Comscore Tracker

6 Alasan Penting Kenapa Bakat Harus Diasah Agar Tidak Percuma

Ayo tajamkan bakatmu sekarang juga

Banyak orang mempunyai bakat tertentu, tapi tidak semuanya mau menajamkannya. Kebanyakan orang tua dan guru juga lebih fokus pada pencapaian akademik anak daripada pencapaian non akademik melalui pengembangan bakat dan dimiliki. Rata-rata nilai harian dan ujian yang tinggi menjadi tujuan, titel sarjana juga menjadi gengsi tersendiri bagi para orang tua.

Tentu sangat disayangkan bila adanya bakat yang dimiliki tidak dikembangkan, padahal bakat juga penting untuk diasah karena enam alasan berikut ini:

1. Bekal menghadapi kehidupan nyata

6 Alasan Penting Kenapa Bakat Harus Diasah Agar Tidak PercumaPexels.com/Spencer Selover

Sesungguhnya yang menjadi dambaan setiap orang adalah sukses di dunia nyata, bukan hanya sukses di sekolah, universitas, atau dunia akademik lainnya. Yang memang dibutuhkan saat ini sebenarnya adalah kesejahteraan, jadi prestasi akademik saja tidak cukup membawa perubahan peningkatan taraf hidup.

Banyak contoh dari orang-orang sukses, bahwa mereka sukses tidak melulu sesuai dengan apa yang dipelajari dari akademiknya. Akan tetapi mereka sukses melalui kerja keras dan ketekunan dalam hal yang menjadi kecenderungannya. Maka di sinilah perlunya perpaduan antara prestasi akademik dan non akademik.

2. Bisa jadi alternatif pekerjaan

6 Alasan Penting Kenapa Bakat Harus Diasah Agar Tidak PercumaPixabay.com/hamonazaryan1

Mari kita lihat pada realita sekarang, di mana IP atau indeks prestasi bukan menjadi kepastian akan mudah diterima kerja di perusahan negeri maupun swasta. Belum tentu lulusan terbaik di dunia pendidikan akan baik nasibnya di dunia pekerjaan.

Maka di sinilah pentingnya bakat untuk diasah sedini dan seawal mungkin, agar dapat berkarya dan berprestasi di bidang bakat yang ditekuni itu. Sehingga tidak hanya mengandalkan nilai akademik dan dunia formal yang nampaknya sudah mulai banyak diragukan peluangnya.

3. Munculkan optimisme dan produktifitas

6 Alasan Penting Kenapa Bakat Harus Diasah Agar Tidak PercumaPixabay.com/Free-Photos

Seseorang yang sungguh-sungguh mengasah bakatnya berarti merasa yakin bahwa ia memiliki kekuatan di situ. Seiring berjalannya waktu, maka rasa percaya diri akan semakin meningkat, karena ia merasa mempunyai keunggulan yang berpengaruh dalam kemajuan hidupnya. Dan orang lain belum tentu mempunyai itu.

Dan jika seseorang mempunyai keunggulan yang berpengaruh baik dalam kehidupannya, tentu saja kegundahan hati akan sulit mampir. Karena ia telah terfokus dalam hal positif.

Baca Juga: Pentas Seni dengan Teman Tuli, Ajang Menyalurkan Bakat dan Karya

4. Dapat membiasakan emosi positif

6 Alasan Penting Kenapa Bakat Harus Diasah Agar Tidak PercumaPixabay.com/bearinthenorth

Mengapa dengan mengembangkan bakat dapat membiasakan emosi positif? Karena dengan melakukan aktifitas yang menjadi kecintaan seperti menajamkan bakat ini perlu ketenangan hati dan perasaan.

Apabila seseorang ingin berkonsentrasi dalam bidang yang ditekuninya, tentu saja mau tidak mau harus mengontrol dan menguasai emosi agar selalu dalam keadaan positif.

Atau jika tidak dikontrol, maka apa yang konsentrasinya mudah buyar dan bakat yang ditekuni menjafi sulit dikembangkan.

5. Memapak kreatifitas

6 Alasan Penting Kenapa Bakat Harus Diasah Agar Tidak PercumaPixabay.com/congerdesign

Jika seseorang mengekspresikan bakat yang menjadi kecenderungannya, maka secara tidak langsung kreatifitas akan muncul sedikit demi sedikit. Yang perlu kita lakukan untuk menemukan kreatifitas dalam mengasah bakat ialah terjun ke arah yang menjadi kecenderungan kita.

6. Menjadikan diri terbiasa dalam ketekunan

6 Alasan Penting Kenapa Bakat Harus Diasah Agar Tidak PercumaPixabay.com/trinhkien 91

Melakukan hal-hal yang berdampak positif dalam jangka waktu yang lama tanpa rasa bosan adalah hal yang tidak mudah dikuasai. Maka dengan terus mengasah bakat yang ada pada diri seseorang, akan menjadikannya ahli dalam bidang tersebut.

Bukan hal yang dilakukan yang semakin mudah, akan tetapi karena bakat yang diasah itu menjadikannya semakin mahir.

Yang mampu mengasah bakat kita adalah diri kita sendiri, sehingga yang paling terlibat dalam penhembangan bakat adalah diri sendiri. Inilah yang menjadikan ketekunan menjadi hal yang biasa kita jalani.

Bagaimana, apakah setelah membaca enam alasan penting tadi kamu siap mengasah bakatmu? Ayo bergerak sebelum terlambat.

Baca Juga: Semangat, 6 Hal Ini Bisa Membuatmu Sukses Meski Minim Bakat!

Jihan Syehar Photo Verified Writer Jihan Syehar

Cintai keahlianmu, alirkan kebaikan dari situ | IG: jihansyehar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya