Comscore Tracker

Ini 5 Stereotipe Keliru yang Sering Dikaitkan Pada Orang Introvert

Nyatanya introvert tidak semembosankan itu lho!

Introvert seakan menyimpan berjuta rahasia yang menarik untuk dipecahkan. Selain karena betapa uniknya kepribadian ini, masyarakat juga seperti dibuat kesulitan untuk memahami tipe kepribadian introvert.

Tak jarang, karena hal tersebut berbagai opini pun bermunculan,  bahkan hingga menjadi stereotipe di masyarakat. Padahal sebenarnya, beberapa stereotipe yang dipercaya masyarakat juga belum tentu sesuai dengan kenyataannya. 

Berikut ini adalah 5 stereotipe keliru  yang sering dikaitkan dengan orang-orang berkepribadian introvert. Yuk simak penjelasannya! 

1. Introvert sulit untuk diajak kerjasama

Ini 5 Stereotipe Keliru yang Sering Dikaitkan Pada Orang IntrovertPixabay/Free-Photos

Stereotipe yang paling sering muncul terkait dengan orang-orang introvert adalah mereka sulit diajak kerjasama. Padahal ini adalah anggapan yang sangat salah. Mungkin stereotipe ini muncul karena sifat introvert yang relatif pendiam, sehingga terkesan sangat sulit untuk mengajaknya berbicara atau bahkan menjalin kerja sama.

Perlu diluruskan, bahwa dalam bekerja sama, orang introvert akan sangat bertanggung jawab pada tugasnya. Mereka juga tergolong sebagai pemikir yang kreatif, sehingga mudah bagi orang introvert untuk menemukan sebuah gagasan baru yang mungkin sangat berguna dalam urusan kerja samanya dengan orang lain. 

2. Introvert tidak bisa diandalkan

Ini 5 Stereotipe Keliru yang Sering Dikaitkan Pada Orang Introvertunsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Seringkali orang-orang menganggap remeh kemampuan introvert, sehingga banyak di antara mereka yang mungkin akan berpikir ulang untuk mempercayakan tugas atau suatu urusan kepada orang introvert. Padahal yang sebenarnya adalah sangat bertentangan.

Orang introvert memiliki kreativitas yang sangat tinggi, bahkan kemampuannya berpikir bisa jauh lebih kritis dari kebanyakan orang. Mereka juga memiliki caranya sendiri dalam menyelesaikan urusan, bahkan bisa sangat rapi ketika melakukan suatu pekerjaan.

Baca Juga: 8 Sikap Bijaksana yang Ada Dalam Diri Seorang Introvert, Kamu Punya?

3. Introvert adalah pribadi yang membosankan

Ini 5 Stereotipe Keliru yang Sering Dikaitkan Pada Orang IntrovertPixabay/nastya_gepp

Ini adalah stereotipe yang paling sering melekat pada diri seorang introvert. Padahal sebenarnya, jika seseorang sudah benar-benar dekat dan mengenal dengan baik orang introvert, mereka akan mengetahui bahwa orang introvert bisa menjadi pribadi yang menyenangkan.

Bahkan mereka juga bisa menjadi sosok yang periang. Hanya saja, sifat itu akan muncul jika saat introvert sedang bersama orang-orang terdekatnya atau orang yang dianggap nyaman untuk berteman dengannya.

4. Introvert tidak cocok untuk jadi pemimpin

Ini 5 Stereotipe Keliru yang Sering Dikaitkan Pada Orang Introvertunsplash.com/Maranatha Pizarras

Rupanya masih banyak orang yang meragukan kemampuan introvert dalam hal kepemimpinan. Padahal akan ada banyak poin lebih yang didapat jika introvert menjadi seorang pemimpin. Salah satunya adalah sifat mereka yang pemikir serta kritis dalam segala hal.

Mereka juga orang yang fokus terhadap tujuan dan tidak mudah terpengaruh oleh orang lain. Terbukti banyak loh tokoh-tokoh pemimpin terkenal yang memiliki kepribadian introvert tetapi sukses dalam kepemimpinannya. Misalnya saja Bill Gates dan Mahatma Gandhi. 

5. Introvert adalah kepribadian yang harus dirubah

Ini 5 Stereotipe Keliru yang Sering Dikaitkan Pada Orang IntrovertPixabay/DanaTentis

Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa introvert adalah sebuah kepribadian yang harus dirubah. Hal tersebut adalah stereotipe yang salah. Menjadi introvert bukanlah sebuah kesalahan. Justru introvert merupakan karakter spesial yang jarang dimiliki orang-orang.

Selama seseorang nyaman menjadi introvert, mereka tidak perlu merubahnya hanya untuk menjadi pribadi yang lain. Yang terpenting adalah menjadi diri sendiri merupakan sebuah pilihan yang terbaik. 

Nah, itu tadi 5 stereotipe keliru terkait dengan orang-orang berkepribadian introvert. Apa kalian juga pernah mempercayai beberapa stereotipe di atas? 

Baca Juga: 10 Fakta Mengejutkan Soal Introvert dan Ekstrovert, Sudah Tahu?

Mochamad Dohan Photo Writer Mochamad Dohan

Do what is right, not what is easy nor what is popular

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya