Comscore Tracker

5 Langkah Menjadi Pribadi yang Kalem dan Ramah

Di antaranya; berbuat baik kepada setiap orang

Adalah suatu hal yang penting untuk menjadi ahli dalam mengendalikan sikap di segala situasi, karena kehidupan ini bukan hanya tentang kegembiraan dan kesedihan namun juga kemarahan dan kekecewaan.

Keadaan emosional seseorang amatlah mudah terpengaruh oleh lingkungan di mana dia berada, maka hendaknya kita melatih cara bersikap supaya dapat menjadi pribadi yang kalem dan ramah serta tidak mudah goyah dalam bersikap. Nah, berikut ini langkah-langkahnya.

1. Hormati yang tua, sayangi yang muda

5 Langkah Menjadi Pribadi yang Kalem dan RamahPexels.com/the coach space

Sikap paling dasar yang mesti kita terapkan sehari-hari di kehidupan ini ialah bagaimana kita menghormati orang yang lebih tua dari kita.

Bagaimana kita bersikap lembut dalam beretika, bagaimana kita bertutur sopan dalam berbicara, dan juga bagaimana kita menyikapi dengan santun bagaimana pun perilaku mereka terhadap kita.

Usahakan selalu berbuat dan bertutur kata dengan sopan dan santun baik kepada yang lebih tua maupun yang lebih muda usianya dari kita, kendalikan alur pembicaraan dan hindari ucapan yang kasar dan vulgar.

2. Hargai orang lain

5 Langkah Menjadi Pribadi yang Kalem dan RamahPexels.com/Helena Lopes

Hargai sekecil apa pun usaha yang dilakukan oleh orang lain, karena ia sudah mengerahkan tenaganya untuk bertindak, bukan hanya omong kosong belaka.

Bisa dibayangkan bagaimana jika kita bergaul di lingkungan pertemanan yang akrab dengan sikap saling menghargai dan memotivasi, pasti lebih nyaman dibandingkan dengan lingkungan pertemanan yang cenderung egois dan tidak peduli. 

Baca Juga: 5 Makna di Balik ‘Orang Jahat Terlahir dari Orang Baik yang Tersakiti’

3. Tumbuhkan empati

5 Langkah Menjadi Pribadi yang Kalem dan RamahPexels.com/ LinkedIn Sales Navigator

Soal empati, yang seharusnya kita coba lakukan adalah berpikir bagaimana jika kita mengalami kejadian yang dialami seseorang. Karena dengan begitu, kita akan menjadi lebih bijak dan dewasa dalam berperilaku dan bertutur kata. 

Misalnya saja ketika teman kita tidak sengaja melakukan kesalahan dalam pekerjaannya, jangan buru-buru menilai dia, akan tetapi berprasangkalah positif terlebih dahulu. Karena kita tidak tahu apa yang menyebabkan dia seperti itu, karena bisa jadi dia sedang ada masalah dan masalah tersebut mengganggu fokusnya.

4. Berbuat baik kepada setiap orang

5 Langkah Menjadi Pribadi yang Kalem dan RamahPexels.com/jopwell

Untuk mampu berbuat baik kepada siapa saja tanpa ada rasa pamrih, tentunya kita wajib memelihara ketulusan dan keikhlasan di setiap kebaikan yang kita lakukan.

Lupakan setiap kebaikan yang kita perbuat, agar kita tidak merasa puas atas perbuatan baik itu dan supaya kita terus konsisten dalam mempraktikkannya dalam kehidupan.

5. Senyuman dan sedikit obrolan

5 Langkah Menjadi Pribadi yang Kalem dan RamahPexels.com/fox

Memberi senyuman tulus dan sedikit obrolan dapat menjadikan orang lain nyaman terhadap kita. Dan dalam hal ini kita mesti tau seberapa takaran  senyuman dan obrolan yang sesuai, jangan sampai lawan bicara kita tidak nyaman dengan basa-basi kita.

Cara ini mungkin akan sulit dipraktikkan oleh orang yang agak pendiam dan sulit bergaul, maka dari itu kita perlu memberi usaha yang lebih. 

Nah, semoga beberapa tip tadi dapat membantu kamu dalam mengembangkan diri menjadi pribadi yang kalem dan ramah. Selamat mencoba!

Baca Juga: Harus Dipatuhi, Ini Dia 6 Aturan Tak Tertulis Dalam Pertemanan

Jihan Syehar Photo Verified Writer Jihan Syehar

Cintai keahlianmu, alirkan kebaikan dari situ | IG: jihansyehar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya