Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Telah Menjadi Rekan Kerja yang Istimewa, Pertahankan!

Segala yang baik bisa bermula dari kamu, jangan ragu

Sebagai bagian dari lingkunga, segala perilaku yang kamu tampilkan akan memberikan pengaruh sekecil apa pun itu. Baik sebuah perilaku positif maupun pengaruh negatif.

Kondisi yang terjadi pada lingkunganmu sedikit banyak merupakan bagian dari tanggung jawabmu. Segala kebaikan yang kamu temui di sekitarmu juga tumbuh dari beberapa kebaikan kecil yang kamu perbuat. Kebaikan sederhana yang akan memberikan kedamaian dan kehangatan pada lingkunganmu.

Mungkin semua tampak biasa, namun jika kamu biasakan maka akan menular pada banyak jiwa. Termasuk di tempat kerja.

Berikut adalah tanda bahwa kamu telah menjadi rekan kerja yang istimewa.

 

1. Menepati janji

5 Tanda Kamu Telah Menjadi Rekan Kerja yang Istimewa, Pertahankan!Ilustrasi suasana di kelas. (pexels.com/Ivan Samkov)

Menepati janji bukan hanya perkara kepercayaan orang lain padamu. Tapi bagaimana orang lain meyakini bahwa menjaga kepercayaan adalah sesuatu yang baik. Di mana pun kamu berada, orang lain akan melakukan hal yang sama padamu, karena kamu telah mencontohkan hal itu pada mereka.

Dan sebagaimana mestinya, apa yang kamu berikan pada mereka, begitu pula yang akan mereka lakukan padamu.

Segala kebaikan bukan hanya sikapmu pada orang lain, tapi kedamaian yang tercipta dari kebiasaan baik itu.

 

2. Menghormati pendapat orang lain

5 Tanda Kamu Telah Menjadi Rekan Kerja yang Istimewa, Pertahankan!Ilustrasi sedang bekerja. (pexels.com/Christina Morillo)

Dalam aktivitas keseharian, kamu akan sering menemui berbagai perbedaan dengan banyak orang. Perbedaan pendapat menjadi salah satu perbedaan yang akan sering kamu temui.

Hal biasa yang banyak dilakukan adalah mempertahankan pendapat dan merasa paling benar. Namun melalui kerendahan hatimu, kamu bisa menebar pengaruh positif. Kamu menyadari bahwa setiap pendapat wajib didengar dan dihargai. Bahwa setiap orang punya potensi yang sama.

Sikap positif ini cepat atau lambat akan menghasilkan pola pikir lingkungan yang juga positif.

 

Baca Juga: 5 Sikap yang Membuatmu Disenangi Banyak Orang, Patut Dilakukan

3. Memberikan kesempatan berbicara pada orang lain

5 Tanda Kamu Telah Menjadi Rekan Kerja yang Istimewa, Pertahankan!Ilustrasi dua wanita duduk bersama. (pexels.com/Julia Larson)

Dalam sebuah diskusi, kamu terkadang menemukan seseorang yang ingin terus mendominasi pembicaraan. Dia tampak sangat egois sehingga rekanmu yang lain tidak mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Jelas ini adalah sikap yang buruk dalam hubungan sosial.

Seperti kamu punya hak untuk berbicara, orang lain pun, memiliki hak yang sama. Memberikan kesempatan berbicara pada orang lain, bukan hanya sebuah hal yang baik kamu biasakan. Namun merupakan cermin kualitas dirimu yang menghargai keberadaan orang lain.

 

4. Memberikan apresiasi pada pencapaian orang lain

5 Tanda Kamu Telah Menjadi Rekan Kerja yang Istimewa, Pertahankan!Ilustrasi dua wanita bersama. (pexels.com/Charlotte May)

Salah satu hal kecil yang bisa kamu lakukan adalah memberikan apresiasi. Apresiasi bisa kamu lakukan walau hanya sekadar ucapan terima kasih atau bersikap terbuka, sikap yang menghargai keberhasilan orang lain.

Kerendahan hatimu akan tercermin dalam sikapmu yang menerima kelebihan orang lain, dan menerima kenyataan akan kekuranganku. Mengakui kelemahan bukan sesuatu yang buruk, justru menunjukkan kedewasaanmu.

 

5. Tidak menceritakan prestasi diri

5 Tanda Kamu Telah Menjadi Rekan Kerja yang Istimewa, Pertahankan!Ilustrasi percakapan dua orang wanita. (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Siapa yang gak bangga dengan sebuah prestasi? Siapa yang gak pengin cerita ke banyak orang tentang apa yang sudah dia dapatkan? Namun kamu hidup di tengah-tengah banyak hati. Memberikan apresiasi pada diri jauh lebih baik kamu lakukan tanpa menunjukkannya.

Menceritakan keberhasilan-keberhasilanmu pada orang lain, bukanlah cara yang dewasa untuk menunjukkan kualitasmu. Namun sebaliknya, jika kamu mampu menunjukkan sebuah kerendahan hati dalam prestasimu, itulah bukti kualitasmu yang sebenarnya.

Lima ulasan di atas menunjukkan hal-hal sederhana yang membuatmu istimewa. Sikap yang terkadang tampak biasa, namun saat kamu mampu mengaplikasikannya, pengaruhnya akan begitu besar pada lingkunganmu. Pertahankan, ya.

 

Baca Juga: Berjuang Tanpa Henti, 5 Sikap Positif yang Bisa Diteladani dari Atlet

Januar Lestari Photo Verified Writer Januar Lestari

Terbang bebas mengangkasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya