Comscore Tracker

5 Hal yang Gak Boleh Berlebihan, Lakukan Secukupnya, ya

Lakukan sewajarnya, agar kamu tidak banyak menyesal

Manusia hidup bersama dengan banyak kebutuhan yang harus terpenuhi. Kekurangan beserta kelebihan melekat dalam diri mereka. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, terkadang kamu melakukan hal-hal secara berlebihan. Yang akhirnya berdampak buruk bagi dirimu, juga pada orang lain.

Sebelum dampaknya berakibat semakin buruk, kamu wajib mengenalinya lebih awal. Berikut lima hal diantara banyak hal yang gak boleh kamu lakukan secara berlebihan. Simak ulasannya.

1. Marah

5 Hal yang Gak Boleh Berlebihan, Lakukan Secukupnya, yailustrasi suasana bekerja (pexels.com/Yan Krukov)

Respons ini adalah reaksi yang kamu tunjukkan saat kamu merasa terluka atas ucapan orang lain. Saat kamu merasa terhina dengan sikap orang lain.

Marah dikatakan wajar, saat kamu melakukannya sebagai pembelaan diri dan menjaga kehormatan. Namun, tetap dilarang berlebihan. Karena saat kamu marah secara berlebihan, selalu ada penyesalan besar di akhir. Dan kembali, kamu yang akan dirugikan.

 

2. Mencintai

5 Hal yang Gak Boleh Berlebihan, Lakukan Secukupnya, yaIlustrasi pria memberi bunga. (pexels.com/vjapratama)

Mengapa kamu juga gak boleh mencintai secara berlebihan? Karena yang kamu cintai itu adalah manusia. Makhluk yang punya banyak kekurangan dan setiap saat bisa menghadirkan luka untukmu.

Mencintainya secara berlebihan, akan berdampak buruk bagi jiwamu. Jika di akhir dia menghadirkan duka, cinta yang terlalu dalam akan menyakitimu juga sangat dalam.

 

3. Tidur

5 Hal yang Gak Boleh Berlebihan, Lakukan Secukupnya, yailustrasi wanita sedang tidur (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Kebanyakan tidur bisa berdampak buruk pada dirimu. Banyak waktu terbaik terlewatkan karena kamu asyik bermalas-malasan dengan banyak tidur.

Banyak kesempatan berharga terlewatkan dan juga kesehatanmu bisa memburuk karena kurangnya aktivitas fisik. Tidur secukupnya wajib untuk kesehatanmu, namun saat ia kamu lakukan berlebihan, jelas berdampak sebaliknya.

 

Baca Juga: Mau Tidur Pulas? Hindari Olahraga 2 Jam Sebelum Tidur, Ini Alasannya!

4. Makan

5 Hal yang Gak Boleh Berlebihan, Lakukan Secukupnya, yailustrasi dua wanita sedang makan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebagaimana tidur, makan adalah kebutuhan wajib bagi tubuh. Konsumsi makanan yang tidak sehat dan asal-asalan akan berdampak buruk bagi kesehatan. Makan secara berlebihan pun, akan berdampak yang sama, tubuhmu menjadi tidak seimbang, dan kamu akan mengalami kesulitan beraktivitas.

Tidur dan makan, menjadi kebutuhan wajib bagi manusia. Namun, keduanya wajib kamu penuhi sesuai kebutuhan tubuhmu. Karena seperti yang kamu rasakan, tidur dan makan berlebihan akan berdampak buruk untuk kesehatanmu dan kepercayaan dirimu.

 

5. Membenci

5 Hal yang Gak Boleh Berlebihan, Lakukan Secukupnya, yailustrasi seorang wanita marah (pexels.com/Keira Burton)

Membenci selalu berdampingan dengan mencintai. Kata orang, kamu jangan terlalu membenci, karena benci bisa saja berubah jadi cinta. Orang yang sangat kamu benci, bisa menjadi seseorang yang akan sangat kamu cintai.

Harus ada keseimbangan dalam caramu menempatkan perasaan dan sikapmu. Sikap yang berlebihan dalam banyak hal, bisa memberikan pengaruh buruk untuk kesehatan dan membuat aktivitasmu terhambat.

Demikian lima hal yang gak boleh kamu lakukan berlebihan. Karena selamanya, sesuatu yang berlebihan itu selalu berdampak tidak baik. Bersikap sewajarnya dalam hal apa pun, adalah cara terbaik terus menjaga jiwa dan fisikmu dari hal-hal yang tidak kamu inginkan. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga: Ini 7 Akibatnya jika Kamu Terlalu Membenci Aturan, Gak Bisa Patuh

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya