Comscore Tracker

Kurangi Overthinking dengan Melakukan 5 Hal Ini sebelum Tidur 

Agar tidurmu lebih berkualitas dan bebas galau

Sebelum tidur, kita seringkali memikirkan hal-hal yang tidak perlu, bahkan lebih parahnya sampai menimbulkan cemas berlebih, menangis dan jadi sulit tidur. Hal ini biasa disebut dengan overthinking. Padahal seharusnya, tidur bukan hanya mengistirahatkan tubuh saja lho, tapi juga hati dan pikiran.

Agar tidurmu lebih nyenyak dan damai, yuk simak tips di bawah ini.

1. Catatlah tentang hal-hal baik apa saja yang kamu dapatkan hari ini

Kurangi Overthinking dengan Melakukan 5 Hal Ini sebelum Tidur https://www.pexels.com/id-id/@anna-nekrashevich

Sebelum tidur, coba buatlah cerita atau setidaknya list tentang hal baik apa saja yang kamu dapatkan hari ini. Tulislah se-sederhana mungkin. Dimulai dari hal kecil hingga hal yang menurutmu besar.

Contohnya seperti mendapat tempat duduk di kereta, dapat diskon, menjalankan hobimu dengan lancar, atau bahkan berhasil mendapatkan nilai lebih baik dari ujian kemarin. Setelah selesai, coba baca ulang secara perlahan. Hal ini akan membuatmu lebih mensyukuri hidup dan bebas stres lho.

2. Memaafkan kesalahan orang lain

Kurangi Overthinking dengan Melakukan 5 Hal Ini sebelum Tidur https://www.pexels.com/id-id/@olly

Jika hari ini ada yang membuatmu kesal, cobalah untuk memaafkan duluan meskipun ia belum meminta maaf. Memaafkan bukan berarti kamu kalah, namun hal ini bertujuan agar hatimu lebih damai dan lebih lapang. Saat kamu memaafkan seseorang sebelum tidur, biasanya besok saat bangun tidur, kamu sudah lupa dengan kejadian tersebut. Nah, jadi gunakanlah momen ini agar hatimu lebih leluasa dan kembali ceria keesokan harinya.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Mengatasi Overthinking, Tak Perlu Khawatir Lagi

3. Ucapkan terima kasih pada sekelilingmu

Kurangi Overthinking dengan Melakukan 5 Hal Ini sebelum Tidur https://www.pexels.com/id-id/@samson-katt

Tanpa disadari, mengucapkan terima kasih pada sekelilingmu membuatmu lebih menghargai kehadiran mereka lho. Mereka juga pasti akan sangat senang saat mendengarnya dan merasa dianggap kehadirannya.

Maka sebelum tidur, cobalah berterimakasih kepada sahabatmu yang menemanimu hangout hari ini, kepada ibumu yang masak makanan lezat, kepada pacarmu yang telah meluangkan waktu untuk telepon, kepada asisten rumah tanggamu yang telah membantumu, atau bahkan kepada binatang peliharaanmu yang setia menemanimu. Dengan ini, kamu akan merasa lebih bersyukur karena dikelilingi orang-orang yang menyayangimu.

4. Mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri juga penting lho

Kurangi Overthinking dengan Melakukan 5 Hal Ini sebelum Tidur https://www.pexels.com/id-id/@anna-nekrashevich

Selain mengucapkan terimakasih pada orang lain, kamu juga harus mengucapkan terimakasih kepada dirimu sendiri sebelum tidur. Hal ini sebagai bentuk apresiasi terhadap dirimu sendiri. Apalagi jika kamu sedang dalam masa-masa sulit dan berusaha untuk bangkit, atau sedang berjuang meraih sesuatu.

Misalnya kamu sedang dalam masa-masa move on  dan hari ini berhasil gak stalking gebetan, atau kamu berhasil melawan rasa malasmu dan produktif hari ini. Meskipun terkesan sepele, namun hal ini ampuh untuk membangkitkan rasa semangatmu dan tetap menghargai dirimu sendiri lho. 

5. Melepaskan hal-hal yang di luar batas

Kurangi Overthinking dengan Melakukan 5 Hal Ini sebelum Tidur https://www.pexels.com/id-id/@anna-nekrashevich

Terkadang kita terlalu keras dengan diri sendiri hingga menargetkan sesuatu yang diluar nalar atau bahkan batasan kita. Maka sebelum tidur, cobalah berdialog dengan dirimu sendiri, coba tanyakan pada hatimu hal apa yang membuatmu senang dan sedih, dan juga apa yang menjadi kekuatan dan kelemahanmu. Terimalah semua itu dengan lapang dan ikhlas. Dan yang paling penting, lepaskanlah sesuatu yang membuatmu terasa terikat dan sesuaikan dengan kemampuan dirimu. 

Setelah kamu menerapkan lima poin di atas, kamu akan lebih mensyukuri hal-hal kecil yang kamu miliki saat ini. Kamu juga lebih mencintai dirimu sendiri karena telah berdialog pada dirimu dan menanamkan nilai-nilai positif pada pikiranmu. Karena jiwa yang sehat, berasal dari pikiran yang sehat 'kan? Yuk kurangi overthinking!

Baca Juga: 5 Tips Agar Hidup Bebas dari Rasa Khawatir, Jangan Overthinking Terus!

Juliettt Aff Photo Writer Juliettt Aff

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya