Comscore Tracker

5 Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kurangi Sampah

Meski kecil namun sangat berdampak pada lingkungan

Kita sebagai manusia menghasilkan sampah yang sangat banyak dalam waktu sehari tanpa kita sadari. Dengan banyaknya manusia yang tinggal di bumi, dan terus meningkat, sampah dan polusi plastik di bumi kita ini terus meningkat. Bahkan di tahun 2019 ini kita sudah seringkali menemukan sampah di tempat-tempat yang tidak seharusnya, seperti di pantai atau di laut. Miris, bukan?

Tetapi, kita bisa berupaya. Jika kita peduli dan memiliki niat, kita bisa melakukan perubahan, lewat hal-hal atau tindakan-tindakan yang kecil. Kecil, namun sangat berdampak. Berikut ini ada lima hal yang dapat kita semua lakukan untuk upaya ramah lingkungan.

1. Menggunakan botol minum sendiri

5 Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kurangi Sampahunsplash.com/@yvonney

Botol minum plastik adalah salah satu sumber polusi plastik, yang bisa kita temukan di mana-mana. Pada dasarnya, botol minum plastik sangat memudahkan kita, karena jika kita tidak ada minum, tinggal beli. Setelah habis, tinggal buang. Tetapi botol minum plastik sebagai single-use plastic membahayakan lingkungan. Kita bisa berupaya untuk membawa botol minum sendiri dari rumah, untuk mengurangi sampah plastik.

2. Membawa kotak makan sendiri

5 Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kurangi Sampahpixabay.com/users/jyleen21-738506/

Banyak sekali tempat makan di luar sana yang menghidangkan makanannya dengan wadah plastik atau lainnya yang hanya digunakan sekali dan dan langsung dibuang. Bayangkan berapa banyak sampah yang dihasilkan dalam sehari di satu tempat makan saja! Dengan membawa dan menggunakan kotak makan sendiri, kamu akan sangat membantu! Saat memesan makanan di tempat makan yang menggunakan wadah sekali pakai buang, gunakan kotak makanmu sendiri sebagai wadah.

3. Gunakan sedotan non-plastik

5 Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kurangi Sampahpexels/pombostephanie

Mengganti sedotan plastik dengan sedotan stainless sedang trending belakangan ini, lho. Sedotan plastik sebagai single-use plastic sangat membahayakan lingkungan. Sedotan stainless sangat ramah lingkungan karena dapat digunakan berulang kali. Di luar sana banyak yang menjual sedotan stainless dengan harga yang terjangkau, lho! Ada berbagai macam jenis sedotan juga, dari yang kecil biasa sampai yang besar untuk minum boba, dengan sikat khusus untuk membersihkan.

Baca Juga: Jadi Pejuang Go Green di Kantor, Siapa Takut? Lakukan 6 Tips Ini!

4. Gunakan reusable bag untuk belanja

5 Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kurangi Sampahecowarriorprincess.net

Kantong plastik merupakan sumber sampah plastik terbesar. Kita sudah menjadi terbiasa menggunakan kantong plastik sebagai kantong belanjaan kita sehingga akan menjadi sulit jika tidak menggunakannya. Tetapi kita harus belajar membiasakan diri untuk membawa kantong belanjaan sendiri untuk membawa barang belanjaan kita. Satu reusable bag yang kita gunakan sudah bisa menghemat puluhan sampai ratusan kantong plastik lho.

5. Mendaur ulang

5 Hal Kecil yang Bisa Kamu Lakukan untuk Kurangi Sampahhttps://pixabay.com/photos/bundle-jute-rope-newspaper-1853667/

Hal yang sudah sering kita lihat dan dengar, namun jarang dan terkadang sulit untuk dilakukan. Tidak mungkin kita tidak menghasilkan sampah plastik dalam jangka waktu yang lama, karena mencoba menerapkan 'zero-waste living' tidak semudah itu.

Sampah-sampah yang kita hasilkan harus kita biasakan untuk mendaur ulang. Butuh niat dan kebiasaan untuk menerapkan ini, tetapi sangat mudah sebenarnya dan sangat membantu lingkungan.

Lima hal ini hanya sebagian upaya dari banyak sekali upaya lainnya yang manusia dapat lakukan untuk menyelamatkan bumi kita. Namun, sangat penting untuk tetap dilakukan dan dijalankan karena upaya satu orang pun sangat berdampak kepada lingkungan!

Baca Juga: 7 Aplikasi Ini Membantumu Melakukan Aksi Menyelamatkan Lingkungan

jezzania Photo Writer jezzania

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya