semakin sulit memperbaiki diri. Kenyataan yang kamu sembunyikan, akan semakin membuatnya jauh dari hal positif, dan dia akhirnya kehilangan jati diri.

2. Kamu akan selalu terbebani

5 Alasan Berbohong Gak Bikin Kamu Terlihat Baik, Berubah Yuk!Ilustrasi pria menatap ke jendela. (pixabay.com/StockSnap)

Kamu menemukan situasi yang sulit yang membuatmu terjebak dalam kenyataan. Sebuah kondisi dimana hanya kamu yang mengetahui kebenarannya. Menghindar dengan tidak berkata jujur membuatmu terus dihantui rasa takut karena hawatir jika kebenaran itu terungkap dan orang di sekitarmu akan menganggapmu seorang pembohong.

Akhirnya, setiap detik kamu akan selalu merasakan kegelisahan yang sama. Walaupun kamu lakukan dengan alasan kebaikan, sebuah kebohongan akan tetap dianggap buruk oleh siapa pun.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Setiap Kejujuran akan Selalu Mendapatkan Apresiasi

3. Menyembunyikan kejujuran itu bak menyimpan bom yang setiap saat bisa merugikanmu

5 Alasan Berbohong Gak Bikin Kamu Terlihat Baik, Berubah Yuk!Ilustrasi konferensi bisnis. (pixabay.com/SNCR_GROUP)

Hari esok tidak pernah bisa dijamin arahnya. Kebenaran selalu saja mencari jalannya sendiri. Kamu harus berhati-hati karena saat ia terungkap kamu bisa kehilangan banyak hal. Terluka karena risiko dari sebuah kejujuran akan menghasilkan kelapangan yang baik untukmu.

Tidak ada kebaikan dalam sebuah kebohongan. Cepat atau lambat, ia akan selalu menjadi sesuatu yang siap melukaimu. Memang tidak banyak yang bisa menerima kebenaran saat kebenaran itu tidak sesuai harapannya. Namun dengan keberanian, kamu bisa menyajikannya sebagai hadiah untuk mereka yang kamu sayangi.

4. Kejujuran adalah harta paling berharga

5 Alasan Berbohong Gak Bikin Kamu Terlihat Baik, Berubah Yuk!Ilustrasi rekan kerja berdiskusi. (pixabay.com/Sanu A S)

Hubungan jenis apa pun di dunia ini fondasinya adalah kejujuran. Tidak ada satu pun manusia yang ingin diberikan harapan palsu. Kejujuran tetaplah sesuatu yang diinginkan oleh semua orang, walaupun di awal akan terasa pahit.

Siapa pun selalu bahagia dengan rekan, sahabat, teman yang apa adanya. Memang tidak semua akan berjalan mulus, namun menghindari kebohongan sekecil apa pun, jelas tidak pernah merugikanmu.

5. Kamu tidak lagi dipercaya

5 Alasan Berbohong Gak Bikin Kamu Terlihat Baik, Berubah Yuk!Ilustrasi wanita sedang menunggu. (pixabay.com/DanaTentis)

Sekali saja kamu diketahui berbohong, kamu jelas tidak akan dipercaya lagi. Kebohongan seperti gelas kaca yang sangat sensitif. Sekali retak, tidak akan bisa kembali utuh dan mulus seperti semula.

Menyenangkan orang lain adalah salah satu cara mempertahankan hubungan dan menjaga kebersamaan. Namun, menyenangkan dengan cara menutupi kebenaran adalah jelas sebuah kesalahan besar. Hubungan yang kamu bangun sangat rapuh dan hanya menunggu kehancurannya. Karena tidak ada hubungan yang kuat dalam sebuah kepalsuan!

Baca Juga: 5 Akibat Kamu Suka Tutupi Kebohongan Lewat Kebohongan Lainnya!

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya