Comscore Tracker

Kamu di Usia 20an? Coba Lakukan 7 Hal ini Agar Hidup Lebih Bermanfaat

Nomor 6 wajib banget!

Usia 20 adalah usia yang spesial dimana kamu mulai diberi kebebasan untuk menentukan jalan hidupmu sendiri. Di usia ini kamu juga dianggap sudah cukup matang untuk mengambil keputusan terkait arah tujuanmu ke depannya. Namun sayangnya, banyak dari mereka yang memasuki usia 20 justru merasa bimbang karena banyaknya pilihan yang harus ditentukan.

Tak jarang, mereka juga seakan hilang arah dan tidak memiliki rencana pasti untuk apa yang akan dilakukan nantinya. Nah buat kamu yang saat ini sudah memasuki usia 20, berikut adalah list hal-hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan.

1. Eksplor tempat-tempat baru

Kamu di Usia 20an? Coba Lakukan 7 Hal ini Agar Hidup Lebih BermanfaatPexels/picjumbo.com

Ini penting untuk kalian lakukan guys karena usia 20 adalah usia yang paling produktif sehingga kalian punya banyak tenaga untuk eksplor tempat-tempat baru. Hal ini pastinya juga akan bermanfaat untuk kalian. Dengan eksplor berbagai tempat baru kalian akan menemukan berbagai pengalaman, cerita, dan hal unik lainnya yang tidak akan kamu temui di tempat tinggalmu. 

2. Quality time dengan keluarga

Kamu di Usia 20an? Coba Lakukan 7 Hal ini Agar Hidup Lebih BermanfaatPexels/Fox

Meluangkan waktu untuk quality time dengan keluarga adalah hal wajib yang harus kalian lakukan. Kalian harus ingat, bahwa semakin bertambahnya usia kalian bakal menjadi orang yang super sibuk sehingga akan sangat sulit muncuri waktu untuk berkumpul dengan orang-orang yang tersayang. 

3. Temukan passion

Kamu di Usia 20an? Coba Lakukan 7 Hal ini Agar Hidup Lebih BermanfaatPexels/Burst

Passion adalah suatu hal yang kita sukai dan kita merasa enjoy untuk melakukannya. Passion juga ada kaitannya dengan pekerjaan yang kita miliki. Jika kita melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan passion, maka pekerjaan tidak akan menjadi sebuah beban.

Menemukan passion menjadi hal yang sangat penting, sebab di usia 20-an ini seringkali kita dituntut untuk produktif tentunya dalam hal pekerjaan. Jadi, segera tentukan apa yang menjadi passion-mu dan pilih pekerjaan sesuai dengan passion-mu. 

Baca Juga: Sederhana, 5 Zodiak Cewek Ini Pas Banget Dijadikan Pendamping Hidup

4. Tingkatkan karir

Kamu di Usia 20an? Coba Lakukan 7 Hal ini Agar Hidup Lebih BermanfaatPexels/rawpixel.com

Peluang untuk meningkatkan karir di usia 2-an sangat memungkinkan guys. Kalian hanya perlu mengasah kemampuan serta memperbanyak pengalaman terutama di bidang yang kalian tekuni. Hal ini bisa menjadi modal untuk meningkatkan jenjang karirmu ke depannya. 

5. Menabung

Kamu di Usia 20an? Coba Lakukan 7 Hal ini Agar Hidup Lebih BermanfaatPexels/rawpixel.com

Mengingat di usia ini sebenarnya tanggung jawab akan diri sendiri adalah sepenuhnya milik kita, maka kita harus siap dengan berbagai kondisi yang berkaitan dengan finansial nantinya. Karena itu, menabung adalah salah satu langkah antisipatif untuk siap menghadapi hal-hal yang tak terduga kedepannya. 

6. Memulai investasi

Kamu di Usia 20an? Coba Lakukan 7 Hal ini Agar Hidup Lebih BermanfaatPexels/rawpixel.com

Nah, ini yang paling wajib! Kebanyakan mereka yang berusia muda justru mengaggap investasi adalah hal yang belum terlau penting untuk dilakukan karena mereka merasa belum memiliki modal yang cukup untuk melakukan investasi. Ini adalah anggapan yang salah gengs!

Justru investasi adalah hal yang penting dan perlu untuk disegerakan. Karena selain besarnya manfaat yang didapat, investasi juga memberikan keuntungan jangka panjang loh. Investasi juga bisa kok dilakukan dengan modal yang kecil. Karena disana akan ada banyak berbagai jenis pilihan investasi yang tentunya akan disesuaikan dengan kemampuan finansialmu

7. Membangun relasi

Kamu di Usia 20an? Coba Lakukan 7 Hal ini Agar Hidup Lebih BermanfaatPexels/rawpixel.com

Perlu kalian ketahui guys, memiliki banyak relasi akan mendapatkan banyak manfaat untuk dirimu sendiri. Mungkin efeknya bukan sekarang tapi nanti ketika kalian sudah benar-benar terjun dalam suatu bidang pekerjaan.

Dengan adanya banyak relasi kalian bisa dengan mudah mendapatkan bantuan ketika mengalami suatu masalah, bahkan dengan relasi pula memungkinkan kalian untuk membangun hubungan bisnis karena memiliki peluang yang besar serta target yang lebih luas. 

Jadi gimana nih, tertarik untuk melakukannya? 

Baca Juga: Sering Gak Disadari, Ini 5 Tanda Nyata Hidupmu Menjadi Lebih Baik

Mochamad Dohan Photo Writer Mochamad Dohan

Do what is right, not what is easy nor what is popular

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya