Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Mood yang Mudah Berubah

Jangan selalu menyimpan bebanmu sendiri

Banyak hal yang mempengaruhi berubahnya mood. Hal yang wajar jika mood menjadi buruk saat mendapati situasi yang buruk. Sebaliknya mood juga akan baik, saat menghadapi kondisi yang baik. Mood tidak menjadi masalah, saat ia bereaksi sesuai kondisi yang terjadi.

Namun mood menjadi sesuatu yang merugikan, saat ia dengan mudah berubah tanpa kondisi yang nyata. Saat situasi ini terjadi, ini menjadi pertanda ada sesuatu yang salah, terjadi pada dirimu. Kamu bisa marah dalam kondisi yang baik-baik saja. Kamu bisa menangis tiba-tiba. Kamu menjadi sensitif pada hal-hal yang seharusnya bukan masalah. Berikut lima tips yang bisa kamu lakukan, jika mood tidak lagi bisa bersahabat.

1. Mengambil jeda

5 Cara Mengatasi Mood yang Mudah BerubahIlustrasi wanita menatap laut. (pixabay.com/Engin Akyurt)

Mood yang tidak bisa terkendali bisa jadi pertanda, kamu sedang dalam kondisi sangat kelelahan. Banyak aktivitas yang terus menerus menuntutmu selalu seratus persen, membuatmu tidak sadar kondisimu mulai tidak stabil. Mood yang tidak stabil bisa menambah beban baru jika kamu tidak segera mengatasinya.

Obat dari setiap kelelahan adalah beristirahat. Saatnya kamu sedikit mengambil jeda dari segala kesibukan yang menyita seluruh harimu. Ambil waktu istirahat sejenak, dan rasakan tubuhmu akan memberikan respons yang positif.

 

2. Fokuskan pikiranmu pada hal positif

5 Cara Mengatasi Mood yang Mudah BerubahIlustrasi makan bersama sahabat. (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Mood yang tidak stabil, lagi-lagi bisa merupakan efek kejenuhan dirimu atas semua aktivitas yang sama. Jenuh pada kegiatan yang sama terus menerus adalah hal yang wajar. Namun jangan sampai kejenuhan ini justru menghambat aktivitasmu.

Jika kejenuhan benar-benar kamu dapati, saatnya alihkan pikiran. Menoleh ke arah yang berbeda, bisa menjadi solusi sementara. Lakukan hal-hal positif lain yang bisa membuatmu sedikit rehat dari kejenuhan. Lakukan kegiatan yang membuatmu santai dan bisa membantumu memperbaiki mood yang tidak stabil.

 

3. Gunakan logika dibanding perasaanmu

5 Cara Mengatasi Mood yang Mudah BerubahIlustrasi dua wanita berdiskusi. (pexels.com/Karolina Grabowska)

Lebih banyak menggunakan perasaan dibandingkan logika terkadang menghasilkan sesuatu yang kurang baik untukmu. Menggunakan perasaanmu dalam mengambil sebuah keputusan justru menambah beban di hatimu. Perasaan hanya bisa kamu gunakan dalam kondisi tertentu, bukan pada kondisi yang akan menghadirkan resiko bagi banyak orang.

Moodmu kadang terganggu, karena perasaanmu selalu mendominasi dalam caramu menyelesaikan segala persoalan. Melibatkan perasaan dalam banyak hal, juga akan membuat moodmu menjadi buruk saat kamu tidak bisa mengambil keputusan, tidak bisa lagi memilih antara logika dan perasaanmu. Logika akan selalu menolongmu walaupun terasa berat di awal.

 

Baca Juga: 5 Tips Membangun Mood Positif di Pagi Hari, Tertarik Mencoba?

4. Bercerita pada orang yang tepat

5 Cara Mengatasi Mood yang Mudah BerubahIlustrasi persahabatan. (pexels.com/George Milton)

Mood yang mudah berubah-ubah menjadi pertanda bahwa kamu memang tidak baik-baik saja. Kamu sulit mengontrol perasaanmu. Kamu tidak lagi bisa menempatkan moodmu pada kondisi yang tepat. Kamu lebih mudah emosi justru pada hal-hal yang tidak perlu kamu pikirkan terlalu dalam.

Jika kamu tidak lagi menemukan solusi terbaik, saatnya kamu menemukan seseorang yang kamu percaya. Berbagi cerita padanya, setidaknya akan meringankan beban di hatimu. Sharing dengan seseorang membuat hatimu tidak lagi sesak dengan menampung seluruh beban sendiri.

 

5. Konsultasi pada pakar

5 Cara Mengatasi Mood yang Mudah BerubahIlustrasi suasana diskusi. (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Mood yang tidak stabil bisa menjadi masalah besar jika tidak kamu kendalikan. Kondisi yang menjadi berbahaya jika tidak kamu atasi. Jika empat tips di atas tidak lagi bisa membantumu, poin terakhir ini kamu harus perhatikan.

Kamu wajib menemui dan konsultasi dengan seorang profesional. Jika solusi tidak bisa kamu temukan dalam dirimu sendiri, tak lagi bisa menemukan pada sahabat dan keluargamu, seorang profesional akan sangat membantumu. Mood sangat penting untuk membuat kondisimu stabil, jadi jangan ragu untuk konsultasi dengan orang yang ahli.

Semakin dewasa seseorang semakin bisa mengelola mood. Namun ada masanya kamu akan menemukan kondisi, kamu benar-benar kehilangan kendali pada perasaanmu. Situasi ini jelas akan sangat berbahaya jika tidak kamu atasi. Lima tips di atas, semoga bisa membantu.

Baca Juga: 9 Buah Ini Bisa Jadi Alternatif untuk Meningkatkan Mood 

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya