Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Pantas Banyak Mengeluh, Bukan Kamu Banget!

Yuk, jadi pribadi yang tangguh!

Menjalani aktivitas yang padat, kadang membuatmu merasa hidupmu begitu berat. Tanpa kamu sadari, kamu terus saja mengeluh dan menyesali kehidupan. Kamu melupakan banyak hal yang sudah kamu miliki.

Kelelahan membuatmu seperti manusia paling kurang beruntung. Kamu terus saja melihat kehidupan orang lain yang menemukan bahagia dengan mudah, tidak sepertimu. Daripada mengeluh, kamu lebih baik mencari cara agar selalu berterima kasih atas apa yang kamu punya.

1. Fisikmu sangat bugar

5 Alasan Kamu Gak Pantas Banyak Mengeluh, Bukan Kamu Banget!ilustrasi pria berjalan sendiri (pexels.com/Lukas Hartmann)

Lelah setelah menjalani hari yang padat merupakan kondisi yang biasa untukmu. Istirahat sejenak, kamu sudah bisa menemukan kembali kondisi terbaikmu. Apakah ini tidak menjadi sesuatu yang kamu syukuri?

Di saat banyak orang mengalami kesulitan dalam hidup dengan fisik yang tidak sempurna, kamu menikmati hal yang sebaliknya. Mereka bahkan harus menjalani hari-hari yang sangat sulit. Jadi melihat kondisi mereka, jelas kamu tidak pantas mengeluh!

2. Masih ada rumah untuk kembali

5 Alasan Kamu Gak Pantas Banyak Mengeluh, Bukan Kamu Banget!Ilustrasi pria sedang berbaring. (pexels.com/Tony Schnagl)

Kamu menemukan banyak masalah dalam rutinitasmu hari ini. Semuanya terasa sangat menyebalkan, membuatmu berpikir mengapa semua tampak sulit bagimu. Lagi, kamu menjadikannya alasan untuk kembali mengeluh.

Namun, setelah semua persoalanmu, kamu masih punya rumah untuk kembali. Kamu bisa sejenak rehat dari seluruh kesibukan, dengan beristirahat tenang di rumah. Bandingkan dengan mereka yang bahkan tidak punya tempat kembali. Apakah kamu pantas mengeluh? Sedangkan kamu jauh sangat beruntung dibandingkan mereka?

Baca Juga: 5 Bukti Kamu Masih Belum Bersyukur, Selalu Merasa Kurang

3. Gak pusing tentang hari esok

5 Alasan Kamu Gak Pantas Banyak Mengeluh, Bukan Kamu Banget!Ilustrasi wanita berbahagia. (pexels.com/Tim Douglas)

Hidup terasa sangat menjenuhkan dan membosankan bagimu. Hari yang sama, aktivitas yang sama, tidak ada sesuatu yang menarik perhatianmu lagi. Lagi, lagi, kamu menemukan alasan untuk mengeluhkan kehidupanmu.

Namun, di sisi yang lain, kamu masih bisa menikmati hidupmu. Segalanya masih terjamin. Selain memiliki rumah tempat kembali, kamu tidak pusing tentang hari esok. Kamu masih bisa menikmati makanan lezat, menikmati banyak kenyamanan. Dibandingkan dengan mereka yang terus berjuang sekadar untuk tidak kelaparan, apakah pantas kamu mengeluh?

4. Bisa tidur di atas kasur yang nyaman

5 Alasan Kamu Gak Pantas Banyak Mengeluh, Bukan Kamu Banget!Ilustrasi pria sedang tidur. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Lelah seharian bekerja, kamu bisa merehatkan fisikmu dengan beristirahat. Kamu bisa menikmati tidur nyenyak di atas kasur yang nyaman, kamar yang dilengkapi pendingin. Apa lagi yang membuatmu mengeluh?

Kamu coba saksikan mereka yang berjuang sangat keras untuk hidup. Jangankan sebuah kamar dan kasur yang nyaman, mereka sulit untuk makan, tidak memiliki tempat tinggal. Mereka hanya bisa menikmati semua kenyamanan itu dalam mimpi. Sedangkan kamu?

5. Ada sambungan internet, kamu bisa mendapatkan banyak hiburan

5 Alasan Kamu Gak Pantas Banyak Mengeluh, Bukan Kamu Banget!Ilustrasi membuka media sosial. (pexels.com/Kaboompics .com)

Saat ini segalanya bisa ditemui dengan mudah. Kamu bisa menikmati beragam hiburan dalam genggamanmu. Melalui handphone, kamu bisa menikmati layanan internet yang membuat segalanya jadi mudah untukmu.

Lagi, semua kenyamanan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Apakah pantas kamu masih saja mengeluh, setelah semua keberuntungan yang sudah kamu miliki saat ini? Apakah layak seseorang yang diberikan kemudahan dalam banyak hal, masih saja tidak tahu bersyukur?

Sesekali buka mata untuk melihat kenyataan kehidupan di sekelilingmu. Kamu akan tetap bisa bersyukur tanpa harus melihat orang yang lebih tidak beruntung dari kamu. Stop mengeluh, dan jalani hidup dengan lebih bersyukur!

Baca Juga: Syukuri 5 Hal Ini saat Kamu Mulai Mengeluh, Tanda Hidupmu Sehat!

Ari Lestari Photo Verified Writer Ari Lestari

Terbang bebas mengangkasa. Korespondensi bisa via sangperindu266@gmail.com :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya