Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Menjadi Prioritasmu, Jangan Sampai Lupa

Perhatikan prioritas hidupmu

Semakin bertambahnya usia, kamu akan sulit memilih hal-hal penting di antara banyak persoalan hidup yang membutuhkan atensimu. Semakin dewasa, kepentingan banyak orang menjadi jauh lebih penting dari kepentingan pribadimu. Semuanya mengalir sejalan dengan bertambahnya tanggung jawab dan kepercayaan padamu.

Namun, hal ini tidak boleh membuatmu abai pada kebutuhan dirimu sendiri. Jika bukan kamu yang peduli, jangan pernah berharap orang lain akan peduli. Orang lain akan fokus pada urusan dan kepentingannya masing-masing. Walaupun banyak hal yang menjadi perhatianmu, lima hal berikut, wajib tetap menjadi prioritasmu.

1. Kesehatan

5 Hal yang Wajib Menjadi Prioritasmu, Jangan Sampai LupaIlustrasi wanita tersenyum. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjadi yang pertama, kesehatan menjadi bagian penting dalam kehidupanmu, yang wajib menjadi prioritas. Banyak rencana yang ingin kamu tuntaskan, banyak kebaikan yang ingin kamu bagi. Namun tanpa fisik yang sehat, mental yang stabil, kamu tidak akan pernah bisa menghasilkan apa-apa.

Sibuk hadir untuk banyak orang, menebar hal-hal positif, jangan lantas membuatmu abai pada kesehatanmu. Jika kamu tidak menjaganya, kamu akan kehilangan semuanya. Sebelum terlambat, atur kembali waktumu, agar dirimu mendapatkan haknya, beristirahat.

2. Mengejar impian

5 Hal yang Wajib Menjadi Prioritasmu, Jangan Sampai LupaIlustrasi sedang bekerja. (pexels.com/fauxels)

Semakin dewasa tanggung jawab semakin berat. Kamu bukan lagi anak remaja yang terus mengharapkan pemberian dari orangtua. Bukan lagi anak kecil yang harus selalu dilindungi. Tidak layak lagi menjadi manja dan bergantung sepenuhnya pada orangtua.

Menunaikan tugas sebagai seorang anak, akan menghabiskan waktumu untuk mewujudkan dan membahagiakan orangtuamu. Namun, keinginan membahagiakan orangtua, tidak boleh membuatmu abai dalam mengejar impianmu sendiri. Sisihkan waktumu sejenak untuk kembali memikirkannya. Karena ini tentang masa depanmu, bukan masa depan orang lain, bahkan orangtuamu sekalipun.

Baca Juga: Wajar Kok, 5 Alasan Prioritasmu Berubah Seriring Berjalannya Waktu

3. Quality time bersama orang yang tepat

5 Hal yang Wajib Menjadi Prioritasmu, Jangan Sampai LupaIlustrasi duduk-duduk santai. (pexels.com/RODNAE Productions)

Fokus pada kebahagiaan orang lain, terus berupaya bekerja maksimal memenuhi kebutuhan orangtuamu, jangan sampai membuatmu lupa menikmati waktu berhargamu. Menjaga jarak sejenak dari kesibukan dan keseriusan dunia, akan menjagamu tetap waras.

Menciptakan waktu berhaga bersama seseorang yang kamu inginkan, bisa menjadi salah satu caramu menikmati kehidupanmu yang sebenarnya. Hal ini walaupun hanya sesekali, bisa menjadi caramu merehatkan pikiran dan jiwamu dari berbagai tekanan hidup. Berbagi cerita, menikmati hobby bersama, sesuatu yang akan menyenangkan hatimu di tengah kerasnya kehidupan.

4. Banyak berbagi

5 Hal yang Wajib Menjadi Prioritasmu, Jangan Sampai LupaIlustrasi wanita sedang berdiskusi. (pexels.com/Buro Millennial)

Manusia tidak akan bisa hidup tanpa kehadiran manusia lain. Kamu bisa memaknai kalimat ini sebagai sebuah hal wajib yang harus kamu prioritaskan dalam hidup. Bahwa banyak hal dalam hidup yang tidak akan bisa kamu lakukan sendiri. Banyak kebahagiaan yang justru dapat kamu temukan dalam kebahagiaan orang lain.

Berbagi bukan hanya tentang materi, namun tentang banyak hal. Bisa berupa sebuah bantuan sederhana, berbagi kebaikan hati, memberi senyuman, kehadiran, dan banyak hal-hal kecil lainnya. Hal kecil terlihat sederhana namun bisa mendatangkan kebahagiaan yang besar untukmu. Terus berbagi apa pun, sebagaimana kamu pun ingin mendapatkan hal yang sama.

5. Ibadah

5 Hal yang Wajib Menjadi Prioritasmu, Jangan Sampai LupaIlustrasi pria sementara berdoa. (pexels.com/Ali Arapoğlu)

Walaupun ditempatkan di posisi paling terakhir, ibadah menjadi salah satu hal paling penting dalam hidup. Sebagai seorang yang meyakini adanya Tuhan, kamu jelas akan memberikan prioritas paling penting dalam hal ibadah.

Ibadah bukan hanya tentang hubungan langsung dengan Tuhan. Namun bagaimana hubunganmu dengan segala ciptaanNya. Tidak bisa kamu mungkiri bahwa semakin dekat kamu dengan Tuhan, kamu akan merasakan kedamaian hidup. Kamu akan menemukan ketenangan sempurna, walaupun berbicara denganNya dalam sunyi. Dia, tempatmu kembali dengan segala kebahagiaan dan kegundahan.

Memiliki prioritas dalam hidup merupakan hal wajib. Kamu memiliki kebutuhan hidup yang berbeda, yang hanya kamu bisa dapatkan, jika kamu lebih peduli pada dirimu sendiri. Semua orang akan kembali fokus pada diri mereka sendiri, jadi jangan biarkan dirimu menderita sendiri dan membiarkan waktumu berlalu percuma.

Baca Juga: Galau dengan Pilihan Hidup? Yuk Cek Prioritasmu Di Sini!

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya