Comscore Tracker

Kala Spiritmu Mati, Nyalakan Kembali dengan 5 Motivasi Ini

#PANJATPOIN Yakinlah bahwa bersama kesulitan ada kemudahan

Semangat sangat dibutuhkan oleh setiap orang dalam menjalani kehidupan ini karena lika-liku kehidupan tidak pandang bulu menyerang siapa pun. Maka, untuk melewati setiap tantangan hidup yang tidak mudah ini dibutuhkan motivasi yang dapat mengobarkan semangat perjuangan kita, entah motivasi itu berasal dari dalam diri maupun dari luar seperti penjelasan berikut ini.

1. Saat ingin menyerah, ingatlah bahwa ada orang-orang yang hendak kamu bahagiakan

Kala Spiritmu Mati, Nyalakan Kembali dengan 5 Motivasi IniPixabay.com/RetyiRetyi

Jika kamu merasa bahwa perjuanganmu saat ini sangat berat karena berbagai masalah datang secara silih berganti dan tiada henti, teruslah berjuang dan jangan menyerah. Sesungguhnya di luar sana masih banyak yang nasibnya tidak seberuntung kamu

Jika masalah yang kamu hadapi begitu berat, berarti kemampuanmu juga besar.  

Godaan untuk berhenti dan menyerah memang  selalu datang dan itu wajar. Tapi apabila kamu menuruti godaan itu, maka bagaimana orang-orang yang ingin kamu bahagiakan itu akan bahagia?

2. Tak perlu risau dengan hinaan dan segala ujian, jalani saja dengan segenap kemampuan

Kala Spiritmu Mati, Nyalakan Kembali dengan 5 Motivasi IniPexels.com/Spencer Selover

Orang lain jelas mempunyai pandangan yang berbeda dengan kita. Bisa saja pandangan mereka itu baik kepada kita dan bisa juga buruk. Tak jarang bahkan ada yang melampiaskan pandangan buruknya lewat cacian dan kata-kata menyakitkan.

Dalam hal ini, kita tidak bisa mengendalikan tindakan mereka yang diarahkan pada kita. Namun kita bisa sepenuhnya mengendalikan respon kita dalam menghadapinya.

Jalani saja semua dengan keikhlasan hati dan penuh rasa syukur. Jangan membuang waktu dan energi untuk hal yang tidak berpengaruh baik jika kita melakukannya.

Baca Juga: 5 Tokoh Berkepribadian INFJ yang Menginspirasi Dunia, Siapa Idolamu?

3. Jangan jadi pribadi yang lemah, tunjukkan bahwa semangatmu tak pernah habis dan selalu berlipat ganda

Kala Spiritmu Mati, Nyalakan Kembali dengan 5 Motivasi IniPexels.com/bruce mars

Biarkan saja orang mau mencaci seberapa menyakitkannya, yang penting semangat kita tak pernah luntur. Jadilah pribadi yang bermental sekuat baja, yang tak akan hancur meski dihantam banyak ujian.

Tunjukkan kemampuan terbaik kita dalam usaha mencapai suatu impian. Karena jika kita tidak mengerahkan kemampuan secara maksimal, maka kita juga tidak akan tau seberapa besar kemampuan kita sebenarnya.

4. Jadilah bermanfaat. Tularkanlah semangat dan inspirasi banyak orang melalui keberhasilanmu

Kala Spiritmu Mati, Nyalakan Kembali dengan 5 Motivasi IniPexels.com/rawpixel

Sering kita dengar penggalan hadits Nabi Muhammad yang mengatakan bahwa "sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama."

Nah, setelah mendengar penggalan hadits tersebut apakah kita tidak ingin menjadi sebaik-baik manusia yang bermanfaat bagi lingkungan, sesama manusia yang lain, dan berguna bagi nusa dan bangsa? 

Kewajiban kita di dunia ini adalah untuk berusaha melakukan yang terbaik lalu menyerahkan hasilnya pada Tuhan. Selagi bisa dan selagi masih ada kesempatan, ayo berikan usaha yang terbaik dalam usaha kita meraih cita-cita. Semoga ada banyak orang yang terinspirasi dan bisa mengambil pelajaran dari keberhasilan kita nantinya.

5. Selama tidak melanggar norma, ekspresikan dirimu tanpa perlu khawatir dengan penilaian buruk orang lain

Kala Spiritmu Mati, Nyalakan Kembali dengan 5 Motivasi IniPexels.com/burst

Berapa banyak cerita orang-orang sukses yang dulunya di saat mereka berjuang meraih impian, mereka dihina, bahkan ada yang dibilang gila?

Intinya, pelajaran yang bisa kita ambil adalah lakukan saja apa yang bermanfaat dalam hidup kita, lakukan saja apa yang menguntungkan kita, dan tidak merugikan orang lain asalkan tidak menyalahi dan melanggar norma agama, norma hukum, dan adab-adab masyarakat yang berlaku.

Selama perbuatan itu baik dan berdampak positif, lakukanlah dengan tekun dan jangan cepat berpuas diri.

Jadi, kamu merasa bahwa semangatmu sedang menurun? Kamu bisa mengingat-ingat pesan di atas untuk inspirasimu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Tetap Semangat Meski Dibandingkan dengan Orang Lain

Jihan Syehar Photo Community Writer Jihan Syehar

Jangan jadi pribadi yang lemah, tunjukkan bahwa semangatmu tak pernah habis dan selalu berlipat ganda ❗

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You