Comscore Tracker

Coba Terapkan 6 Bentuk Self-Love Ini pada Dirimu, Bye Bye Insecure!

Untuk hidup lebih damai dan percaya diri

Bentuk cinta gak terbatas pada pasangan dan orang di sekitarmu saja, lho. Justru mencintai diri sendiri itu perlu agar kamu bisa menyebarkan kasih sayang kepada orang lain lebih banyak lagi. Selain itu, kamu juga jadi lebih percaya diri, mengenal dirimu sendiri dan terbebas dari galau berkepanjangan. Kamu bisa mencoba self-love dengan 5 hal sederhana di bawah ini. Yuk, simak!

1. Mengucapkan terima kasih kepada dirimu sendiri

Coba Terapkan 6 Bentuk Self-Love Ini pada Dirimu, Bye Bye Insecure!https://www.pexels.com/id-id/@vlada-karpovich

Terkesan sepele, tapi hal ini sudah seharusnya kamu terapkan lho. Karena menjalani hidup pasti gak gampang 'kan? maka kamu perlu mengingat apa saja yang sudah kamu lalui sejauh ini dan ucapkanlah "terima kasih" pada dirimu yang berhasil melalui hal sulit tersebut.

Misal sebelumnya kamu bersedih, berjuang mati-matian atau bahkan depresi. Namun kamu berhasil melewatinya dan mampu bertahan hingga hari ini. Hal-hal tersebut adalah bentuk perjuangan dirimu sendiri atas hidup, yang mungkin orang lain gak tahu. Maka dari itu, kamu perlu berterima kasih pada dirimu sendiri sebagai bentuk apresiasi sederhana.

2. Sesibuk apapun, coba sisihkan waktu untuk me time

Coba Terapkan 6 Bentuk Self-Love Ini pada Dirimu, Bye Bye Insecure!https://www.pexels.com/id-id/@shvetsa

Tanpa kamu sadari, me time gak hanya sebatas melakukan hal-hal yang kamu suka saja, lho. Lebih dari itu, me time adalah memberikan waktu untuk dirimu sendiri. Saat kamu melakukan me time, kamu bebas mengekspresikan dirimu sendiri yang mungkin gak kamu tunjukkan pada dunia.

Kamu juga secara gak langsung memberikan rasa sayang pada dirimu sendiri dan hal ini bisa menaikan mood-mu lho. Apalagi di sela-sela kesibukan yang padat, menyempatkan me time bisa membantu mengurangi stres mu.

3. Memberi hadiah kecil-kecilan atas pencapaianmu

Coba Terapkan 6 Bentuk Self-Love Ini pada Dirimu, Bye Bye Insecure!https://www.pexels.com/id-id/@rethaferguson

Setelah kamu berhasil melalui ujian, tes melamar kerja, atau bahkan menyelesaikan tugasmu, kamu berhak memberikan hadiah kecil untuk dirimu. Hal ini agar kamu lebih menyayangi dirimu sendiri dan menghargai kerja kerasmu.

 Gak harus mewah dan mahal, bahkan dengan memasak menu kesukaan, jajan di food court favorit atau bahkan membuat kerajinan tangan untuk diri sendiri juga cukup kok.

Baca Juga: 8 Langkah Mudah Self-Love, Bikin Kamu Tambah Bahagia

4. Menjauhi hubungan toxic 

Coba Terapkan 6 Bentuk Self-Love Ini pada Dirimu, Bye Bye Insecure!https://www.pexels.com/id-id/@katlovessteve

Sering kali dalam hidup, kamu terjebak dalam lingkaran toxic yang gak sadar bikin kamu sering menangis dan sedih. Gak hanya itu, mungkin kamu juga merasa serba salah, bingung dan gak merasa dicintai.

Dari mulai menjalin hubungan, keluarga atau bahkan pertemanan. Maka dari itu cobalah untuk melepaskan hal-tal toxic tersebut agar mentalmu lebih stabil. Karena lebih baik sendiri dibanding bersama namun gak bahagia, ya 'kan?

5. Berdialog dengan diri sendiri

Coba Terapkan 6 Bentuk Self-Love Ini pada Dirimu, Bye Bye Insecure!https://www.pexels.com/id-id/@olly

Bukan gila atau gak waras, namun berdialog dengan diri sendiri ini artinya berbicara pada hati dan pikiranmu. Hal ini perlu kamu lakukan agar kamu lebih paham siapa dirimu, apa yang kamu suka dan apa yang membuatmu merasa sedih.

Kurangi juga mendengar cemoohan orang lain, dan mulai dengarkanlah kata hati dan pikiranmu lalu jalani hal tersebut. Dengan ini kamu juga akan mengenal dirimu lebih baik dibanding siapapun. Biar gak insecure, kamu juga bisa coba buat daftar apa kelebihan dan kekuranganmu dan ucapkan rasa sayang pada dirimu sendiri.

6. Melepaskan hal-hal di luar batasanmu

Coba Terapkan 6 Bentuk Self-Love Ini pada Dirimu, Bye Bye Insecure!https://www.pexels.com/id-id/@maksgelatin

Setelah berdialog dan mengenal diri sendiri, coba lepaskanlah sesuatu yang sekiranya sulit kamu taklukan. Bukan berarti menyerah, namun jika sesuatu digenggam terlalu erat, kamu akan merasakan sakit 'kan?

Misal kamu mencintai orang yang salah, menuntut dirimu terlalu keras atau bahkan memasang target di luar batasanmu. Jalanilah hidup sesuai dengan porsi dan kemampuanmu, ya. Hal ini juga bisa mencegah overthinking dan toxic untuk dirimu sendiri.

 

Menjalani hidup memang gampang-gampang susah. Belum lagi beban dan tekanan dari banyak orang atas kehidupanmu.

Maka, untuk memiliki mental yang kuat dan siap menjalani kehidupan, kamu perlu mencintai dan mengenal dirimu sendiri. Setidaknya hal tersebut sedikit membuatmu mengerti bahwa gak ada yang bisa mencintai kita sebesar kita mencintai diri sendiri. 

Baca Juga: Memahami Self-Care dan Self-Love, Meski Berbeda Tapi Sama Pentingnya

Juliettt Aff Photo Writer Juliettt Aff

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya