Comscore Tracker

Mengenali 5 Tanda, Kamu Sedang Tidak Baik-baik Saja

Ingat, kamu yang paling mengenali dirimu!

Kesibukan setiap orang berbeda-beda, sama dengan penyebab stresnya. Bisa jadi kamu yang bekerja setiap hari hingga lembur menganggap biasa namun ada ya lembur sehari saja sudah langsung stres. Jangan samakan kondisi kamu dengan yang lain, cukup perhatikan tanda kalau kamu sedang gak baik.

Lima respons di bawah ini bisa kamu jadikan tanda kalau kamu sedang gak baik-baik aja. Kamu bisa mengobrol dengan orang terdekat atau profesional jika diperlukan.

1. Sensitif

Mengenali 5 Tanda, Kamu Sedang Tidak Baik-baik Sajaunsplash.com/Icons8 Team

Tiba-tiba merasa, kamu lebih mudah tersinggung, lebih mudah marah? Kamu patut merenung, ada yang salah dalam dirimu. Kamu harus menjauh sedikit dari lingkunganmu. Mengambil jarak, agar bisa meminimalisir konflik yang terjadi, saat kondisimu tidak stabil.

2. Jenuh

Mengenali 5 Tanda, Kamu Sedang Tidak Baik-baik Sajaunsplash.com/Valerie Lendel

Kamu bosan dengan aktivitas yang biasa kamu lakukan? Tidak tertarik dengan hal-hal yang selama ini kamu sukai? Jelas, kamu butuh istirahat!

Saatnya kamu menikmati keindahan di luar rumah, menjauhi layar HP, menjauh dari hal-hal yang sedang kamu tidak sukai.

Baca Juga: Kenali 5 Tanda Kalau Kamu Sebenarnya Lagi Gak Baik-baik Saja

3. Kehilangan tujuan

Mengenali 5 Tanda, Kamu Sedang Tidak Baik-baik Sajaunsplash.com/engin akyurt

Semangat tinggi yang selama ini kamu miliki, seketika menghilang entah ke mana? Itu pertanda, kamu dilanda kelelahan. Dan itu jelas membuktikan kamu tidak baik-baik saja.

Istirahatlah sejenak, dan lakukan hal-hal baru yang bisa memberikan sedikit hiburan yang berbeda.

4. Sulit tidur

Mengenali 5 Tanda, Kamu Sedang Tidak Baik-baik Sajaunsplash.com/Annie Spratt

Kamu merasa pikiranmu terasa penuh, dan membuatmu sulit memejamkan mata? Itu pertanda, kamu sedang dalam masalah. Karena kekurangan tidur, bisa jadi sebab timbulnya masalah lain.

Saatnya berolahraga fisik dan berkeringat. Nikmati keindahan alam luas, dan nikmati udara segar.

5. Selera makan hilang

Mengenali 5 Tanda, Kamu Sedang Tidak Baik-baik Sajaunsplash.com/

Semua jenis makanan tampak tidak menarik? Ya, itu pertanda kondisimu sedang tidak sepenuhnya baik. Kamu harus mengendalikannya, karena itu bisa memperburuk keadaanmu.

Saat selera makan hilang, kamu harus memaksakan dirimu, untuk menikmati makanan kesukaanmu, yang jarang kamu nikmati. Walaupun sedikit, setidaknya bisa membantumu perlahan menyembuhkan diri.

Tuhan telah menciptakan manusia dengan bentuk yang sempurna. Saat ada bagian dirimu yang sedang bermasalah, alarm dari dalam dirimu akan otomatis memberikan tanda. Kamu jelas wajib mengenalinya, agar tidak membuatmu semakin lemah.

Manusia tidak selamanya dalam kondisi yang sama. Ada kalanya kamu harus menerima kondisi dirimu yang sedang tidak baik-baik saja. Itu pertanda, kamu butuh istirahat!

Baca Juga: 5 Tips agar Tidur Tetap Berkualitas meskipun dalam Kondisi Sakit

Ari Lestari Photo Writer Ari Lestari

Belajar tanpa batas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya