Comscore Tracker

Suka Gambar? Coba 5 Hal Ini Agar Hobimu jadi Menghasilkan

Banyak cuan, nih

Di zaman yang semakin modern dan canggih, hobi menggambar gak hanya disalurkan melalui kanvas dan buku gambar saja. Kini banyak seniman yang berhasil meraup jutaan rupiah, lho.

Agar bisa menghasilkan uang, kamu harus pintar-pintar mendistribusikan karyamu ke berbagai platform. Nah, yuk coba lima hal ini agar karyamu jadi sumber cuan!

1. Panggilan untuk para seniman digital, sudah coba NFT?

Suka Gambar? Coba 5 Hal Ini Agar Hobimu jadi MenghasilkanPexels.com/Thougt Catalog

NFT (Non-Fungible Token) adalah sebuah token digital berupa aset seperti gambar, animasi, musik, game atau GIF. NFT ini dapat diperjual-belikan namun dengan mata uang krypto. Jadi, sebelum terjun ke dunia NFT, kamu harus mempelajari dulu bagaimana sistem web, transaksi hingga mengunggah karya.

Namun tidak perlu khawatir, semua transaksi ini aman karena dipantau oleh sistem blockchain. Bagi kamu yang suka menggambar digital, sepertinya NFT patut dicoba, nih.

2. Butuh side job? Coba freelance saja!

Suka Gambar? Coba 5 Hal Ini Agar Hobimu jadi MenghasilkanPexels.com/Andrea Piacquadio

Freelance sudah tidak asing lagi di kalangan para designer, nih. Untuk permulaan, kamu bisa tawarkan jasamu sebagai designer ke teman terdekat atau klien yang membutuhkan jasa designer seperti UMKM, perusahaan, atau bidang bisnis lainnya.

Kamu juga bisa menawarkan jasamu ke beberapa situs freelance yang sudah terpercaya. Bahkan ke situs freelance internasional jika ingin meraup lebih banyak klient. Shtt, untung yang diraih bisa berkali-kali lipat, lho.

Baca Juga: Suka Menggambar Digital? Ini 7 Stylus Pen Terbaik Android

3. Pernah terpikir buka bisnis fashion? Coba, deh!

Suka Gambar? Coba 5 Hal Ini Agar Hobimu jadi MenghasilkanPexels.com/Ron Lanch

Perlu diingat bahwa hasil gambarmu bisa diaplikasikan kemana saja lho. Salah satunya adalah bisnis fashion! Selain menjadi fashion designer, kamu bisa juga coba cat beberapa item fashion seperti kaos, jaket atau sepatu dengan kreativitasmu. Apalagi jika kamu menerima kustom seperti gambar karakter atau pola tertentu. Wah, siapa coba yang gak tertarik?

Tapi kalau kamu suka menggambar digital, kamu bisa aplikasikan gambaran digitalmu dengan menyablon kaos atau tas. Dari dulu hingga sekarang, kaos dan tas sablon gak pernah ada matinya, lho.

4. Dijual untuk wall decor juga bagus kok

Suka Gambar? Coba 5 Hal Ini Agar Hobimu jadi MenghasilkanPexels.com/Pixabay

Dinding tanpa wall decor bakalan hampa, deh. Maka dari itu bisnis wall decor atau pajangan dinding selalu laris manis dari masa ke masa. Untuk permulaan, kamu bisa jual hasil gambaranmu dalam bentuk poster. Selain modalnya sedikit, harga poster juga masih tergolong murah. Jadi, kamu akan lebih mudah mendapatkan pelanggan.

Jika sudah berkembang, kamu bisa coba jual dengan berbagai ukuran dan bahan. Misal wall decor berbahan kayu, kanvas, kaca, dan lain sebagainya.

Namun, kamu juga harus terus memerhatikan design-nya agar tidak ketinggalan zaman dan mirip dengan brand lain, ya.

5. Terlalu sulit? Coba open commission untuk permulaan

Suka Gambar? Coba 5 Hal Ini Agar Hobimu jadi MenghasilkanPexels.com/Cottonbro

Kamu bisa membuka komisi atau jasa menggambar untuk kado ulang tahun, wisuda, atau anniversary. Tentunya jasa ini sudah banyak bertebaran di berbagai media sosial. Maka, kamu harus memiliki ciri khas yang unik agar calon konsumen memilih gambaranmu dibanding yang lain. Karena produk ini berupa kado atau hadiah, kamu bisa juga lho tawarkan kerjasama dengan para wedding atau event organizer.

Gimana? Sudah dapat inspirasi belum, nih? Gak ada salahnya, lho, untuk mencoba salah satu dari kelima hal di atas. Selain dapat cuan, kamu juga bisa meningkatkan self branding sebagai seniman. Kalau kamu sudah coba yang mana?

Baca Juga: 5 Pekerjaan Menjanjikan untuk Kamu yang Punya Skill Nulis & Menggambar

Juliettt Aff Photo Verified Writer Juliettt Aff

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya